Membuat Kurva S-N pada Ms. Excel (Tegangan-Putaran)

Membuat kurva S-N sangat diperlukan ketika melakukan percobaan "Fatigue Rotary Bending" atau uji kekuatan bahan  yang diputar dan dibebani berat tertentu. Nah, disini saya akan memberikan cara membuat kurva S-N dengan menggunakan Ms. Excel.

Ok, kita langsung ke caranya :

(1) Buat dulu datanya dalam bentuk tabel

gambar 1
Ketika membuat tabel, usahakan kolom jumlah putaran (N) didepan dari kolom tegangan (S). Bisa dilihat pada gambar 1. Kemudian blok tabelnya => pilih menu insert => scatter => dan pilih yang ada garisnya (dilingkari merah).

Sekarang sudah dihasilkan grafik seperti gambar 1 diatas.

(2) Membuat grafik logaritma

gambar 2

Untuk melakukan langkah ke-2 ini, klik kanan tepat di atas angka pada bagian mendatar dari grafik (sumbu x-nya kalau dalam sumbu x-y). Sehingga akan muncul kotak kecil seperti garis panah merah gambar 2 diatas. Seperti yang saya katakan diatas, arahkan kursor tepat diatas angkanya, kemudian klik kanan dan akan muncul beberapa pilihan dan pilihlah "format axis"

(3) Pengaturan grafik

gambar 3
Kemudian akan muncul gambar 3 diatas. Pada lingkaran merah diatas, centang kotaknya (bagian logarithmic scale), axis option diubah dahulu. Kalau pada contoh ini bagian minimun saya ubah menjadi "10000".

(4) Hasil grafiknya

gambar 4
Kemudian klik kanan lagi tepat diangka pada sumbu mendatarnya, pilih "add major gridlines". Ulangi lagi langkah diatas, tetapi sekarang pilih "add minor gridlines". Nah, grafiknya pun hasilnya seperti gambar dibawah ini.

hasil kurva s-n
Nah, sekarang anda tinggal menghias grafiknya agar terlihat lebih menarik dan lebih bagus lagi. Isikan label dari masing-masing grafik, yaitu tegangan (S) dan jumlah putaran (N).

Semoga bermanfaat ya...

Post a Comment