Home » , » Alasan Mengapa Knalpot Motor Dipasang di Sebelah Kanan

Alasan Mengapa Knalpot Motor Dipasang di Sebelah Kanan

Selama ini sih saya tidak perduli dengan posisi knalpot pada motor, letaknya dimana atau bentuknya bagaimana.

Yang penting bisa berfungsi dengan baik, itu sudah cukup.. :)




Tapi lama-lama hati tergelitik juga..
Kok knalpot ditempel disebelah kanan ya??


Ini alasannya

Ada dua alasan yang bisa dikulik. Baik itu dari kebiasaan ataupun faktor lain yang tidak kalah pentingnya.


Kebiasaan turun di kiri

Naik dan turun dari motor, biasanya pasti di kiri.
Mengapa?

Untuk di Indonesia, jalur yang digunakan adalah dikiri. Jadi ketika berhenti dan parkir, orang pasti turun ke kiri.

Ketika turun ke kiri, terutama disamping jalan raya, kita langsung berada di tepian jalan.

Bandingkan ketika turun disebelah kanan, kita masih berada ditengah jalan dan ini sangat berbahaya jika lalu lintasnya ramai.

Terus..
Jika sudah terbiasa turun ke kiri dan ternyata knalpot berada di kiri juga, kaki bisa disengat hawa panas yang tidak mengenakkan.

Luka bakar pasti muncul.

Karena alasan kebiasaan inilah knalpot tepat diletakkan disebelah kanan. Lagian ketika tahu knalpot dikanan, orang akan lebih memilih turun ke kiri.
Sehingga ketika parkir disamping jalan ramai, menjadi lebih aman.


Adanya standar motor di kiri

Semua motor yang dikeluarkan dari pabrik, standarnya pasti diselipkan disebelah kiri.
Karena sudah dikuasai standar, knalpot mesti mengalah.

Mereka tidak boleh dipasang disatu sisi yang sama.

Mengapa??
Alasan keamanan dan kenyamanan.

Jika standar dan knalpot dipasangkan disatu sisi yang sama, yaitu dikiri, ketika parkir menjadi bagian yang paling riskan.

Sehabis diajak jalan-jalan, mesin motor panas. Knalpot juga tidak kalah panas lho..

Nah, pas mau parkir, kaki yang bergerak mencari standar kemungkinan besar akan menyenggol knalpot itu.
Bulatan hitampun mencuat dikulit.

Inilah yang dihindari.

Demi keamanan dan kenyamanan, knalpot dan standar mesti dipisahkan. Mereka tidak boleh dipasangkan disatu sisi.


Kesimpulan

Demi keamanan dan kenyamanan, standar dan knalpot tidak boleh dipasang pada satu sisi yang sama.
Standar di kiri dan knalpot dikanan.

Jika ingat motor jaman dulu, knalpotnya tampil polos tanpa adanya pelindung.

Tak heran jika sering kejadian kaki kena ciuman mautnya.

Untuk menghindarinya, pabrikan mulai berinovasi. Akhirnya mereka memasang tameng untuk mencegah kaki menempel diknalpot pada keadaan panas.

Ini sangat berguna lho.

Walaupun suhunya panas dan secara tidak sengaja kaki mendekat kesana, kita terhindar dari bahaya tersengat.
Lebih aman..


Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment