Home » , » Tips n Trik Berhemat Uang Belanja Bulanan

Tips n Trik Berhemat Uang Belanja Bulanan



Menyandang gelar sebagai seorang istri dan menjadi ibu rumah tangga, banyak tantangan yang dihadapi.

Salah satunya yaitu mengelola uang belanja.

Tidak jarang saat seorang wanita membawa sejumlah uang yang diperuntukkan untuk belanja keperluan rumah tangga, banyak godaan untuk membelanjakan uang tersebut untuk kesenangan pribadi.

Godaannya banyak..

Masalah yang ditimbulkan tentu penyesalan karena keperluan rumah tangga tidak dapat tercukupi selama periode uang belanja tersebut dipergunakan.

Baca juga :

  1. 5 kriteria toko yang menjadi favorit anda untuk berbelanja
  2. Ini dia belanja yang ga bikin macet dan ribet


Coba terapkan trik berikut ini!!

Berikut tips dan trik berhemat sehingga uang belanja bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga:

1. Targetkan uang belanja dipergunakan hanya 75% dari total uang yang dimiliki. 

Misalkan dalam sebulan uang belanja sebesar Rp.2.000.000

Maka :

  • Target maksimal uang yang akan dibelanjakan yaitu sebesar Rp.1.500.000, 
  • sisanya sebesar Rp.500.000 bisa disimpan di tempat lain diluar dompet yang digunakan sebagai cadangan saat target tidak bisa dicapai. 


Ketika sudah tiba dipenghujung bulan..

Uang target ternyata pas sesuai perhitungan..

Nah masih ada sisa yang 500 ribu kan??

Barulah itu bisa digunakan untuk bersenang-senang dan membeli barang yang sudah diidam-idamkan.

Kalau mau..

Akan lebih baik jika ditabung..

Kalau mau lho..


2. Pilah uang belanja ke beberapa “pos”

Misalkan dari uang belanja Rp.1.500.000 yang ditargetkan dalam sebulan

  • Rp.500.000 untuk keperluan bulanan (susu,sabun,pasta gigi,kecap,minyak goreng, beras,bawang), 
  • Rp.700.000 untuk keperluan harian (sayur, lauk, bumbu, dll) dan 
  • Rp.300.000 untuk keperluan tidak terduga (gas, air,pulsa listrik, dll)
Dengan menganggarkan pos seperti ini, anda bisa menyusun strategi agar pengeluaran tidak berlebih dan bijak dalam berbelanja..


3. Saat awal periode, rencanakan belanja bulanan  dengan teliti. 

Sebelum berbelanja
Catat semua barang yang sudah habis atau akan habis dalam satu bulan ke depan.

Sehingga,,
Anda tidak perlu berbelanja untuk kedua kalinya di pertengahan bulan.

Mengapa??

Berbelanja satu dua barang di pertengahan bulan itu biasanya boros.

Iya boros..

Karena tangan biasanya gatal dan ketika ingin membeli satu barang, hasilnya bisa mebludak menjadi 5 barang.

Nah, keuangan yang sudah disusun pun bisa berubah dan malah menimbulkan kekurangan anggaran.


4. Tentukan tempat yang pas ketika belanja

Untuk belanja bulanan cari tempat berbelanja yang menyediakan seluruh kebutuhan rumah tangga dengan harga yang murah

dan

Sering diadakan potongan harga, caranya bisa dengan menjadi member salah satu swalayan atau toserba.

Sebagai ibu modern mungkin sudah terbiasa browsing tempat belanja yang menyediakan diskon untuk member.

Kemudian

Jika ada promo beli 2 gratis 1, bisa dipertimbangkan juga.

Misalnya :

  • harga tisu normal adalah 10 ribu,
  • karena promo, dengan harga 2 bungkus tisu seharga 25ribu, ibu bisa dapat 3 bungkus tisu.
  • Nah, lumayan juga kan??
  • Bisa buat stok bulan depan, sehingga tidak perlu lagi membeli.
  • Hemat 5ribu dan bisa ditabung juga kan??



5. Untuk keperluan harian seperti sayur dan lauk,

Ibu bisa berbelanja 3 hari sekali ke pasar

dan

bahan yang sudah dibeli bisa disimpan di kulkas.

Semakin sering berbelanja
Hanya akan membuat kita membelanjakan uang tidak sesuai kebutuhan.

Atur waktu belanja agar pengeluaran tetap terjaga..



Intinya adalah disiplin

Inti dari semuanya adalah disiplin belanja


  • hanya yang dibutuhkan ya, 
  • bukan yang diinginkan.

Jika mau sukses dalam berhemat uang bulanan, beli yang dibutuhkan saja dan jangan yang diinginkan.

Susah ya??
Memang..

Karena sering ditengah jalan kita terjebak oleh keinginan yang tidak bisa ditunda lagi..

Kalau makanan sih boleh saja, yang penting harganya masih murah..

Yang bahaya kalau membeli barang dengan harga mahal dan tidak memiliki anggaran sama sekali.
Jebol sudah anggaran bulanan ibu..

Semangat mencoba ya..

Kontributor : Putri

Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


6 comments:

  1. kalo saya sih bukan belanja tapi hemat jajan biar sisa uangnya buat beli paket internet :')

    ohiya 1 lagi tuh biar makin hemat uang belanjanya mending jangan sering2 main ke tempat yang bikin jiwa meronta2 buat belanja ~

    duh bahasanya meronta2 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan puitis juga ya?
      hahahahaha...

      yang penting uang hemat dan ga habis ya..
      internetan tetap on..
      hahaha..

      Delete
  2. Aku belum berumah tangga dan aku bukan ibu rumah tangga, tapi aku kalau apa-apa gitu masalah duit selalu pake cara nomer 1 wkwkw dipake 75 persen, sisanya anggap aja abis, jadi pas udah bener-bener abis, eh masih ada sisa 25 persen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali ...
      ketika ada sisa, kita tidak takut menghadapi akhir bulan jika ada keperluan mendadak..

      Delete
  3. kalo saya paling nggak kuat lihat discount hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli satu gratis 10 bisa mbak...
      hahaha..

      Delete