Home » , » Mengapa Download Lebih Digemari Dibandingkan Streaming

Mengapa Download Lebih Digemari Dibandingkan Streaming

Download merupakan suatu aktivitas untuk mengambil suatu file dari internet. File yang sudah terdownload ini bisa langsung disimpan di komputer anda.

Ketika diperlukan, tinggal cari di harddisk..



Download sendiri memiliki keunggulan dibandingkan dengan streaming dan keunggulan inilah yang membuatnya semakin digemari oleh banyak orang. Untuk mengetahui lebih lanjut, anda bisa membacanya lagi dibawah ini.


Keunggulan download

Berikut adalah beberapa keunggulan download dibandingkan dengan streaming :


1. Hemat kuota

Sekali download kita hanya menyedot kuota internet dengan jumlah tertentu saja, bilanglah file itu adalah video sebesar 50 MB. Kemudian disimpan di komputer dan bisa ditonton berkali-kali tanpa perlu terkoneksi dengan internet dan menyedot kuota lagi.

Download
Download
Bagaimana dengan streaming?

Streaming akan terus menyedot kuota internet jika kita terus menontonnya berulang-ulang walaupun dengan video yang sama.

Misalnya anda menonton video A sekarang dengan menghabiskan kuota 50 MB, kemudian besok menonton lagi video A yang juga menghabiskan kuota 50 MB.

Setiap kali streaming kuota akan tersedot dan jika semakin sering maka jatah data akan cepat amblas. Tapi jika download kita tidak perlu takut kehilangan kuota banyak karena bisa ditonton secara offline (tanpa koneksi internet).



2. Tidak khawatir koneksi lemot

Kondisi jaringan yang naik turun akan membuat aktivitas menonton video tidak lancar, loading lama dan membosankan.

Mood-pun berantakan..

Sedangkan ini tidak akan terjadi jika kita sudah mendownload file video itu, karena video akan terputar lancar tanpa memerlukan koneksi internet.


3. Bisa minta teman

Jika tidak mau menghabiskan kuota untuk download,  kita bisa meminta file video dari teman yang sudah punya dan meng-copy-nya. Sedangkan streaming tidak bisa kita copy videonya begitu saja, karena harus di download dari internet.

Hemat kan..??

Cara ini cocok bagi anda yang pelit, hahahaha...


4. Hemat baterai

Streaming merupakan aktivitas penyedot baterai yang jempolan.

Jika kita sedang berada di dalam situasi yang jauh dari sumber listrik, sebaiknya tidak ber-streaming secara kalap karena membuat baterai terkuras dan cepat loyo.

Smartphone atau laptop akan mati.

Sedangkan menonton file download tidak  terlalu menguras baterai karena tidak tergantung dari sinyal atau koneksi internet.


Kekurangan

Selain keunggulan, download pun memiliki kekurangan yang perlu diketahui.
Contohnya :


1. Menghabiskan harddisk

Semakin banyak file yang disimpan dalam komputer maka semakin membuat  harddisk sumpek dan sesak. Jadi kalau suatu file sudah ditonton, sebaiknya dihapus saja agar harddisk tidak penuh.

Jika harddisk penuh, bisa memperlambat kinerja gadget..


2. Prosesnya lebih lama

Untuk bisa mendownload suatu file kita harus mengikuti proses tertentu, misalnya mendownload suatu film di internet. Kita bisa dibawa ke dalam halaman-halaman yang bisa membuat bingung dan akhirnya tidak jadi mendownload filmnya.

Tapi untuk mendownload video youtube, Internet Download Manager merupakan cara tercepat dan termudah. Karena kita hanya perlu mengklik tombol download yang muncul diatas video yang sedang terputar.


Kesimpulan

Dari beberapa keunggulan yang sudah dijelaskan diatas,  jelas sekali bisa menggambarkan mengapa orang lebih menggemari download dibandingkan streaming. Apalagi dengan kondisi internet yang belum stabil, download tentu menjadi pilihan yang menarik dan menyenangkan.

Bagaimana dengan anda?

Tapi sekarang ada kecenderungan lain lho..
Berkat semakin terjunnya harga paket kuota, orang semakin menggemari kegiatan streaming di internet.

Mereka tidak terlalu takut boros data.

Mengingat dengan harga yang terjangkau sudah mendapatkan kuota gemuk yang siap diandalkan menghajar video-video yang bertebaran di internet..

Bahkan kuotanya masih bisa sisa banyak lho..

Dan fenomena ini kedepannya bakalan semakin sering dijumpai karena kuota internet akan terus semakin murah dan murah..

Jadi streaming bukanlah menjadi aktivitas penyedot kuota yang menakutkan lagi.. Kuotanya buanyak sekali.. Tapi yang menjadi masalah adalah daya tahan baterai gadget..

Jika pas-pasan, daya bisa cepat habis jika digunakan untuk streaming terus..


Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment