Home » » Gotong Royong Dalam Fisika

Gotong Royong Dalam Fisika

Together
Together
Gotong royong merupakan budaya yang sangat sering dijumpai di negara kita, Indonesia. Budaya ini tentunya harus dipelihara secara terus menerus karena sangat banyak manfaatnya. Antara lain hubungan warga semakin erat dan rasa saling membantu semakin tebal di antara masyarakat.

Selain itu, manfaat gotong royong yang juga sangat penting adalah meringankan beban pekerjaan. Bayangkan jika anda harus membangun suatu gubuk sendiri, mulai dari 0 (nol) sampai selesai, tentu akan memakan waktu yang lama. Tetapi dengan bergotong royong maka hal itu akan sangat cepat dan tidak menguras tenaga.

Beban yang menjadi lebih ringan ini mengingatkan saya akan pelajaran fisika dan berkaitan dengan pelajaran beban juga. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar dibawah ini :

Pembagian beban
Pembagian beban
Dari gambar diatas bisa dilihat ada beban sebesar 100 N yang ditopang oleh dua titik, yaitu A dan B. Karena ditopang oleh dua titik, maka beban yang ditanggung masing-masing titik adalah 50 N (diperoleh dengan membagi beban (100N) dengan jumlah titiknya yaitu 2 buah).

Coba bayangkan jika beban tersebut hanya ditopang oleh satu titik saja, maka titik tersebut akan menanggung semua beban yang ada dan tentunya menjadi sangat berat.

Kemudian bagaimana jika titiknya ditambah menjadi 4 buah. Maka beban yang ditanggung masing-masing titik akan menjadi 25N (100 N dibagi 4). Kalau semakin banyak lagi maka beban yang diderita masing-masing titik akan menjadi semakin ringan.

Jika bebannya sudah ringan maka melakukan pekerjaan besar rasanya tidak akan memberatkan. Malahan bisa menambah semangat dalam bekerja karena kita tahu bahwa pekerjaan itu akan cepat selesai berkat dikerjakan oleh banyak orang melalui gotong royong.

Nah itulah maksud saya dengan "Gotong royong dalam fisika". Jika teman-teman pengunjung blog saya ini punya ide, ayo tuliskan di kolom komentar dan mari kita saling berbagi.

Baca juga :
  1. Skill penting dalam bekerja
  2. Pekerjaan bahasa perancis
  3. Mengubah uang seribu menjadi semilyar


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment