Home » , » Bisakah Ebook Mengalahkan Buku Cetak??

Bisakah Ebook Mengalahkan Buku Cetak??

Buku Cetak
Buku Cetak

Perkembangan pesat dari dunia teknologi informasi menghadirkan cara baru dalam mendapatkan sebuah informasi. Kalau dahulu kita mendapatkan informasi dari koran, majalah, surat dan lainnya, sekarang kita bisa mengaksesnya lewat internet. Hanya perlu komputer atau handphone dan terhubung ke internet, sudah bisa membuat kita mendapatkan informasi dengan cepat. Tulisan juga lebih banyak tersaji dalam elektronik.

Buku juga sekarang sudah banyak yang dibuat dalam bentuk elektronik book (e-book) dan bagi yang ingin mencarinya tinggal mendownload buku tersebut. Tulisan berita dalam portal berita elektronik juga termasuk e-book (menurut saya) dan semua yang tertulis pada internet. Trus bagaimana dengan buku cetak ditengah gempuran dari e-book ini?

Buku cetak dan e-book mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut akan saya coba bandingkan antara buku cetak dan e-book.

(1) Buku cetak memiliki akses awal yang cepat. Ketika ingin membaca buku cetak, kita bisa langsung mengambil buku tersebut dan langsung membacanya, sedangkan untuk membaca e-boook, kita harus menghidupkan komputer terlebih dahulu.

(2) Buku cetak lebih enak ketika dibaca lama. Membaca e-book di depan komputer membuat mata menjadi cepat lelah, dalam hal ini buku cetak menjadi lebih enak dibaca untuk waktu yang lama.

(3) E-book lebih mudah didapatkan. Mendapatkan e-book lebih mudah karena kita bisa mencarinya di internet dan bisa mendownloadnya. Apalagi kalau e-booknya gratis tambah mantap deh, hehehehe... Kalau buku cetak mungkin kita harus pergi ke toko buku untuk membelinya.

(4) E-book lebih mudah disimpan. Jika kita mempunyai 10 e-book dengan masing-masing e-book terdiri dari 400 halaman, sangatlah gampang menyimpannya. Tinggal simpan saja pada hardisk laptop atau memori tablet, ketika akses tinggal cari saja e-booknya.  Bayangkan kalau kita membawa 10 buku dengan masing-masing 400 halaman kemana-mana, repot bukan?

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari buku cetak dan e-book. Untuk bisa mendapatkan manfaat besar dari buku cetak dan e-book, sebaiknya penggunaannya dikolaborasi dan saling melengkapi..


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments:

  1. iya gan kedua Buku ini ada kelebihan dan juga kekurangannya.

    ReplyDelete
  2. @daniel : betul banget gan.. kita pakai dua-duanya saja dah...

    ReplyDelete