Home » » Servis Gratis yang Bisa Kita Nikmati Dari Alam

Servis Gratis yang Bisa Kita Nikmati Dari Alam

Free
Free

Alam sudah sangat baik sekali kepada kita semua dan rasanya kita tidak akan bisa hidup dengan nyaman dan aman tanpa bantuan darinya.

Setiap hari kita menggunakan jasanya dengan gratis dan tidak perlu membayar untuk mendapatkan hal itu. Wah enaknya mendapatkan servis gratis..

# Beberapa diantaranya

Ada beberapa servis gratis alam yang bisa kita nikmati tanpa khawatir akan datangnya tagihan bulanan ke rumah. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Sinar matahari

Sinar matahari
merupakan sumber energi utama bagi semua makhluk hidup di alam semesta ini. Berkat sinar matahari kita bisa melihat indahnya alam sekitar tanpa harus menggunakan lampu.

Selain itu sinar matahari juga sangat sering digunakan untuk menghasilkan listrik tenaga surya, dimana ini adalah salah satu energi alternatif yang tidak menggunakan bahan bakar fosil yang bisa merusak lingkungan.

Kalau dalam rumah tangga, sinar matahari sangatlah membantu para ibu-ibu rumah tangga. Karena berkatnya, cucian mereka jadi cepat kering.

Dan masih banyak lagi manfaat sinar matahari lainnya..

2. Oksigen

Oksigen adalah unsur penting yang membuat kita bisa bertahan hidup. Oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam proses pernafasan dan menghasilkan energi.

Oksigen ini dihasilkan dari tumbuhan berkat adanya cahaya matahari. Daun hijau pada tumbuhan menyerap sinar matahari dan menghasilkan Oksigen.

3. Angin

Kalau merasa panas, angin yang berhembus sepoi-sepoi bisa menjadi solusi untuk menyegarkan badan. Kitapun tidak perlu menyalakan AC terus menerus dan bisa menghemat energi.

Angin sepoi-sepoi akan sangat mudah didapatkan dalam area yang dipenuhi oleh pepohonan hijau dan disana biasanya akan menjadi tempat favorit orang-orang untuk beristirahat.

4. Pupuk

Biasanya pupuk diperoleh dengan membeli kan? Tapi pupuk kompos bisa kita dapatkan gratis dengan memanfaatkan dedaunan kering yang ada dikebun atau sekitarnya.

Dengan sedikit kreativitas, yaitu mau mengolahnya, maka kita akan mendapatkan pupuk kompos gratis yang alami dan tanpa mengandung bahan kimia.

5. Air

Air merupakan unsur penting yang harus kita peroleh setiap hari. Tubuh kita membutuhkan air untuk bisa menjalankan fungsi-fungsinya, sehingga aktivitas kitapun menjadi lancar.

Jika kekurangan air maka tubuh akan bisa menderita dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan.

Air biasanya bersumber dari hutan dan akan dialirkan ke daerah yang lebih rendah lagi melalui sungai. Air bersih nan segar inilah yang bisa kita manfaatkan sehari-hari.

# Hutan dan pohonnya

Perlu diketahui bahwa hutan dan pohon-pohon yang ada didalamnya merupakan unsur penting yang sangat membantu kehidupan kita.

Mengapa, karena banyak hal yang bisa kita peroleh dari hutan.

A. Oksigen.

Oksigen bisa dihasilkan oleh dedaunan hijau di hutan dan hutan yang lebat merupakan penyerap karbondioksida yang baik.

B. Sumber air bersih

Pepohonan yang banyak membuat air bisa terserap ke dalam tanah dan akan banyak ada sumber air di hutan.

C. Bahan bangunan

Pohon-pohon yang sudah siap tebang bisa dimanfaatkan untuk membuat bangunan. Asalkan setelah ditebang, pohon baru ditanam lagi.

Inilah salah satu bentuk balas jasa kita kepada alam, yaitu menanam pohon baru agar hutan tetap lestari dan terus membantu kita untuk hidup sehari-hari.

D. Mencegah tanah longsor

Pohon-pohon yang ada di hutan membantu menahan tanah agar tidak longsor. Longsoran tanah tentu sangat berbahaya bagi warga yang hidup disekitarnya.

# Cara membalas dan membayarnya

Karena dapat gratis, bukan berarti kita bebas menggunakannya seenak hati dong. Sedikitnya kita lakukan upaya untuk mengucapkan terimakasih.

Kita saja kalau diberikan makanan ataupun benda lain yang sifatnya gratis, pasti akan mengucapkan terima kasih kepada yang memberikannya kan?

Kepada alampun kita harus melakukan yang sama, agar ia tetap memberikan servisnya yang terbaik bagi kita.

Salah satu caranya adalah dengan banyak-banyak menanam pohon. Baik itu dihutan ataupun lingkungan sekitar.

Kalau di rumah kita bisa menanam tanaman seperti bunga dan jika halamannya sangat luas, tanaman buah seperti mangga bisa ditanam juga.

Yang tak kalah penting adalah di hutan, penanaman pohon kembali harus sering dilakukan. Agar jumlah pohonnya tidak berkurang banyak dan tetap membantu kita dalam memberikan air dan juga oksigennya.

"Jadi, mari kita jaga alam agar tetap lestari dan juga tetap memberikan servis gratis selama-lamanya"




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment