Home » » Tips Mengelola Bonus Akhir Tahun Biar Masih Bisa Hura-hura

Tips Mengelola Bonus Akhir Tahun Biar Masih Bisa Hura-hura

Yes..
Bonus sudah menyesaki rekening. Saatnya berpesta untuk memuaskan diri...😍😍



Eits, tunggu dulu..

Apa ga sayang duit segede gambreng amblas hanya untuk hura-hura? Sayang banget dong..

Memang kalau sudah yang namanya gemerincing rejeki tiba-tiba memenuhi rekening, gelora untuk menghabiskannya seakan menjadi-jadi.

  • Beli ini, beli itu, 
  • mau ini mau itu 
  • dan akhirnya menyesal kemudian..


"Aduh, ngapain juga beli barang seperti ini. Buang-buang uang saja"

Pernah merasa seperti itu kan? Jika ya, berarti pengelolaan duit yang mampir mesti lebih cermat dan teliti lagi.

Jangan sampai rekening bocor karena tidak kuat menahan gelora belanja..


Lakukan ini

Boleh dong kita memuaskan diri berkat hasil kerja keras selama ini?

Boleh banget dan sebenarnya tidak ada yang melarang kita untuk memanjakan diri. Mau ngapain juga boleh kok..

Tapi..

Ada tapinya ya..

Uang yang masuk sebaiknya dialokasikan ke dalam beberapa pos. Agar guyuran bonus yang nyelonong ke rekening tidak asal singgah untuk kemudian kabur.

Itu yang mesti dihindari.

⓵  10-20% bonus

Ok, cobalah bagi bonus anda berdasarkan persentasenya. Misalnya anda mendapatkan bonus akhir tahun senilai 5 juta.

10-20% digunakan untuk rekreasi dan hura-hura.

Jadi sekitar 500ribu sampai satu juta budgetnya. Jangan lebih dari itu.

Rencakan untuk apa saja uang ini :
  • Makan makanan favorit
  • Beli pakaian idaman
  • Beli tas favorit
  • Beli ini dan itu
Sesuaikan dengan dana yang sudah dialokasikan ya. Jangan sampai kalap dan menyerobot dana yang bukan ditujukan untuk bermanja-manja.

Mesti disiplin.



Susunlah daftar hal apa saja yang bisa dilakukan dengan uang segitu. Belilah yang paling diincar dulu..

Beli sesuatu yang sudah diidam-idamkan sejak lama..

Atau budget segitu digunakan untuk liburan bareng keluarga. Ga mesti yang jauh dan mahal.
Yang penting bisa berekreasi bareng-bareng.


⓶  80-90%

Ditabung..

Yap..
Jangan lupa untuk menggelembungkan jumlah tabungan..

Melihat isi saldo rekening yang gemuk memang bisa membuat hati bahagia. Senang rasanya ada uang banyak yang nyangkut disana.

Coba bayangkan jika saldo tabungan  hanya cukup untuk membayar biaya administrasi bulanan atm, hati terasa perih..😁


Cadangan ini pasti sangat berguna nantinya dan bisa digunakan untuk memenuhi keinginan yang lebih besar lagi.

Contoh :
  • Membeli rumah
  • Membeli mobil
  • Jalan-jalan ke luar negeri.
Impian besar perlu perencanaan besar dan dana yang besar juga.

Rajin menyisihkan uang dan menjauhkannya dari niat belanja, bisa memudahkan kita menggapai impian yang lebih gede lagi.


Mesti ketat

Mengatur uang memang membutuhkan niat yang kuat dan tidak mudah terombang-ambing kesana kemari ketika berkunjung ke tempat belanja.

Mengetahui uang tiba-tiba banyak, nafsu belanja semakin menggila.

Inilah yang mesti dikekang..

Seperti cara diatas, dengan membuat catatan apa saja yang harus dibeli, nafsu yang tidak terkendali ini bisa lebih dijinakkan.


Berpatokan kepada list tersebut, uang bisa lebih dikendalikan dan sesuai dengan budget yang sudah disusun, 10-20%.

Jadinya, tabungan semakin banyak..

Tabungan yang banyak membuat keuangan lebih aman, karena hal mendadak bisa saja terjadi dan kitapun lebih siap.

Kemudian, tabungan banyak juga memudahkan kita meraih impian yang lebih besar lagi..

Contohnya ingin jalan-jalan ke luar negeri.

Sisa bonus yang besar, 80-90%, bisa ditabung dan menambah dana yang akan digunakan untuk bepergian kesana.

Jalan-jalan memang menjadi hal menarik.

Karena kita bisa memuaskan diri, membuat hati bahagia dan sekaligus menambah pengalaman baru di negeri orang.

Nah, banyak hal yang dimudahkan jika kita mempunyai banyak tabungan.. Jangan sampai terseret nafsu belanja yang akhirnya membuat diri sendiri menyesal karena membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan..


Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



4 comments:

  1. Manusia emang gampang bgt kegoda sih, kalo saya banyak habis di makanan. Tiap berasa ada duit, selalu ke cafe atau makan2an enak , sesekali jalan2 tapi habis itu pasti nyesel. Hm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyesalan selalu datang belakangan ya mas.. hehe..
      dan kalau punya uang banyak di rekening, rasanya senang gimana gitu.. :)

      Delete
  2. List saya masih ketat di utang mas Eka, hahaha... Tapi tetap untuk kebutuhan refreshing harus diusahakan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kok sama ya... hehehe..
      list saya juga masih ada hutangnya mas.. yang penting masih bisa nabung setiap bulan dan jalan-jalan..
      senang sudah...hehehe..

      Delete