Menampilkan label kuadrat atau pangkat tiga pada excel

Sebelumnya saya mengalami kesulitan untuk membuat label berpangkat pada excel. Setelah diubek-ubek akhirnya ketemu juga caranya.
Tempat persembunyianya saya bongkar...



Tidak seperti di word atau power point yang ada ikon supersciptnya, di excel saya cari dan tidak terdeteksi.
Mungkin kalau teman-teman ada yang menemukannya bisa dibagikan kepada yang lain.

Label superscript yang ada pada Ms. Word

Bisa dilihat pada gambar diatas, yang dilingkari merah adalah ikon superscript untuk membuat pangkat.
Ketika tombol ini tidak saya temukan di excel, saya mencari cara lain agar bisa membuat label berpangkatnya.


Cara alternatif

Mari kita kerjakan...
Disini saya akan membuat label.
Label dari persamaan kuadrat.



Label yang dilingkari itu tidak bagus hasilnya, karena saya ingin pangkat 2-nya kecil, tidak sebesar variable x nya.
Jika orang tidak tahu, maka itu bisa dibaca x dikali dengan dua.
Bukan x dikali dengan x (x²).
Ini bisa disiasati dengan cara berikut ini.



Ketika akan mulai membuat pangkatnya, setelah mengetik x, kemudian pilih "insert → symbol"


Setelah itu, carilah symbol angka 2 yang agak kecil dan letaknya lebih keatas.
Ada dibagian paling atas dari daftar symbol.
Kemudian klik insert dan close jendela simbolnya dan lengkapi persamaanya dengan menambahkan – 4.

Hasilnya seperti berikut.


Tampilan labelnya terlihat bagus, karena dengan jelas melambangkan x kuadrat dan bukan x dikali 2 lagi seperti gambar kedua diatas.
Akan terasa sekali perbedaannya jika kita membuatnya dalam bentuk grafik.


Perbedaan bisa dilihat dari yang dilingkari merah.
Mana yang lebih sedap dilirik?

Selamat mencoba dan semoga terbantu...

Baca juga :

2 comments for "Menampilkan label kuadrat atau pangkat tiga pada excel"

  1. kak, mau tanya nih caranya bikin tulisan pangkat di exxxcel itu gmn? misal angka 2300000 biar jadi 2,3 x 10 pangkat 6. gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tapi nanti hasilnya 2,3E+6. Maksudnya E itu adalah eksponen atau 10 pangkat. Misalnya 2,3E+6, artinya 2,3 x 10 pangkat 6.

      Untuk caranya ketik dulu angka 2300000 di kolom excel, setelah itu klik kanan dan cari format cells. setelah itu pilih number. dibagian bawahnya cari pilihan "scientific", nah tinggal diolah saja mau tampilannya seperti apa. Bagaimana, apa jawaban saya membantu?

      Delete