Home » » Mengenali Pemahaman Bekerja Keras yang "Melenceng"

Mengenali Pemahaman Bekerja Keras yang "Melenceng"

hardwork success


Bekerja keras sangatlah dianjurkan dalam hidup ini agar apa yang diangan-angankan tidak sekedar menjadi angan-angan saja, tapi berhasil terwujud menjadi sesuatu yang nyata dan bisa dirasakan.

Contohnya :

  • Ingin pintar => maka harus belajar dengan rajin dan mengurangi bermain
  • Ingin banyak punya uang => bekerja dengan giat
  • Ingin punya usaha => mendirikan usaha dan menghadapi berbagai tantangan yang muncul
  • dan ingin-ingin lainnya
Untuk berhasil sampai ketahapan bisa merasakan apa yang diidam-idamkan, maka usaha yang terus menerus dan tanpa henti harus dilakukan dan tidak mengenal menyerah sampai berhasil. Sukses pun dalam genggaman anda.


Tapi apakah definisi bekerja keras anda itu seperti ini?
Apakah dalam pikiran anda itu bekerja keras seperti :
  • bekerja tidak mengenal waktu
  • dalam pikirannya hanya ada kerja kerja dan kerja
  • jarang beristirahat
  • jarang bergaul dan sebagainya???
Nah kalau definisi anda tentang bekerja keras seperti diatas, mungkin anda sedang berada dalam pengertian yang agak "melenceng".


Berada dalam pengertianya yang 
"Melenceng"

Menurut saya, bekerja keras itu tidak hanya bekerja tanpa mengenal waktu dan tidak mengenal lelah, pengertiannya tidak sesempit itu.


Mungkin seperti inilah bekerja keras yang "berada dalam jalurnya"
Pengertian bekerja keras yang "berada dalam jalur sebenarnya" menurut saya adalah seperti ini :


1. Mengutamakan istirahat
Istirahat sangatlah penting bagi tubuh kita dan jika sudah sakit maka andapun tidak akan bisa bekerja dengan maksimal.

Kalau sudah lelah, istirahat saja

Jangan paksakan tubuh yang sudah lelah itu untuk diajak terus menggempur pekerjaan yang tidak akan pernah ada habisnya. Kalau sudah lelah ya istirahat saja, lanjutkan kembali besok.

Berikan tubuh tidur yang nyenyak di malam hari, sehingga di esok harinya anda memiliki energi baru yang segar dan prima untuk kembali menyelesaikan tugas yang belum selesai.

2. Konstan, bertahap dan tetap pada jalurnya
Konstan maksudnya tetap melakukan pekerjaan yang sudah digeluti tanpa terlalu melarutkan diri di dalamnya. Kalau istirahat ya istirahat..

Bertahap yaitu melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir dan menyesuaikannya dengan rentang waktu yang dimiliki. Jika memang sudah waktunya selesai bekerja, selesai saja. Tidak usah dipaksakan harus selesai sekarang, bikin stress itu.. 

Dan usahakan pekerjaan anda tetap berada dalam jalurnya serta tidak belok kiri kanan yang menyebabkan semakin lama waktu yang dihabiskan.

Satu lagi, jangan lupakan istirahat!!!

3. Tidak berharap hasil instan
Tidak mengharapkan hasil besar atas suatu pekerjaan yang baru saja dilakoni adalah pemikiran yang baik. Jangan langsung beranggapan bahwa pekerjaan ini akan langsung memberikan hasil luar biasa.

Orang yang bekerja keras sangat memahami ini, sehingga mereka tidak akan terburu-buru dalam bekerja dan menyiapkan segala sesuatunya langkah demi langkah, tanpa mengenal menyerah dan tidak melupakan break.

4. Sayang keluarga
Orang yang bekerja keras akan sangat menyayangi keluarganya dan tidak melupakan mereka yang ada di rumah dengan melarutkan diri dalam rutinitas.

Ketika sudah waktunya untuk selesai bekerja, ya selesai saja bekerjanya dan lanjutkan lagi besok. Di rumah sudah ada keluarga yang menunggu dan mengharapkan kehadiran anda disana.

Mengajak bermain anak dan mengobrol bersama istri bisa menjadi suatu aktivitas menyenangkan yang bisa memulihkan pikiran anda dari beban pekerjaan di tempat kerja.

5. Tidak melupakan teman
Teman juga sangat penting dalam hidup karena mungkin disuatu hari kita akan memerlukan bantuan mereka. Hidup tanpa teman itu hampa dan tidak enak.

Jadi tetaplah bergaul dengan tetangga dan teman lama serta luangkan waktu untuk mereka alih-alih anda menenggelamkan diri dalam pekerjaan yang tidak berujung.

6. Menjadwalkan rekreasi
Rekreasi sangat penting untuk menumbuhkan kembali kesegaran dalam pikiran anda ketika sudah sibuk dalam bekerja.

Berlibur sangat baik untuk membuat anda segar kembali apalagi mengajak keluarga dan orang-orang tersayang. Bukan hanya anda saja yang bahagia, tapi merekapun senang bisa berkumpul dengan anda.


Hidup bukan hanya untuk bekerja saja
Alangkah membosankannya hidup ini jika hanya diisi dengan bekerja dan bekerja saja, betul kan?? Setiap hari hanya bertemu dengan itu-itu saja dan tidak ada variasinya.

Mungkin dengan memahami definisi bekerja keras yang berada dalam jalurnya, anda akan bisa mendapatkan kebahagiaan lebih dari bekerja.

Anda bekerja untuk keluarga dan mereka akan sangat senang jika  anda bisa sering berada disekitarnya. Tidak malah menghilang dan tenggelam dalam pekerjaan serta menganggap bahwa mereka akan bahagia dengan hanya dipenuhi kebutuhan uangnya.

Hidup tidak hanya sekedar uang, tapi kebahagiaan anda dan orang-orang tersayang merupakan nilai penting yang tidak boleh dilupakan, betul tidak????


Baca juga ya :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment