Home » » Website atau Blog Seperti Ini, Akan Cepat Ditinggal Pengunjungnya

Website atau Blog Seperti Ini, Akan Cepat Ditinggal Pengunjungnya


Berenang dalam lautan luas internet, tidak akan asing dengan yang namanya website ataupun blog.

Karena dari merekalah kita bisa mendapatkan apa yang ingin dicari.

Banyaklah contoh yang bisa saya sampaikan,
Misalnya :

  • membaca berita di website berita, 
  • mencari solusi berbagai masalah smartphone bisa diperoleh dari blog
  • Mengatasi masalah komputer yang tidak kunjung beres dan sebagainya


 Anda sebagai pengunjung website 

Nah sekarang saya ingin bertanya kepada anda, kapankah anda merasa betah berada di dalam suatu web atau blog? Apakah karena beberapa faktor berikut :

  • tampilannya?
  • isi beritanya?
  • user friendly?
Beberapa faktor diatas memang sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan anda sebagai suatu pengunjung web atau blog dan sayapun juga akan merasa nyaman jika faktor diatas ada dalam suatu blog. (Baca : Beginilah cara memuaskan para pembaca blog kita)

 Apakah hal-hal dibawah ini membuat anda tidak nyaman? 

Ok, sekarang saya akan memberikan beberapa contoh sebuah website yang akan dengan cepat anda tinggalkan bahkan ketika baru pertama kali menginjakkan kursor disana.

1. Tampilannya acak-acakan

Siapa yang suka melihat orang yang tampil dengan pakaian yang acak-acakan? Tidak ada kan? Hal yang sama juga berlaku bagi sebuah website.

Tampilan adalah kesan pertama yang dilihat oleh para pengunjung dan jika mereka sudah tergoda pada pandangan pertama, maka artikel-artikel yang ada didalamnya pasti akan dibaca. Anda juga sama kan?

Tampilan web yang nyaman dan enak dipandang serta tidak membuat capek, akan membuat anda sebagai pengunjung enggan beranjak dari sana. Betul kan?

Membuat capek? Iya, capek karena melihat tampilan yang tidak menggoda dan terlihat semrawut dimana-mana. (Baca : Jika rapi maka kita akan menghemat ini)

2. Banyak iklan bertebaran

Senang tidak jika anda melihat suatu website ketika baru dibuka langsung diisi dengan banyak iklan bergelantungan dimana-mana? Terus artikel yang anda cari tersembunyi entah dimana.

Apa langkah yang akan dilakukan? Pasti anda akan langsung menekan tombol (x) dan keluar dari web tersebut karena merasa kurang nyaman.

Apalagi iklan yang ditampilkan berisi tampilan yang kurang sopan dan bernada "dewasa". Tanpa pikir panjang andapun akan langsung kabur.. (Baca : Menata iklan dengan baik pada blog)

3. Menawarkan download yang bertele-tele

download

Misalnya anda ingin mencari kumpulan soal-soal matematika dan disana diberikan link download untuk mendapatkan soalnya. Ternyata setelah anda mencoba untuk mengunduh, eh.. malah dibawa kemana-mana.

Setelah klik download => dibawa ke link download lainnya => klik lagi => dibawa lagi ke link download yang lain, waduuhhhh.... capek sekali.. Seakan seperti lingkaran download yang tidak ada habisnya.

Waktu terbuang karena soal tidak jadi diperoleh dan andapun akan merasa kesal. Sudah tahu langkah selanjutnya? Ingat nama web itu, tinggalkan segera dan tidak akan pernah dikunjungi lagi.

4. Artikelnya super singkat

Ketika anda tiba disuatu web dan mendapati bahwa tulisan pada artikel itu hanya ada satu paragraf saja, pikiran apa yang mulai terbayang? 

Mungkin anda akan merasa kurang nyaman dengan jenis artikel seperti itu. Informasi yang dibagikan tentunya akan semakin sedikit kan. Kaburlah anda dan mencari pilihan informasi dari web yang lain.

5. Loadingnya seabad

Ketika anda ingin membuka halaman disebuah website, ternyata loadingnya lama sekali, bahkan cukup untuk memasak air,  kemudian menyeduh teh, meminumnya sambil nonton televisi dan kemudian mencuci gelasnya. Ehh.. belum terbuka juga itu halamannya..

Saya tahu perasaan anda, pasti senang kan.. Senang untuk segera menghapus halaman web itu dari browser kesayangan pastinya..

Siapa juga yang rela menunggu berlama-lama hanya untuk membuka satu halaman, kalau download lebih oke lah. Tapi ini hanya membuka satu halaman saja lho..

 Pasti langsung pergi dari website itu 

Jika sudah mendapati website yang memiliki 5 kriteria diatas, pasti anda akan langsung menghantam mouse untuk mengklik tombol (x) dari browser yang membuka halaman web ini.

Anda dan saya akan merasa sangat nyaman ketika mengunjungi website yang memiliki kriteria seperti :
  1. tampilannya enak dipandang
  2. informasinya menarik
  3. iklannya tertata rapi dan tidak terlalu banyak
  4. downloadnya to the point dan tidak bertele-tele
  5. serta loadingnya yang super cepat, bahkan lebih cepat dari kedipan mata. Wuih...
Mudah-mudahan semua kriteria dari website yang anda sukai ada dalam blog ini ya. Kalau sudah terpenuhi, silahkan deh dibaca-baca lagi artikel lain yang ada dalam blog saya. 

Pastinya sangat bermanfaat bagi anda deh, karena saya selalu berusaha untuk menghadirkan informasi yang menarik, bermanfaat dan berguna bagi anda.

Karena jika berhasil membuat anda terbantu dengan apa yang saya tulis, saya akan sangat merasa bahagia dan senang. Itulah kebahagiaan saya sebagai seorang blogger... Maaf curhat sedikit, hehe.. (Baca : Manfaat nge-blog, dari bahagia dan berbagai pengetahuan sampai mendapatkan uang).


 Baca juga : 


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


6 comments:

  1. Saya paling nggak nyaman kalo ada banyak iklan dimana-mana, terus selalu nongol pop up gitu deh, paling males. Sama satu lagi, loading lama. Tapi blog Mas Eka mah udah tampil user friendly lah udah nyaman, hehehe...

    Jangan-jangan blog saya nih yang masuk kriteria diatas ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas hendra.. iklan pop up sangat kurang saya sukai.. niat membaca jadi hilang, kabur dah saya, hehehe..

      ga kok mas, blognya mas hendra sudah bagus kok.. user friendly..

      Delete
  2. Saya nyaman ketika mengunjungi halaman blog ini, karena infonya lengkap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bang ali..
      semoga sering datang kesini ya..
      hehe..

      Delete
  3. mantap nie pembahasan ny,,,
    jadi tertarik ane ama artikel ini..
    gini min, ane kan bertugas buat mading mingguan kampus,
    dan skrg ini lagi mengangkat tema soal website and blog.
    kalo boleh ane mw masukin artikel ni jga deh bwat tambah2an bahan...
    nanti pasti ane cantumin dong sumbernya....
    gimana min?
    minta ijin dulu biar gak dosa copas karya orang lain...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp gan...
      dengan senang hati kok..
      saya senang bisa membantu agan dalam membuat mading..
      semoga artikel ini membantu ya..

      Delete