Home » » Hore... Indonesia Juara AFF-19

Hore... Indonesia Juara AFF-19

Kata-kata yang bisa mewakili perasaan saya atas pencapaian Timnas U-19 Indonesia adalah "Lega dan Bangga". Lega karena kerinduan saya akan juara akhirnya terpuaskan dan bangga karena saya sangat senang melihat perjuangan para pemain Indonesia yang bertarung secara mati-matian selama lebih dari 2 jam.

Mari kita simak ketegangan-ketegangan yang terjadi selama pertandingan :

(1) Diawal babak pertama Indonesia kesulitan mengembangkan permainan dan Vietnam dengan sangat leluasa menguasai bola. Kemudian ada peluang dari para pemain Vietnam dimana ia hanya tinggal berhadapan dengan kiper. Bola pun ditendang "jegeeeerrr" dan jantung rasanya berhenti sebentar, pikiran saya blank melihat peluang emas tersebut. Kemudian saya tersadar lagi bahwa bola sudah memantul keluar dari kotak pinalti Indonesia, Kiper timnas berhasil menghalau tembakan emas tersebut dan dalam hati pun bersorak... Mungkin semua penonton Indonesia pun pasti was was melihat kejadian ini.

(2) Masih dibabak pertama, perlahan-lahan Indonesia mulai bisa mengimbangi permainan Vietnam dan pertarungan banyak terjadi dilapangan tengah. Sampai akhir babak pertama skor masih tetap 0-0.

(3) Babak kedua berjalan dengan tempo yang cepat. Indonesia kali ini gilirang mendikte barisan pertahanan Vietnam. Lapangan tengah mulai dikuasai pemain Indonesia dengan umpan-umpan pendek satu dua sentuhan yang enak ditonton. Pemain vietnam pun mulai kelelahan dan banyak yang cedera karena kelelahan. Tapi pemain Indonesia tidak satupun yang saya lihat mengalami kejadian seperti itu, mereka tetap semangat dan berdiri kokoh di lapangan. Sungguh fisik yang luar biasa.

(4) Indonesia pun sering membuat pertahanan Vietnam kewalahan dan tendangan-tendangannya banyak yang bisa ditepis penjaga gawang lawan. Babak kedua kembali berakhir 0-0.

(5) Memasuki perpanjangan waktu, ada peluang dari vietnam yang sungguh membuat semua para penonton terdiam.  Untuk tendangannya masih melenceng dari gawang. Indonesia juga tidak kalah diam, beberapa kali serangan balik cepat hampir membobol gawang lawan, tetapi masih bisa diselamatkan barisan pertahanan Vietnam. Perpanjangan waktu habis dan skor masih 0-0. Pemain vietnam banyak yang jatuh selama perpanjangan waktu, entah karena ingin mengulur waktu untuk adu penalti atau tidak. Tapi sekali lagi, pemain Indonesia tidak ada yang bertindak demikian, mereka tetap berdiri tegak dan pantang menyerah untuk melawan musuh.

(6) Adu penalti. Inilah momen-momen yang sangat mendebarkan dalam pertandingan ini, karena sang juara akan lahir setelah adu penalti. Vietnam mendapatkan kesempatan pertama dan Indonesia penendang kedua. Percobaan pertama vietnam berhasil dan Indonesia pun berhasil, skor 1-1. Percobaan kedua vietnam gagal dan indonesia pun gagal, skor tetap 1-1. Percobaan ketiga vietnam gol dan indonesia gagal, skor 2-1. Para penonton sudah mulai cemas melihat hal ini, tapi kesempatan masih ada. Percobaan ke empat vietnam gagal dan indonesi mencetak skor, kedudukan sekarang 2-2. Para penonton mulai bergairah lagi. Setiap pemain vietnam yang menendang, doa kegagalan selalu saya panjatkan dan ketika penendang indonesia bersiap, doa kemenangan saya ucapkan. 

Kembali lagi ke babak adu pinalti, kesempatan kelima vietnam gol dan indonesia juga gol, skor 3-3. Kesempatan ke enam vietnam juga gol dan indonesia gol, skor 4-4. Karena sudah melewati 5 tendangan pertama, berarti tim yang gagal mencetak gol untuk selanjutnya dipastikan bisa kalah jika pemain lawan mampu mencetak gol. Ini sangat menegangkan, apalagi jika para pemain vietnam yang punya kesempatan pertama dalam menendang selalu mencetak gol, maka perasaan was was selalu datang dan hanya berdoa semoga indonesia bisa juga mencetak gol.

Kesempatan ke tujuh, vietnam gol dan indonesia juga gol, skor 5-5. Kesempatan kedelapan vietnam gol lagi dan indonesia gol juga, skor 6-6. Kesempatan ke sembilan, penendang vietnam mulai mengambil ancang-ancang dan doa kegagalan tingkat tinggi sudah saya sertakan (mungkin doa ini juga dari seluruh penonton Indonesia, hehe..) dan "jeger....", bola mulai menuju gawang saudara-saudara, mulai mendekati gawang dan kiper timnas beraksi menyambut tendangan. "Woaaaaa......." Sorakan penonton menggema diseluruh stadion, tendangan pemain vietnam berhasil digagalkan kiper timnas kita. Horeeeeeee........

Aroma juara sudah semakin dekat tetapi para pemain timnas indonesia tidak mau jumawa dulu, karena gelar belum pasti diraih. Ok, penendang timnas mulai bergerak ke kotak pinalti dan mengambil bola. Kali ini "doa keberhasilan tingkat super tinggi saya sertakan", bola sudah ditempatkan dititik putih. Pemain sudah mengambil ancang-ancang. Priiitttt... tanda dari wasit untuk menendang bola. Pemain bergerak menuju bola, kaki sudah terangkat dan "jegaaaarrrrrr....". Bola mulai bergerak menuju gawang, bergulir mendekati tujuan juara, bergulir dan bergulir lagi. Kiper vietnam berusaha mencari bola, karena tahu kalau ini gol maka timnya akan kalah. Bola terus bergulir ke pojok kanan gawang, bola mengenai tiang gawang dan........... bola mengenai tiang gawang sebelah dalam dan meluncur untuk kemudian dihentikan oleh jaring gawang.. Gooooollllllllllll....... gooooollllllllllllll..... goooooolllllllllllllllllllllllll................... Saya berteriak sendiri dan perasaan tegang selama 2 jam hilang menjadi kelegaan yang luar bias.. Indonesia berhasil mengalahkan vietnam dengan skor 7-6 melalui adu penalti.

Gelar juara ini mengobati kerinduan banyak penggemar bola di tanah air, sudah sangat lama sekali Indonesia tidak meraih gelar juara dan ini akan menjadi awal-awal kesuksesan bagi timnas dimasa datang untuk meraih banyak trofi lagi. Kebahagian pasti dirasakan diseluruh Indonesia dan ini akan menjadi trending topik disetiap berita.

Hal yang menarik lagi dari pertandingan ini adalah pembawa acara dan komentator televisinya. Mereka juga tidak kalah semangat dengan pemain yang bertanding dilapangan dan selalu memberikan komentar positif sepanjang pertandingan. Mereka terus mengobarkan semangat para pemain dengan terus meminta doa dari segenap masyarakat indonesia agar timnas berhasil juara pada pertandingan kali ini.

HIDUP INDONESIA......


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment