Home » » Dalam Hal Manfaat, Pohon Pisang pun Tak Mau Kalah Dengan Kelapa

Dalam Hal Manfaat, Pohon Pisang pun Tak Mau Kalah Dengan Kelapa

Pisang
Pisang
Siapa yang tidak kenal dengan pohon yang satu ini? Saya yakin 1 juta persen kalau anda pasti pernah memakan buahnya atau paling tidak pernah melihat pohonnya sajalah. Betul kan?

Manfaat pohon ini pun tidak terbantahkan banyaknya, mulai dari ujung tertingginya sampai ke dasar terdalam bonggol, pisang bisa dimanfaatkan dan mendatangkan manfaat bagi manusia.
#Manfaat hewan bagi manusia

 Beberapa manfaat pisang 

Mungkin yang umum anda tahu adalah pohon ini banyak dimanfaatkan buahnya, tapi sekarang akan saya beberkan lagi beberapa manfaat unik bagian tubuh lainnya.
  1. Daun => bisa digunakan untuk pembungkus makanan dan kue tradisional
  2. Tulang daun => kalau sudah tidak dipakai bisa dijadikan pupuk alami bagi pisang itu sendiri alias kompos.
  3. Batang pisang => bisa dijadikan makanan ternak, seperti sapi. Sapi di tempat saya sangat gemar memakan batang pisang bahkan daunnya juga.
  4. Bonggolnya => bisa digunakan sebagai abon juga, coba deh cek di internet, banyak yang sudah membahasnya.
  5. Kulit pisang => bisa digunakan sebagai alternatif pembuat plastik ramah lingkungan. Ga percaya? Cek lagi di internet!!
  6. Lagi satu kelupaan => jantung pisang juga bisa dibuat menjadi abon.
 Tidak kalah dengan kelapa 

Dalam pramuka, kita kan diajarkan berbagai manfaat dari kelapa. Mulai dari ujung sampai akar, tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk kehidupan kita.

Pisang pun tak mau kalah dong, buktinya sudah jelas sekali diatas. Manfaatnya sungguh luar biasa dan hampir semua bagian bisa dimanfaatkan dengan baik.
Batang pisang dijadikan sayur ares... Enak banget
Pernah dengar sayur yang satu ini? Pohon pisang yang digunakan adalah pohon pisang tertentu dan dipilih yang masih muda.

Rasanya luar biasa enak, apalagi diisi dengan daging entok.. MMMMmmmmm... Acara nambah nasi ga bakalan terelakkan kalau begini..

Kalau di Bali, ares sangat populer dan sering disajikan dalam acara-acara tertentu.
Bonggolnya juga jadi makanan enak

Coba deh cek di internet, bonggol ini bisa dijadikan abon yang lezat juga lho. Bagi anda yang tidak makan daging, abon dari bonggol pisang bisa menjadi pengganti yang tak kalah nikmatnya.

Ibu saya juga jago lho dalam mengolah bonggol pisang ini. Bonggol pisang dijadikan sebagai bahan untuk membuat pepes. Rasanya mantap sekali guys.. Ide kreatif yang cantik amat ini..
Kulit pisang pun ramah lingkungan

Ini dia yang paling keren, kulit pisang juga bisa menjadi alternatif bahan plastik ramah lingkungan yang tidak akan menyebabkan polusi sampah.

Karena terbuat dari bahan alami, maka plastik ini akan cepat terurai layaknya sampah dari tumbuhan. Jadi tanah pun tambah subur karena plastik hijau ini.

Dan yang ga kalah membanggakan lagi, penemuan ini dihasilkan oleh orang Indonesia, keren tidak bro..??? Coba cek di internet untuk lebih jelasnya lagi ya!! Hidup penemu Indonesia.. 
#Hal-hal yang bisa diperoleh gratis berkat internet
Jantungnya jangan dilupakan

Saya mencoba mencari referensi tentang abon dari pisang dan ternyata abon ini bisa dihasilkan juga dari jantungnya lho. Banyak sekali yang membahasnya dan resepnya pun sudah siap untuk anda eksekusi di dapur kesayangan.

Tampilan abonnya itu lho, membuat liur menetes tak terkira. Saya yakin pasti anda tidak akan sadar jika itu adalah abon jantung pisang dan tidak terbuat dari daging.

Berhubung harga daging semakin mahal, abon dari jantung dan juga bonggol pisang bisa menjadi alternatif yang menarik bukan? Emmmm... Eh dilap dulu ilernya itu... 

 Kesimpulan 

Bagaimana, sudah jelas kan mengapa pisang mempunyai manfaat yang tidak kalah banyaknya dengan kelapa?

Mulai dari ujung rambut sampai ke dasar akar, pohon pisang bisa memberikan faedah yang luar biasa bagi kehidupan kita.

Sekarang tinggal diperbanyak lagi penelitian-penelitian tentang pisang, sehingga semakin banyak saja produk kreatif yang bisa dihasilkan. Mengingat pisang sangat demen sekali tumbuh di negara kita tercinta ini...


 Baca juga : 

  1. Pohon-pohon ini berbuah sepanjang tahun
  2. Inilah kumpulan buah yang hanya berbuah sekali dalam hidupnya



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment