Home » » Cara Pas dan Tepat Memasang Bracket Televisi Pada Tembok Kamar

Cara Pas dan Tepat Memasang Bracket Televisi Pada Tembok Kamar

Sekarang sudah jamannya televisi layar datar LED dengan ukuran besar, mulai dari 22", 29", 32", 40" dan bahkan ada yang super besar sekali sampai 80".

Untuk ukuran rumah, televisi yang sering digunakan dan menjadi primadona adalah ukuran 32" dan 40". Memang ada juga yang memasang ukurang 50-an inchi, tapi ketika dilihat dari jarak dekat mata kok rasanya tidak bisa melihat keseluruhan layar.

Apakah anda merasa begitu juga?



Setelah memutuskan untuk membeli ukuran televisinya, sekarang giliran menentukan apakah televisi ingin ditempel pada tembok atau langsung dipajang diatas meja. Kalau ingin diatas meja, berarti anda harus membeli mejanya lagi.

Contohnya pada gambar diatas, dimana televisi ditempatkan dengan apiknya diatas sebuah meja yang begitu keren..

Tapi jika ingin memasangnya ditembok, pilihan yang menarik juga kok!! Lagian ketika membeli televisi model ini, pasti sudah disertai dengan "bracket" gratis.

Bracket adalah alat yang dipasang pada tembok dan dilekatkan dengan menggunakan baut dan pastikan terpasang dengan kencang.


Jangan sampai salah

Memasang bracket adalah pekerjaan mudah, bor dan pasang bautnya. Selesai..
Tapi sering terjadi masalah dimana ketika menonton kok televisinya tidak terpasang pada posisi yang membuat leher nyaman.

Kok terlalu tinggi ya?

Nah kejadian seperti inilah yang menimpa saya, sehingga harus bolak-balik beberapa kali bongkar pasang bracket. Dan sekarang akan saya berikan tips bagaimana memasangnya dengan baik dan sekali tancap langsung joss...


Pemasangan di ruang tidur

Idealnya, ketika menonton televisi itu pandangan mata dan televisi sejajar. Jadi posisi leher tidak akan sakit dan andapun merasa nyaman.

Dan khusus di ruang tidur, ada sedikit tips memasang bracket ini.
  • Pasang bracket dengan ketinggian 120 cm sampai 130 cm, tergantung dari kondisi tempat tidur ya.
  • Jika menggunakan dipan, maka posisi ini bisa jadi paling cocok.
Jangan berhenti sampai disana, lakukan lagi langkah berikut.
  • Ketika menonton di kamar, posisi yang paling favorit adalah tidur dan sesekali duduk diatas kasur.
  • Cobalah berbaring dan visualisasikan televisi di tembok.
  • Misalnya tandai ketinggian 120 cm dengan kertas, sekarang coba berbaring dan sudahkah anda merasa nyaman dengan posisi tersebut.
  • Sekarang coba duduk diatas kasur, apakah pandangan sudah lurus dengan televisi? Kalau iya, berarti itulah posisi terbaik untuk menempelkan bracket dan televisi.
Silahkan bor temboknya dan pasang baut di empat lubang yang sudah disediakan. Selamat mencoba ya..


Pemasangan di ruang tamu

Pemasangan di ruang tamu sangat mirip dengan tempat tidur dan posisi yang paling ideal adalah seperti pada gambar diatas. Televisi diletakkan di meja yang tidak terlalu tinggi dan membuat acara menonton menjadi nyaman.

Tipsnya adalah memasang televisi lurus dengan pandangan mata.

Jangan sampai televisi dipasang sehingga mata dan leher harus mendongak terlalu lama dan pada akhirnya hanya akan menimbulkan rasa sakit serta ketidaknyamanan.

Lakukan ini :
  • Cobalah duduk di sofa atau kursi
  • Visualisasikan pandangan ke depan dan lihat tembok. Pandangan lurus dan andapun mendapatkan posisi terbaik untuk televisi di dinding.
Posisi yang lurus antara mata (ketika duduk) dengan televisi jauh lebih nyaman dibandingkan kepala harus terdongak lama ke atas. 

Ok, sekarang silahkan bor empat lubang agar bracket siap dipasang dan acara menonton televisi menjadi semakin menyenangkan..

Kesimpulan

Yang penting, pandangan dalam menonton televisi harus lurus dan tidak mendongak. Inilah yang dijadikan patokan dalam memasang bracket televisi. Untuk ruang tamu mungkin ukuran yang pas itu sekitar 100 cm dari lantai.

Andapun bisa menyesuaikan di rumah ketinggian berapa yang harus dipasang dan disesuaikan dengan selera.

Atau anda bisa meminta pendapat dari mereka yang sudah memasang televisi pada dinding rumahnya dan cobalah amati, apakah merasa nyaman atau tidak ketika menoton di ketinggian yang sudah dipasang.

Semoga membantu..

Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment