Home » » Menghindari Kata-kata Kasar Agar Hati Semakin Adem dan Tenang

Menghindari Kata-kata Kasar Agar Hati Semakin Adem dan Tenang

Kata kasar
Kata kasar

Ketika mendengar kata-kata kasar yang terlontar dari omongan orang lain, rasanya sungguh tidak enak dihati kan? Penilaian kita terhadap orang itu pasti langsung menjurus negatif.

Orang lain pun akan melakukan hal yang sama semisalnya jika anda mengucapkan kata-kata yang kurang pantas ini. Jadi kata-kata ini sebaiknya sangat dihindari.

 Mengapa harus dihindari 

Ketika berhasil menggunakan kata-kata yang lebih umum dan sopan, yang notabene disukai banyak orang, maka kita akan mendapatkan penilaian positif dari mereka.

Itulah salah satu manfaat mengapa kata-kata negatif harus dihindari dan beberapa manfaat lainnya adalah sebagai berikut :

  • Disukai banyak orang
  • Mudah mendapatkan teman
  • Membuat orang yang kita ajak bicara menjadi nyaman
  • Lebih dipercaya
  • dan memberikan efek menenangkan bagi kita. (Baca : Cara mudah membuat hati senang kembali)
 Bagaimana bisa membuat adem dan tenang? 

Perasaan adem dan tenang ini akan sangat anda rasakan sebagai orang yang mengucapkan kata-kata sopan dan pantas. Tidak ada letupan emosi yang keluar ketika berbicara dengan orang lain.

Ini adalah pengalaman saya ketika berhasil mengubah kata-kata yang cenderung kasar dan menggantinya dengan yang lebih lembut. Hasilnya sungguh luar biasa.

Perubahan-perubahan yang bisa saya rasakan antara lain :
  • Menjadi lebih tenang
  • Emosi bisa dikontrol
  • Hati tidak gundah dan lebih rileks
 1. Lebih tenang 

Jika mengucapkan kata kasar, perasaan di dalam hati itu sangat riuh, ramai dan penuh dengan perasaan yang tidak nyaman.

Memang ketika mengeluarkan saya merasa lega, tapi setelahnya hati menjadi tidak tenang dan terus merasakan hal yang kurang enak dihati.

Ketika saya mencoba mengganti kata kasar dengan kata yang lebih sopan dan enak di dengar, hati ternyata merespon dengan baik dan terasa lebih tenang. (Baca : Cemas bisa menyebabkan halusinasi)

 2. Emosi lebih stabil 

Ketika keadaan hati sudah tenang, emosi saya menjadi lebih stabil dan mudah di kontrol. Energi tidak dihabiskan untuk membicarakan hal-hal yang kurang sopan.

Emosi yang lebih stabil ini membuat saya merasa lebih nyaman dan hatipun menjadi tidak gundah serta merasa lebih rileks.(Baca : Ayo tenangkan tubuh dengan meditasi)

 Mengubah kasar menjadi sopan 

Misalnya anda sedang kesal kepada seseorang karena telah diperlakukan kurang sopan dan anda membicarakan hal ini dengan sahabat dekat.

Cobalah gunakan kata yang lebih adem untuk mengungkapkan rasa dongkol yang ada dihati, contohnya seperti :
  • "Aku marah diperlakukan seperti itu" => ubah menjadi "Aku inginnya diperlakukan seperti ini"
  • "Tingkahnya membuat aku muak" => "Tingkahnya seharusnya lebih sopan lagi kepadaku"
  • "Caranya ngomong sangat sombong" => "Caranya ngomong harusnya lebih enak lagi"
  • dan sebagainya.
Ketika berhasil mengubah kata-kata yang bisa membangkitkan emosi dalam diri kita, sebaiknya langsung diubah menjadi yang lebih enak, adem dan menenangkan lagi.

Penggunaan kata-kata sopan tidak hanya digunakan saat berkomunikasi dengan orang lain, bahkan saat kita berbicara dengan diri sendiri dalam hati juga harus digunakan. Atau istilah umumnya adalah "ngedumel"

Coba deh terapkan ketika anda tiba-tiba mulai mengeluh dan ngedumel dalam hati, mudah-mudahan bisa membuat pikiran lebih tenang.

 Kesimpulan 

Mengubah kata-kata kasar yang bisa membangkitkan emosi pada diri anda sebaiknya harus dihindari sesegera mungkin. Karena jika sudah dikuasai emosi maka anda akan mudah :
Untuk melakukan ini memang tidak mudah, diperlukan latihan yang sering dan terus-menerus agar anda terbiasa mengucapkan kata-kata sopan.

Setiap hari anda pasti berbicara dengan banyak orang dan coba deh perhatikan kalau ada yang terasa kasar, segeralah ganti dengan kata yang lebih adem lagi.

Kata-kata kasar biasanya cenderung keluar jika anda sedang merasa marah, jengkel, dongkol dan mendapatkan perlakuan yang kurang baik.

Saat-saat seperti inilah kesempatan yang baik untuk segera mengubah kata-kata kasar itu menjadi kata sopan yang menyejukkan hati kita dan lawan bicara, sehingga bisa menimbulkan perasaan adem dan tenang dalam hati.

Semoga membantu ya..

 Baca juga: 





Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment