Home » » Keuntungan Membaca Dengan Buku Dibandingkan E-book

Keuntungan Membaca Dengan Buku Dibandingkan E-book

Buku
Buku
Kalau dulu buku hanya bisa dibaca dengan wujud yang dicetak, maka sekarang buku sudah mengalami perkembangan karena teknologi. Buku pun bisa dibaca secara elektronik melalui perangkat semacam komputer, smartphone dan gadget dalam bentuk e-book (electronic book). E-book biasanya akan disajikan dalam format PDF.

E-book memang sangat digemari sekarang, tapi buku cetak tetap memiliki daya tarik sendiri yang tidak bisa digantikan dengan e-book. Dan inilah beberapa keuntungan dari buku cetak dibandingkan dengan ebook.

1. Tahan banting
Buku bisa diletakkan dengan bebas di meja, di atas kasur atau di meja karena sifatnya yang tidak mudah pecah. Bahkan kalau tidak sengaja terinjak pun ia tidak akan rusak. Coba kalau gadget (tempat membaca e-book) anda keinjak, mungkin akan retak atau pecah. Ini bisa jadi tampilan gadget tidak menarik lagi. 

2. Mempercantik ruangan
Buku bisa dijadikan aksesoris untuk mempercantik tampilan ruangan anda. Caranya? Susunlah koleksi buku anda dengan baik di rak buku dan atur sesuai dengan ukurannya. Ruanganpun menjadi lebih indah.

3. Bolak-balik halaman lebih mudah
Kita dengan mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lain hanya dengan membaliknya. Tidak perlu klik sana klik sini. Memang sih dalam e-book sudah ada tempat untuk search halaman, tapi membolak-balik halaman memang lebih asyik dibuku ketimbang e-book.

4. Hemat energi
Kok bisa? Kalau mau baca e-book kan harus menghidupkan gadget yang memerlukan energi listrik, sedangkan membaca buku tidak perlu. Cukup buka bukunya dan dibaca saja langsung..

Ayo mau baca yang mana sekarang? Buku dan e-book memiliki keuntungan sendiri-sendiri dan ada baiknya kalau kita kombinasikan membaca keduanya untuk mendapatkan manfaat yang besar. Kemudian coba timbang situasinya, apakah disaat itu lebih cocok untuk membaca lewat buku atau ebook.

Selamat membaca..

Baca juga :
  1. Tempat-tempat memajang rak buku
  2. Bisakah e-book mengalahkan buku cetak?
  3. Inilah manfaat gadget bagi yang suka baca buku


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments:

  1. Betul banget, lagian kalo baca ebook matanya cepet perih mas masih mendingan baca buku saya mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas... baca buku ternyata sangat asyik dan menyenangkan..

      Delete