Home » » Mencari Biaya Kuliah Tanpa Merepotkan Orang Tua? Coba Ini!!

Mencari Biaya Kuliah Tanpa Merepotkan Orang Tua? Coba Ini!!

Kampus
Kampus

Menempuh pendidikan di kampus atau perguruan tinggi sekarang sudah menjadi keharusan bagi banyak siswa yang baru menamatkan pendidikannya ditingkat SMA/SMK.

 Mengapa harus kuliah? 

  • Bukankah biayanya mahal dan masa studinya lumayan lama? 
  • Nanti takut membebani orang tua dengan biaya-biayanya.

Nah jika permasalahan diatas yang menjadi kendala, nanti akan saya coba bantu bagaimana menyiasati biaya agar kuliah lebih lancar dan bisa mendapatkan gelar lebih tinggi.

Tapi sebelumnya, saya akan mencoba memberikan beberapa alasan mengapa banyak siswa sangat ingin menempuh studi di perguruan tinggi.

#Alasan mengapa harus kuliah

  1. Ingin mendapatkan gelar yang lebih tinggi lagi
  2. Sebagai penanda status sosial yang lebih tinggi 
  3. Mengikuti teman-teman yang juga akan menempuh studi di kampus
  4. Untuk mendapatkan peluang bekerja di perusahaan terkenal
  5. Bisa jadi sarana untuk meningkatkan standar gaji.
 Saya tidak mau merepotkan orang tua dengan biaya 


Jika biaya yang menjadi kendala bagi anda untuk melanjutkan kuliah, maka saya juga mengalaminya dulu ketika belajar di perguruan tinggi. Tapi saya tidak menyerah begitu saja dan tidak mau terus membebani orang tua di rumah.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa dicoba untuk mendapatkan biaya tambahan ketika sedang kuliah.

1. Istirahat dulu setahun dan sambil bekerja

Mungkin agak kurang enak mendengarnya ya, tapi ini bisa juga menjadi solusi bagi anda yang ingin mendapatkan biaya mandiri.

Maksudnya begini :

Setelah tamat SMA/SMK, anda bisa istirahat dulu selama setahun dan selanjutnya akan mencari pekerjaan dulu untuk mengumpulkan uang.

Carilah pekerjaan yang anda sukai dan jangan berharap dengan gaji yang besar, disini yang penting anda bekerja dan bisa mendapatkan pemasukan yang dirasa cukup untuk sebagai biaya kuliah nanti.

Setelah bekerja selama setahun dan mendapatkan uang yang cukup, mulailah untuk mencari kampus yang diinginkan. Kalau mau anda bisa mencari kelas malam, khusus untuk para pekerja dan karyawan.

Keuntungannya adalah :

Anda masih bisa terus bekerja sambil menempuh studi di kampus, sehingga biaya kuliah bisa ditutupi dari gaji yang terus anda peroleh.

Dengan begini anda membiayai kuliah mulai dari biaya pendaftaran awal, semesteran, ujian dan sebagainya murni dari hasil keringat sendiri
(Baca : Pekerjaan yang bisa memberikan gaji jutaan rupiah per jam)

2. Langsung kuliah dan mencari kerja

Jika anda tidak mau melakukan cara yang pertama, cara yang kedua ini bisa ditempuh. Tapi biaya awalnya memang harus mendapatkan sokongan dari orang tua dahulu.

Biaya ini digunakan untuk membayar pendaftaran awal kuliah dan setelah itu anda bisa langsung mencari pekerjaan di tempat yang dekat sekitar kampus.

Carilah pekerjaan yang tidak mengganggu jadwal kuliah dan pastikan anda bisa menjalani dua aktivitas ini dengan seimbang. Sehingga kuliah dan bekerja semuanya berjalan lancar dan memuaskan bagi anda.

Contoh pekerjaan yang bisa dicoba adalah menjadi karyawan di toko buku atau yang lainnya.

###tips : yang penting jangan merasa gengsi karena harus bekerja menjadi karyawan. Yang penting apa yang dikerjakan adalah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak merugikan orang lain.
(Baca : Peluang kerja berlimpah berkat internet)

3. Mengajar les sambil kuliah

Bagi anda yang suka mengajar, maka pekerjaan ini sangatlah cocok dan enak sekali dijalani. Sayapun menjalani aktivitas ini ketika kuliah dan berhasil mendapatkan pemasukan yang cukup untuk menambah biaya kuliah setiap bulannya.
(Baca : Mau kerja freelance? Coba saja mengajar privat)

Kebetulan saya sangat senang sekali mengajar dan hobi ini saya manfaatkan untuk membantu adik-adik pelajar dalam memahami materi sekolah, sekaligus sambil mendapat penghasilan.

Mengajar les mempunyai beberapa keuntungan :

  • Tidak terikat waktu, karena kita bisa mengatur jadwal dengan leluasa
  • Bisa dibatalkan dengan cepat jika ada kepentingan kampus yang mendesak
  • Waktu bekerjanya tidak terlalu lama, karena setiap pertemuan hanya berlangsung 90 menit.
Dari sinilah saya mendapatkan uang tambahan yang bisa digunakan untuk membayar biaya kuliah yang sifatnya mendadak dan belum direncanakan sebelumnya.


4. Mencari beasiswa

Banyak beasiswa yang ada di kampus dan andapun harus rajin-rajin mencari informasi yang berkaitan dengan ini.

Pengumumannya biasanya akan dipasang disetiap jurusan yang ada dan janganlah bosan-bosan untuk membaca setiap berita yang ada dipapan pengumuman.

5. Berprestasilah saat masih SMA/SMK

Mengapa begitu? 

Pelajar yang berprestasi saat masih disekolah menengah bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak didapatkan siswa lainnya.
  • Bisa masuk perguruan tinggi tanpa tes
  • Biaya pendidikan bisa digratiskan
  • Bisa sering mendapatkan beasiswa jika prestasi di kampus terus bersinar.
Jadi tidak ada salahnya untuk menjadi lebih rajin belajar saat masih dibangku SMA, agar prestasi semakin moncer dan mendapatkan berbagai kemudahan ketika belajar di kampus.

 Bangga bisa mencari biaya sendiri 

Bagi anda yang sekarang kuliah sambil bekerja ataupun tidak perlu membayar karena prestasi yang baik, berbanggalah. 

Mengapa?

Karena anda berhasil meringankan beban orang tua dalam urusan uang dan akan lebih baik lagi jika anda sama sekali tidak meminta biaya dari mereka.

Anda menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan tidak mudah menyerah walaupun terkendala biaya sebelumnya.

Semuanya bisa diatasi jika anda mau bekerja lebih keras lagi dan tidak menyesali nasib kurang mujur yang dialami sebelumnya.

Sekali lagi tidak akan ada hambatan berarti bagi anda yang mau berusaha dan terus kreatif dalam usaha mencapai cita-cita yang lebih tinggi.

 Kesimpulan 


Untuk bisa mendapatkan biaya kuliah, baik itu untuk meringankan beban orang tua ataupun tidak merepotkan mereka sama sekali, maka anda haruslah menjadi pribadi yang :

  • Senang bekerja keras
  • Tidak mudah menyerah
  • Tidak terpengaruh omongan negatif orang lain 
  • Percaya bahwa semua tantangan bisa diatasi jika terus berusaha
  • Apa yang dilakukan sekarang pasti akan bermanfaat di masa mendatang
*************
Semoga apa yang saya tuliskan dalam artikel ini bisa membantu anda dalam memecahkan masalah untuk mendapatkan biaya guna menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Semangat terus ya....


 Baca juga : 


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment