Home » » Mmmm.. Inilah Jamur Tiram yang Berasa Daging Ayam

Mmmm.. Inilah Jamur Tiram yang Berasa Daging Ayam

Jamur jenisnya banyak sekali.. Pertama dikategorikan dulu sebagai jamur yang bisa dimakan dan tidak bisa dimakan. Nah, jamur yang bisa dimakan pun jenisnya beragam, mulai dari yang bisa ditemukan liar, dibudidayakan ataupun yang dihargai mahal.

Hmmm...

Jamur sudah mulai saya kenal semenjak kecil, karena tumbuh dan hidup besar di daerah pertanian. Kakek dan nenek akan sering menyajikan makanan ini ketika hujan sedang doyan turun.



Pengetahuan akan jamur mana yang cocok untuk dilahap dan mana yang harus dijauhi pun diberikan dengan baik. Sampai akhirnya beberapa tahun kemudian mulai banyak orang membudidayakan jamur di rumahnya.


Inilah jamur tiram

Jamur tiram sangat jarang saya jumpai sebelumnya, tapi berkat budidaya ini popularitasnya semakin tenar saja. Orang-orang disekitar pun mulai tertarik untuk mencincangnya menjadi sajian makanan yang menggoda.

Beberapa jenis olahan makanan yang cocok dengan sayur ini adalah :

  • Sate jamur
  • Sup
  • Jamur goreng krispi
  • Pepes 
Inilah empat olahan makanan yang sering saya temui dan mungkin di daerah anda bisa saja ada kreasi menarik lainnya dari jamur tiram. Atau mungkin mau mencoba menghasilkan kreasi baru dengan bahan makanan ini? Patut dicoba..

Ada yang beda

Pengalaman mengesankan ketika melahap makanan dari jamur tiram adalah satenya. Waktu itu saya sedang berkunjung ke suatu acara yang menunya semua vegetarian. Pandangan langsung tersedot kepada sajian sate yang berlumur kecap..

Mmmmm...

Dan ditambah saran dari pembuatnya, sate ini adalah paling direkomendasikan untuk di santap. Tanpa pikir panjang lagi, saya langsung mencabik-cabiknya.

Nyammm...

Wow.. enak sekali. Benar-benar enak.. Sayapun mencoba untuk mendapatkan klarifikasi kalau sate ini benar-benar dari jamur. Soalnya rasanya "ayam banget"... Berondongan pertanyaan pun saya lontarkan kepada peraciknya.

Berkali-kali ia mengelak dan meyakinkan kalau sate itu memang dari jamur..

Memang tidak bisa dipercaya tapi harus dipercaya kalau sate jamur tiram ini rasanya ayam banget. Ini menjadi pilihan makanan alternatif lain bagi anda yang ingin mengurangi konsumsi daging tapi tidak bisa lepas dari rasanya.

Berlanjut ketika menikah

Sensari dari jamur tiram tidak berhenti sampai disitu saja, setelah saya menikah dan beruntung memiliki koki handal di dapur, jamur tiram masih sering menjadi hidangan istimewa. Jenis makanan lain tersaji.

Bukan sate..

Pepes. Ya ini salah satu favorit saya yang lain. Istri sangat jago dalam mengolah jamur tiram ini menjadi pepes "berasa ayam" yang enak sekali. Dengan harga yang lebih terjangkau, makanan enak seperti ayam tersaji di piring.

Asyikk..

Oh ya.. 

Harga jamur tiram bisa dibeli per bungkus dengan sangat terjangkau. Biasanya jamur ini sudah dikemas per bungkus dan bisa dibawa pulang seharga Rp. 5000,-. (Ini ditempat saya ya, ke depan harganya pasti naik).

Di pasar banyak yang jual kok..

Dimana cari resep?

Resepnya sudah banyak sekali di internet, tinggal ketikkan saja kata kunci "resep masakan jamur tiram", pasti banyak pilihan makanan yang bisa dicoba. Sekarang giliran anda yang beraksi di dapur untuk mencipta sajian itu.

Perlu diketahui, manfaat jamur bagi kesehatan bagus lho. Dari suatu sumber, manfaatnya antara lain : 
  • Sebagai sumber protein
  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah (sumber : manfaat.co.id)
Silahkan anda ubek-ubek google lagi untuk mendapatkan manfaat tambahan dari jamur ini bagi kesehatan kita.

Tambahan lagi..

Jika malas berkreasi di dapur, aneka olahan jamur sudah ada yang menjualnya. Tinggal siapkan saja beberapa lembar uang sepuluh ribuan dan silahkan nikmati sajian enak berasa ayam dari jamur tiram.

Bukan cuma itu..

Disamping jalanan juga banyak yang menjual jamur krispi, renyah diluar dan lembut di dalam. Perpaduan yang luar biasa ciamik. Harganya juga murah-murah kok..  Sebungkus palingan berkisar sepuluh ribuan.

Camilan ini bisa dijadikan peneman untuk menonton film kesayangan di rumah. Atau bisa digunakan sebagai pelengkap acara bertukar cerita bersama pasangan. Wahhh... asyik banget kan..


Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment