Kejutkan Otak Dengan Kebiasaan Tak Lazim

Apakah yang anda lakukan ketika akan memulai hari disaat pagi? Bangun, mandi, gosok gigi, ganti baju, sarapan pagi, berangkat ke tempat tujuan untuk bekerja.



Besok, dua hari lagi, tiga hari lagi, seratus hari lagi, seribu hari lagi, aktivitas anda tetap seperti itu setiap pagi.

Mungkin bukan cuma pagi saja, malam haripun bisa berlalu seperti itu juga.

Apakah anda tidak merasakan kebosanan jika terus seperti itu? Hidup seperti sudah terprogram dan berjalan dengan sendirinya, autopilot. Berjalan sesuai kebiasaan dan tidak ada hal yang baru dan menarik.


Coba ini

Kedua tangan saya pernah bertengkar karena suatu kebiasaan memakai baju. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kejadian ini berawal saat saya akan memakai jaket ketika hendak pulang dari tempat kerja. Disini tangan kiri saya protes. Mengapa hanya tangan kanan saja yang duluan dimasukkan, kok tangan kiri tidak pernah duluan?

Hmmm..

Maunya saya mengabaikan protes si tangan kiri dan sudah akan mau memasukkan tangan kanan pertama kali ke jaket. Tapi ada sesuatu yang menahan dan mengatakan coba deh tangan kiri dulu, kasihan dia tidak pernah menjadi yang pertama.


Surprise
Surprise

Ok, saya turuti perintah itu.

Tangan kanan tampak kecewa ketika saya menariknya kembali dan mencoba memasukkan tangan kiri dulu ke jaket.

Teenggggg......
Saya merasakan perasaan yang aneh menjalar dipikiran.

Pikiran aneh ini ternyata membuat otak terkejut karena saya melakukan sesuatu diluar kebiasaan sebelumnya. Otak yang tadinya tertidur, tiba-tiba bangun dan menganalisa apa yang terjadi. Ternyata saya melakukan perubahan pada cara memasukkan tangan ke jaket. 


Menyegarkan

Ternyata saya merasakan kesegaran baru dalam hidup dan seperti mendapatkan tambahan energi segar walau hanya dengan mengubah pengaturan tangan masuk ke jaket.

Otak rasanya sudah terbangun dari tidurnya yang lama dan sekarang mulai bergairah kembali.

Apa yang saya lakukan selama ini tanpa disadari sudah membuat diri sendiri bosan dengan kebiasaan yang itu-itu saja. Dan cara baru dalam melakukan sesuatu membuat hidup menjadi lebih berwarna dan tidak hitam putih saja.

Perubahan lain juga saya lakukan dalam aktivitas lainnya agar otak semakin terbangun lagi.

Misalnya pada cara menyikat gigi.

Ketika pertama kali menggosok, saya bergerak ke bagian  kiri, hal itu diubah dengan menggerakkannya ke bagian kanan terlebih dahulu.

Ketika bangun dipagi hari biasanya langsung mandi, maka saya bangun agak awal sedikit dan keluar rumah untuk berlari-lari kecil sembari meregangkan otot yang sudah kaku. Dari yang biasa memakai sepatu kaki kanan lebih dulu, sekarang kaki kiri yang dinomer satukan.


Kesimpulan

Pengalaman dipagi hari sekarang sudah berubah total, gaya hidup dan semangat baru merasuk ke dalam tubuh dan pikiran. Energi untuk bekerja berlipat dan rasanya sangat menyenangkan.

Mungkin anda bisa mencoba untuk mengubah kebiasaan sedikit agar otak terkejut dengan kebiasaan tak lazim ini.

Jangan biarkan dia tertidur karena hidup kita sehari-hari sudah terprogram itu-itu saja dan tidak ada yang baru. Mari rasakan hidup yang lebih baru dan lebih berwarna..

Ketika sudah bosan dengan proses, coba ubah langkahnya tapi tetap menghasilkan sesuatu yang sama..

Ini menyenangkan..


Baca juga :

Post a Comment for "Kejutkan Otak Dengan Kebiasaan Tak Lazim"