Home » » Mengapa Anak-anak Harus Pergi ke Sekolah?

Mengapa Anak-anak Harus Pergi ke Sekolah?

School
School


Mendengar kata "Sekolah", pasti dalam pikiran kita adalah tempat belajar bagi anak-anak dengan teman-teman sebayanya. Rasanya seperti balik lagi ke jaman ketika masih duduk manis di kelas dan mendengarkan guru mengajar.

Ya, anak-anak memang harus ke sekolah untuk menuntut ilmu. Selain itu mereka juga bisa mendapatkan banyak manfaat lainnya jika dibanding hanya diam di rumah.

++Mengapa harus ke sekolah++

Bagi anda yang sudah merasakan atmosfer sekolahan, pasti sudah menyadari apa saja manfaat yang diperoleh. Dan untuk lebih mengingatkan kita lagi, berikut adalah beberapa alasan mengapa anak-anak harus pergi ke sekolah.

1. Mendapatkan pengetahuan

Tujuan utama dari bersekolah adalah untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru. Pengetahuan ini bisa diperoleh dengan membaca buku pelajaran, mendengar penjelasan guru atau bertanya kepada teman sekelas.

2. Lebih terfokus

Di sekolah anak-anak diajarkan untuk mengerti berbagai hal dan memang itu adalah tujuan sekolah sendiri. Jadi dengan datang kesini, mereka bisa mendapatkan arahan yang tepat agar lebih mengerti tentang berbagai materi.

Selain itu guru pun siap membantu mereka kalau menemui kesulitan. Apa yang menjadi rasa penasaran merekapun bisa dijawab oleh guru.

3. Di rumah orang tua sibuk

Kesibukan yang dijalani oleh para orang tua membuat mereka tidak bisa mengajari anak-anak secara tepat dan terarah.

Oleh karena itu, ke sekolah adalah tempat yang tepat untuk menimba ilmu dengan bimbingan dari para guru yang sudah menguasai materi.

Anakpun lebih mengerti berkat kemampuan para guru dalam menjelaskan setiap permasalahan yang dihadapi.

4. Belajar disiplin

Kalau sekolah mulai jam 8 pagi, ya jam 8 pagi sudah ada di kelas. Mereka akan berusaha berangkat lebih awal agar tidak terlambat.

Kalau terlambat mereka bisa mendapatkan teguran dan tentu merasa malu dibandingkan dengan teman-temannya yang sudah datang lebih awal.

Mereka jadi rajin bangun pagi dan tidak mau terlambat masuk kelas. Dalam hal ini mereka menjadi lebih disiplin dalam waktu.

5. Belajar tanggung jawab

Di sekolah juga diajarkan bagaimana setiap anak agar bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

Contoh kecilnya adalah tidak membuang sampah sembarangan. Sampah harus dibuang di tempatnya dan ini akan menciptakan lingkungan yang bersih.

Disini mereka belajar tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan juga melatih rasa tanggung jawab diri sendiri.

6. Menghormati teman yang lain

Disekolah semua murid adalah sama, tidak ada yang kaya dan miskin, tidak ada yang bos ataupun anak buah.

Jika saatnya mendapat giliran piket, mereka harus piket dan tidak peduli latar belakang keluarganya bagaimana.

Jadi disini mereka akan belajar untuk saling menghormati satu sama lain karena kedudukan mereka adalah sama.

7. Lebih banyak teman

Pergi ke sekolah akan membuat mereka mendapatkan lingkungan baru dan mau tidak mau pasti akan mengenal teman-teman sekelas dan sekolahnya.

Teman mereka pun akan bertambah dan ini bisa membuat mereka memiliki pergaulan yang lebih luas dan tidak hanya sebatas teman di komplek rumah.

8. Belajar bekerjasama

Mereka bisa belajar bekerjasama melalui proses belajar kelompok yang disuruh oleh guru. Disini mereka belajar bagaimana cara menyelesaikan suatu pekerjaan bersama-sama dan saling membantu.

++Kesimpulan++

Menuntut ilmu disekolah ternyata mempunyai banyak sekali manfaat positif bagi seorang anak. Berbagai hal bisa mereka peroleh bersama teman-temannya.

Tapi orang tua juga tidak boleh lepas tangan begitu saja. Ketika sudah di rumah, giliran orang tua yang mendidik anaknya masing-masing.

Misalnya dengan mengecek apakah ada tugas dari sekolah dan memastikan mereka sudah mengerjakannya sebelum waktu mengumpulkan.

Selain itu orang tua pun bisa mengajarkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mematikan lampu ketika sudah siang, membersihkan dan merapikan kamar, menyapu halaman dan sebagainya.

Kombinasi dari pendidikan sekolah dan rumah tentu akan bisa memberikan manfaat luar biasa kepada anak-anak kita kelak...



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment