3 Benda Yang Mesti Sering Dibersihkan Pengendara Motor

Kebersihan hadir dalam semua aspek kehidupan. Di rumah, untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman, syarat utamanya adalah kebersihan. Kebersihan seakan menjadi momok bagi para penyakit, mereka susah eksis ketika semuanya sudah rapi dan bersinar.


Tidak terkecuali ketika berkendara..

Kita harus tetap menjaga kebersihan agar perjalanan selalu lancar dan nyaman. Tidak ada hal-hal remeh yang mengganggu laju berkendara. Hal-hal remeh apa maksudnya? Nah, mari lanjutkan membacanya karena akan dijelaskan dibawah ini.


Mesti dibersihkan

Membersihkan ketiga benda ini memang menjadi sebuah kewajiban dan rasa malas harus dinomor duakan agar anda yang memakainya pun senang.


1. Motor

Motor yang bersih dan mengkilap mampu meningkatkan rasa percaya diri anda yang menggunakannya. Bepergian dengan motor kinclong seakan memberikan suatu tanda bahwa apa yang akan dikerjakan pasti berhasil.

Orang lain yang melihat tampilan motor pun terpesona. "Wuih motornya bersih dan kinclong banget ya"..

Sayapun sangat senang menyaksikan orang yang mengendari motor mengkilap dan bersih, sudah terbayang bagaimana mereka sangat perhatian dengan barang yang dimiliki. Ini adalah bagian dari kasih sayang terhadap benda pribadi.

Keuntungan lain

Motor yang sering dibersihkan umurnya lebih awet. Tidak percaya? Coba kalau anda ijinkan kotoran menempel di motor dalam waktu lama, kotoran itu menjadi susah dibersihkan dan akhirnya menodai kemulusan bodi.

Hasilnya apa?

Karena susah dibersihkan, terpaksa anda harus mengganti bagian tersebut dengan yang baru. Nah pemborosan kan? Ini biasanya terjadi pada pelek motor yang masih terbuat dari besi dan ada jari-jarinya yang banyak itu, batangan besi kecil.

Pelek seperti ini rawan karat jika tidak sering dibersihkan. Jika karat sudah banyak, tampilan motor kurang seksi. Alhasil bagi mereka yang sadar akan arti penting penampilan, pelek yang sudah ternoda ini harus diganti.

Sekarang kita pindah ke rantai.

Rantai biasanya dilumuri dengan oli agar tidak terjadi gesekan parah yang membuatnya cepat aus. Kehadiran oli ini juga mengundang bahaya lain, yaitu kotoran mudah tersangkut disana. Kotoran-kotoran ini juga bisa mempercepat rantai terkikis dan aus.

Untuk menghindarinya, rantai harus rajin dibersihkan dari oli lama dan diganti dengan oli yang baru agar kotoran bisa hilang. Rantai yang dijaga kebersihannya mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama dan tentunya menghemat ongkos.


2. Helm dan kacanya

Kaca helm adalah bagian yang paling jarang dibersihkan, betul tidak? Ketika mau berangkat helm langsung dipakai dan tidak sadar kalau kacanya sudah dihiasi gumpalan-gumpalan noda yang mengganggu pandangan.

Noda-noda inilah yang saya maksud dengan hal remeh tapi sering diabaikan begitu saja dan tidak dibersihkan.

Coba deh, seminggu atau paling lama dua minggu sekali helm dielus-elus dan dikasihi. Gunakan lap basah untuk menyapu dan mencongkel setiap noda yang tiarap disana. Jangan hanya kacanya saja, bersihkan semua bagian luar helm sampai benar-benar terlihat kinclong.

Kaca helm ini sangat penting, ia mampu menjadi tameng pelindung mata dan wajah dari kotoran-kotoran jahil yang berseliweran di udara. Dan terkadang kaca helm ini menjadi pelindung wajah dari terjangan serangga berukuran kecil hingga seukuran lebah. Hiii...

Terima kasih kaca helm..

Oh ya, satu lagi.. Jangan lupa untuk sesekali menjemur helm, pangganglah bagian dalamnya dan biarkan sinar matahari masuk dan mengusir bau apek pada busa atau kain.


3. Sarung tangan dan masker

Berkendara sangat wajib menggunakan sarung tangan karena banyak manfaat yang bisa diperoleh, seperti tangan tidak kepanasan dan mampu menyerap keringat di telapak tangan sehingga menghindari licin ketika memutar gas.

Seminggu sekali cucilah sarung ini agar tangan tidak bau. Bau ini berupa apek yang dihasilkan dari keringat yang terserap olehnya.

Masker juga sama. Jika anda menggunakan masker dari kain yang bisa dicuci, cucilah teratur agar tetap bersih dan mampu melindungi hidung dan mulut. Kalau menggunakan masker yang sekali pakai itu, ya langsung buang saja kalau sudah kotor. Terus beli yang baru lagi.

Masker menjadi primadona bagi para pengendara untuk menghindari polusi dan seringai jahat kepulan asap hitam legam yang mampu membuat nafas sesak.

Kesimpulan

Dengan membersihkan minimal ketiga benda diatas, kenyamanan berkendara sudah bisa dipertahankan. Andapun bisa melaju dengan aman tentram, serta tidak dibayangi perasaan minder karena motor yang tidak kinclong.

Pandangan orang lain ketika mendapati motor kita kusam serta kotor pastinya jelek kan? Nah inilah yang mesti dihindari dan secara tidak langsung mampu mendongkrak rasa percaya diri.


Baca juga :

Post a Comment for "3 Benda Yang Mesti Sering Dibersihkan Pengendara Motor"