Home » » Cara Promosi Usaha yang Mudah dan Murah di Internet

Cara Promosi Usaha yang Mudah dan Murah di Internet

Promote
Promote

Promosi merupakan hal penting dari suatu usaha. Adanya promosi membuat orang lain tahu bahwa kita mempunyai suatu usaha, entah itu berbentuk produk atau jasa.

Promosi yang sering kita lihat dan umum dijumpai adalah pada televisi dan radio. Biayanya bagaimana? Kalau untuk usaha kecil mungkin biaya akan menjadi kendala, tapi jangan ciut dulu ya.

Masih ada cara-cara mudah dan murah untuk mempromosikan usaha kita dan bahkan bisa cepat mendapatkan respon.

 [Caranya begini] 

Berkat kemajuan teknologi, maka kita bisa memanfaatkan internet untuk mempromosikan usaha kita dan berikut adalah beberapa hal yang bisa dicoba.

 1. Facebook dan twitter 

Pengguna dari kedua situs ini sangatlah banyak dan jika bisa memanfaatkan keduanya secara maksimal, usaha kita bisa cepat terkenal.

Di facebook kita bisa membuat halaman atau page tentang produk yang kita jual dan undanglah orang lain untuk menyukainya.

Selain itu kita juga bisa memposting produk-produk yang dijual disana sehingga akan semakin banyak orang yang tahu.

#Twitter

Di twitter pun sama, kita memang harus rajin-rajin mengupdate status agar semakin banyak orang yang tahu tentang usaha kita.

<<<<<Tips penting>>>>

Cobalah untuk memposting status dengan cara yang unik dan mengundang penasaran. Misalnya tidak mempromosikan usaha secara berlebihan karena bisa membuat orang malas untuk membacanya.

Gantilah dengan status yang menyimpan pesan terselubung sehingga mengundang minat teman-teman untuk membacanya.

Contoh :

Misalnya anda sedang membuat usaha baju, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan :

1. Mengganti foto profil dengan baju-baju produksi sendiri dan usahakan nama brand anda jelas. Sehingga setiap mengganti foto profil dengan produk keluaran terbaru, orang tetap bisa melihat nama brand tersebut dan  sadar dengan brand yang anda miliki.

2. Membuat status terselubung, misalnya : "Hore, akhirnya bisa juga mendapatkan baju bagus ini dengan harga yang murah".

Nah status seperti ini akan mengundang perhatian orang daripada menggunakan status "Ayo beli baju ini, harganya murah bla bla bla bla.... "

Ini sih pendapat saya saja, mungkin andapun bisa tidak sependapat dengan itu.

 2. Blog 

Membuat blog sangatlah mudah dan bahkan tidak perlu mengeluarkan kocek sama sekali. Cukup bermodalkan laptop dan internet.

Dalam blog tersebut buatlah artikel-artikel yang membahas produk yang kita jual. Terus promosikan artikel-artikel ini dalam facebook dan media sosial lainnya.

Sayapun berhasil menarik beberapa pembeli hanya dengan menggunakan blog, walaupun penjualannya masih bisa dihitung dengan jari. Tapi setidaknya ada hasil atas apa yang saya lakukan.

Jika produk anda unik, maka saya yakin tidak akan butuh waktu lama untuk menyedot para pembeli. Yakinlah.. yakinlah.. yakinlah... hehehehehe...

 3. Status "aplikasi chatting" 

Aplikasi chatting pada smartphone juga bisa digunakan untuk media promosi usaha tanpa mengganggu teman yang lain dengan status-status promo yang membosankan.

Contohnya adalah kita bisa memasang nama usaha atau ajakan membeli pada bagian bawah dari foto profil. Promosi seperti ini saya rasa lebih sopan karena tidak membanjiri wall teman-teman akibat pesan berantai.

Kan belum tentu semua teman anda senang mendapatkan pesan-pesan yang dikirimkan secara serentak kepada seluruh kontak di aplikasi chatting itu.

Jadi dengan memasang kata-kata yang tepat dibawah foto profil atau status, teman yang melihatpun bisa tertarik untuk melihatnya.

-------Bonus tambahan--------

Cara bonus ini sebenarnya bisa dimanfaatkan di facebook dan cara inipun saya tempuh untuk mempromosikan blog saya kepada teman-teman tanpa membuat status-status lagi.

Caranya adalah dengan mengganti foto sampul facebook kita dengan usaha yang sedang dijalani. Isilah dengan jelas nama usaha dan juga informasi penting lainnya. 

Cara ini bisa dilihat pada postingan berikut : "Cara mudah promosi blog di facebook".

*****************

Ok, itulah beberapa cara promosi yang bisa kita lakukan agar usaha yang dijalani semakin berkembang dan dikenal banyak orang.

Tertarik untuk membeli kalung dan liontin dengan desain sendiri dan bebas? Baca di : "Membeli kalung dan liontin untuk pasangan terkasih".




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments:

  1. triknya bagus mas.. tapi sekarang sudah bnyk media toko virtual yang bertebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali.. tokonya banyak sekali ada mas..
      bingung pilih yang mana..

      Delete