Home » » Tips Menghasilkan Foto Dokumen yang Apik dan Enak Dilihat

Tips Menghasilkan Foto Dokumen yang Apik dan Enak Dilihat

Dokumen itu apa saja sih? Bisa berupa suatu lembaran kertas yang berisi informasi penting di dalamnya, semisal ktp, sim, kartu keluarga dan lainnya. Pastinya kita semua pernah berurusan dengan dokumen diatas untuk menyelesaikan berbagai keperluan.



Apalagi di jaman teknologi modern seperti sekarang, sangatlah mudah untuk mengirimkan dokumen dengan hanya menjepretnya lewat bidikan kamera smartphone. Terus langsung kirim mengandalkan bantuan dari chat online.

Mudah sekali ya??



Banyak dilupakan

Pernah tidak ketika mengirim sebuah foto dukumen kita diminta untuk mengirim ulang foto yang lebih bagus dan lebih jelas lagi?

Itu karena hasil fotonya tidak apik, alias ada yang tidak enak dilihat. Sehingga foto yang terkirim tidak jelas atau gregetnya kurang. Hal seperti ini sangat sepele namun entah kenapa sering terjadi, betul kan?

Nah, mari perhatikan tips mengambil foto dokumen yang baik berikut ini.


Jangan miring

Foto KTP yang miring memang terlihat kurang sedap dipandang, tulisan dibagian paling ujung kurang jelas. Untuk itu cobalah ambil foto yang lebih tegap lagi sehingga hasilnya mantap dan semua tulisan terlihat jelas.

Caranya adalah dengan membuat posisi kamera dan dokumen lurus.

Posisi kamera yang benar-benar lurus terhadap objek foto akan menghasilkan bidikan yang jelas dan enak dilihat. Sehingga foto yang dikirimkan memiliki tampilan yang pas, tidak ada sensasi miring-miringnya.


Pastikan sudah terfokus

Ketika membidik objek, pastikan bahwa kamera anda sudah terfokus dan tidak goyang-goyang. Hasil fotopun menjadi lebih bagus dan jelas.

Kalau kamera smartphone sekarang sangatlah mudah untuk membuatnya fokus.

Caranya :
  • Pastikan objek sudah lurus dengan kamera dan tidak miring
  • Tekan layar smartphone agak lama dan kemudian autofocus pun muncul
  • Silahkan ambil fotonya
Hasil jepretan yang sudah difokuskan akan lebih baik dibandingkan yang belum, gambar blur tidak akan terlihat.



Hindari bayangan

Langkah terpenting terkhir adalah menghindari adanya bayangan pada foto. Bayangan ini bisa ditimbulkan oleh badan kita ataupun kamera itu sendiri.

Coba deh ambil posisi berbeda sehingga foto yang diambil tidak mengandung satu bayangan pun, sehingga hasilnya lebih oke. Ketika diposisi sekarang anda melihat bayangan pada bidikan kamera, cobalah untuk memindahkan objeknya ke tempat lain sampai tidak ada bayangan yang terselip disana.


Silahkan dikirim

Setelah mendapatkan jepretan yang memuaskan, barulah dokumen tersebut dikirimkan kepada orang yang memerlukan. Merekapun puas melihat hasilnya dan tidak akan meminta ulang. Sekali jalan langsung beres.

Dan kemampuan ini didukung berkat kamera smartphone yang sudah semakin canggih, hasil bidikannya sangatlah tajam dan fokusnya jauh lebih dalam. Gambarpun menjadi lebih hidup..

Asalkan kita, sebagai pihak yang mengoperasikan, harus mampu menentukan sudut dan posisi yang tepat agar hasil yang diperoleh memuaskan.

Selamat membidik dokumen ya!!

Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments:

  1. Untuk keperluan foto dokumen juga harus ada trik khusus ya mas Eka, biar nggak ada yang salah lagi... Tapi sekarang teknologi canggih, jadi masalah kecil kayak gini, sepertinya bisa diatasi dengan mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas..
      biar hasilnya bagus memang harus sedikit usaha..
      hehehe...

      Delete