Menyerap Komentar Pengunjung Agar Blog Lebih Baik Lagi

Template keren, mempesona dan menarik bisa menjadi faktor yang menentukan kesuksesan sebuah blog.
Apalagi dijejali artikel-artikel yang bermanfaat dan unik, kesuksesan semakin tidak terbendung.



Yap...
Senjata utama demi kesuksesan blog adalah artikel yang keren, kenyang informasi dan membuat pembaca larut dalam pesonanya. 



Jangan lupakan komentar

Tapi, artikel bagus bukan satu-satunya penentu keberhasilan. Jangan lupakan faktor yang lain yang tak kalah bermanfaatnya..
Yaitu komentar pengunjung. 

Memang banyak sih pengunjung yang menempelkan komentar dengan singkat dan seadanya, bahkan terdiri dari dua atau tiga karakter.

Contoh :

  • Ok
  • Sip
  • Thx
  • Yes
  • Dan lainnya. 

Untuk komentar seperti ini, kita tidak bisa mendapatkan feedback atau masukan. Mengingat minimnya kata yang bisa diperas dan diolah menjadi informasi penting.

Tapi..
Banyak juga pengunjung yang tak ragu menumpahkan isi pikirannya dengan gamblang..
Ini sumber informasi yang tidak boleh dilewatkan!!

Itulah komentar positif.

Komentar positif  berupa komentar bernada menyenangkan dan bisa beraroma sentilan yang membuat hati meradang..

Eitss...
Jika komentar meradang tertangani dengan baik, efeknya bagus lho..

Komentar positif  yang "mencubit" hati, anehnya malah ampuh merangsang pikiran bergerak lebih lincah mencari solusi.
Jika tidak disentil, kita kurang tahu dimana kekurangan blog.

Berikut adalah pelajaran yang bisa dipetik dari komentar pedas yang ditempel pada blog...


(1) Memperbaiki isi tulisan

Jika komentar pengunjung menanyakan kualitas artikel, seperti kurang informatif, bertele-tele, penjelasannya loncat-loncat, ini adalah masukan yang super luar biasa baik.

Memang awalnya terasa perih..

Tapi jangan terbawa suasana.

Cobalah cek lagi tulisan yang "dicereweti" pengunjung.

  • Lihat bagaimana tata bahasanya
  • Taburi dengan informasi yang lebih menarik lagi
  • Penjelasannya langsung ke inti dan diurutkan dengan baik dari A-Z. 


Akhirnya, komentar panas ini menggiring kita untuk lebih cermat lagi dalam memilih kata dan meracik artikel yang rapi dan enak dibaca.


(2) Pengaturan widget

Ada pengunjung yang mengomentari widget blog tidak pas penempatannya. Atur ulanglah widget-widget tersebut, sehingga tampak lebih rapi dan berada pada posisi yang pas.

Posisi ini maksudnya tidak mengganggu pandangan pembaca ketika sibuk melahap artikel.

Widget pop-up sangat tidak disarankan.

Jangan gunakan itu!!

Mengapa?
Karena membuat mereka kesal.

Apalagi pop-up-nya sampai full satu page..
Waduh..

Letakkan ditempat yang normal, disamping artikel. Ketika pengunjung nyaman, merekapun merasa senang dan puas dengan "pelayanan" yang kita berikan.
Bukan tidak mungkin mampir lagi di lain waktu.

Nah, kita yang untung bukan??


(3) Iklannya mengganggu

Ini memang sentilan yang tidak boleh disepelekan.

Iklan memang menjadi permasalahan sensitif bagi setiap mereka yang jalan-jalan di dunia maya. Tapi kita masih bisa mengakali dengan baik kok..

Kalau pengunjung sudah melontarkan rasa tidak nyamannya gara-gara iklan yang mengganggu, segera lakukan perbaikan.
Jangan diacuhkan!

Saya sering berkunjung ke blog dengan iklannya yang aduhai buannyakknya. Bahkan, sebelum sempat membaca artikelnya, tombol ❌ inilah yang digencet.
Kaburlah saya.

Ngapain juga membaca artikel yang ditebari iklan yang membuat hati mual.

Terus..
Saya pernah memasang iklan pop-up.

Maunya sih klik iklan cepat bertambah.

Eh eh..
Tidak lama kemudian langsung mendapat saran untuk menghilangkannya, karena pembaca itu merasa terganggu.

Apa yang saya lakukan?
Langsung menendang iklan itu..

Kepercayaan pembaca tidak boleh diabaikan..


Komentar adem

Selain komentar positif yang meradang ada juga komentar positif adem. Ketika membacanya, langsung melayang dan tersenyum lepas, hehehe..

Misalnya komentar seperti ini :

  • Terimakasih ya, saya berhasil mengatasi masalah setelah membaca artikel ini.
  • Aduh, tulisannya keren sekali. Jadi senang main diblog ini.

Komentar seperti itu sungguh adem dan sejuk, rasanya ingin sekali semua komentar yang muncul seperti itu.

Ok...
Satu lagi yaitu komentar yang positif dan membangun. Maksudnya komentar pengunjung menyuntikkan masukan yang positif bagi tulisan diblog

Misalnya kita membuat artikel yang berjudul "Manfaat sering membaca", kemudian ada pengunjung yang menambahkan manfaat yang belum dicantumkan.
Kitapun mendapat tambahan materi baru.

Jadi...
Langsung tambahkan komentar itu ke artikel. Tulisanpun menjadi semakin padat berisi dan tentunya semakin digemari pembaca.

Nah...
Selamat mencoba ya dan semoga sukses dengan blog yang dikelola.
Semangat terus!!

Baca juga :

8 comments for "Menyerap Komentar Pengunjung Agar Blog Lebih Baik Lagi"

  1. Makasih infonya Mas. Satu lagi, menurut Mas eka, blog saya lama loading? Iklannya mengganggu gak? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas.. blognya loadingnya cepat kok mas.. iklannya juga ok..

      Delete
  2. Setuju mas, dengan komentar juga kita merasa diapresiasi dan dengan memberi komentar membangun pada blog orang kita bisa memberi masukanya yang berarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...
      mendapatkan komentar bagus itu rasanya gimana gitu, bahagialah pokoknya..
      hehehe...
      terimakasih sudah sering mampir dan komen disini bang..

      Delete
  3. Bli Eka.. komen saya sebelumnya mana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah bang...
      maaf lama..
      berhubung sibuk banget di dunia nyata..
      wkwkwkwk...

      Delete