Home » » 5 Manfaat Baik Rajin Menabung

5 Manfaat Baik Rajin Menabung

Rajin menabung adalah slogan dan anjuran yang sudah sering mampir ke telinga semenjak sekolah dulu kan?

Mulai dari TK atau SD..



Guru-guru sibuk terus mempromosikan kegiatan ini dengan harapan para muridnya bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dan tidak salah memang..

Menabung mempunyai beberapa manfaat yang pastinya sangat membantu kita menjaga keuangan agar tetap stabil dan gaji tidak amblas di awal bulan..


Manfaat baiknya

Beberapa manfaat baik menabung dibeberkan seperti dibawah ini dan yang diuntungkan pastinya kita sendiri..


1. Menjaga gaji tidak cepat terkuras

Tanggal gajian menjadi hari-hari yang selalu ditunggu setiap bulan, mengingat saat itu rekening tiba-tiba ditampol uang dalam jumlah lumayan.

Tangan pun mulai ikut berulah..

Pengen comot ini dan itu ketika mampir ke toko atau swalayan.

Inilah yang mesti dicegah..

Setelah gaji masuk, siapkan pos-pos pengeluaran yang penting dan harus dibeli wajib setiap bulannya.

Menabung salah satunya..

Porsi tabungan 40-50% dari gaji sangatlah bagus dan harus disisihkan semenjak detik pertama gaji mendarat direkening. Tabungan ini tidak bisa digunakan untuk keperluan yang bukan terlalu penting, seperti belanja pakaian mahal ataupun nongkrong ditempat yang sanggup membuat dompet kehilangan banyak temannya dalam sekejap.

Tempat seperti ini mesti dihindari..

Ketika gaji sudah disisakan untuk tabungan, uang ini akan tetap berada di rekening dan jumlahnya utuh sampai gajian bulan depan tiba kembali.

Jikapun ada keperluan mendadak yang tidak bisa ditolak, uang tabungan bisa menjadi penopang dan ada dana yang bisa diandalkan.

Bayangkan jika gajinya sudah longsor duluan diawal bulan, dana cadangan tidak ada ketika keperluan penting dan hasilnya malah berhutang..

2. Hati lebih tenang dan bahagia

Tidak dipungkiri kalau mempunyai cadangan uang berlebih memang sanggup membuat hati sumringah bahagia.

  • Mau beli ini, ada uangnya
  • Ada kepentingan ini, uang siap dipakai
Kita lebih bebas melakukan sesuatu..

Bayangkan jika keuangan mepet menyerempet zona minus, mau beli ini itu takut, tidak berani. Nanti uang habis dan tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Benar-benar bingung..

Nah, situasi seperti itu bisa diredakan dengan menjalankan perilaku gemar menabung sejak dini. Hasilnya kita memiliki stok uang yang tebal dan bisa digunakan untuk keperluan yang sifatnya mendadak.

Ada dana yang bisa diandalkan..

Misalnya ada saudara yang mempunyai acara dan kita diundang, pasti membawa bingkisan atau sesuatu kan?

Uang lebih inilah yang menjadi andalan, tanpa perlu merenggut uang untuk kebutuhan rumah tangga. Ketika dana tersedia, membeli ini atau itu jadi lebih menenangkan..

Betul tidak?

3. Mewujudkan impian yang lebih besar

"Tahun depan saya mesti bisa ke eropa.."

Misalnya seperti itulah impian besar yang berkecamuk dalam hati. Bisa kok diwujudkan dengan rajin menabung..

Setelah mengetahui berapa biaya yang diperlukan, mulai detik ini tabungan mesti ditambah dan pengeluaran dijaga ekstra ketat.

Setelah pos tabungan disisihkan, sekarang saatnya untuk mengatur pengeluaran.

Barang yang tidak benar-benar dibutuhkan tidak dilirik..

Siapa tahu, setelah akhir bulan uang untuk pengeluaran bulanan masih sisa karena mampu berhemat dan tidak tergoda untuk beli ini dan itu.

Akhirnya uang sisa ini bisa dimasukkan ke dalam tabungan..
Nambah lagi kan??

Impian untuk jalan-jalan ke luar negeri bisa segera terwujud berkat rajin menabung dan tidak tergoda dengan barang yang keberadaannya belum begitu penting..


4. Dapat tambahan uang dalam bentuk bunga

Misalnya kita berhasil mempunyai tabungan banyak setelah bekerja dari dulu, katakanlah sekitar ratusan juta.

Tabungan dengan jumlah segini bisa didepositokan.

Bunga deposito besar lho, kurang lebih 8% per tahun..

Jika memang dana ini sudah nganggur, bisa disimpan dalam bentuk deposito dibank dan hasilnya uang kita bertambah karena mendapatkan bunga setiap bulan.

Semakin besar deposito jumlah bunga yang masuk pastinya semakin besar juga..

Coba deh tanyakan dibank tempat anda menyimpan uang untuk tabungan, bagaimana deposito yang ada disana. Jika tertarik anda bisa menyimpan uang dalam bentuk seperti itu dan malah mendapatkan uang tambahan..

Tabunganpun menjadi semakin banyak..


5. Stok uang banyak

Nah, mungkin inilah tujuan menabung yang paling ditunggu, yaitu memiliki stok uang segudang dan jumlahnya menggiurkan..

Mau ngapa-ngapain enak..

Tinggal ambil dan bayar.. :)

Tapi jangan kalap ya, takutnya stok tabungan langsung amblas dan usaha selama beberapa tahun lenyap dalam sekejap..

Sewajarnya saja..

Stok uang yang banyak menjamin kita bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan baik, semua keperluan yang penting tertutupi tanpa perlu meminjam dari tempat lain alias hutang.

Ketika ada kepentingan mendesak, uang ini bisa dipakai sehingga kepentingan itu bisa diselesaikan dengan cepat.

Itu semua karena rajin menabung..

Menabung membuat uang semakin menumpuk di rekening dan jumlahnya membuat kita mudah meladeni kebutuhan mendadak. Kehadirannya sigap membantu kita sehingga tidak kelimpungan mencari dana cepat.


Kesimpulan

Manfaat menabung baik sekali ya.. Karena itu kegiatan ini tidak boleh dilewatkan dan mesti dijadikan kebiasaan, sehingga uang yang masuk rekening tidak asal lewat dan berlalu..

Bahkan jika tabungan banyak bisa disimpan dalam bentuk deposito dan akhirnya mendapatkan uang tambahan dalam bentuk bunga.

Atau investasi..

Itu sesuai pilihan kita semua..

Dengan adanya cadangan uang yang lebih, hidup menjadi lebih tenang dan nyaman, tidak kelimpungan mencari uang ketika ada hal mendadak..


Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



8 comments:

  1. Mungkin kalo investasi aku kurang minat mas, tapi kalau nabung aku jagonya hehe...
    Trik aku biar awet ya, aku lebih memilih menabung di bank tapi hanya dengan buku tabungan tanpa ATM. Supaya bisa mikir dua kali aku kepengan ngambil hehe


    BTW, mampir sejenak di blog aku ya mas jika ada waktu...terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, memang harus dibuatkan tabungan sendiri. Kalau saya ikut tabungan berjangka, jadi setiap bulan harus nabung sejumlah tertentu dan baru bisa diambil setelah setahun. Lumayan akhir tahun ada duit mampir.. hehe..

      Ok, pasti saya berkunjung ke blognya..

      Delete
  2. Mari teman2 kita semua rajin membiasakan menabung.
    Meski hanya sanggup nabung sedikit,gpp ... lama2 kan berbukit juga.

    Betul ngga, mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas himawan..
      sedikit tapi menjadi bukit..

      daripada habis buat belanja, mending disisakan sedikit ya mas, biar rekening tetap berisi..

      Delete
  3. rajin menabung pangkal kaya, ternyata memang benar kok petaptah itu. Dengan cara menabung maka kita terhindari dari krisis keuangandan bisamembantu jika ada kebutuhan mendadak nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kebutuhan mendadak itulah yang membuat kita kalang kabut kalau ga ada uangnya ya mas..
      mau ga mau harus menabung biar ada cadangan..

      Delete
  4. Betul-betul. Jadi klo ada tabungan gak was-was jika ada biaya tak terduga dan hal hal yg super mendadak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, hati lebih tenang mas..
      ga perlu ngutang juga kalau ada yang mendadak..

      Delete