Home » , » Smartphone Merespon Lambat Seperti Keong? Cari Tahu Disini

Smartphone Merespon Lambat Seperti Keong? Cari Tahu Disini

Loading
Loading
Buka satu aplikasi saja lamanya bukan main, belum lagi buka pesan pada BBM, LINE dan sebagainya. Wah bisa ditinggal bikin kopi dulu ini. Setelah selesai buat kopi dan bahkan sudah mencuci gelasnya, aplikasi belum kebuka juga.. Haahhh...

Senang kan kalau menghadapi situasi seperti itu? Hehehehe.. Yang ada malah kesel, mangkel, dongkol, tongkol dan lainnya. Nah jika sudah memiliki smartphone yang seperti itu dan belum bisa membeli yang baru dengan spek lebih gahar, coba deh cara dibawah ini.

[Harus merelakan diri dulu]

Disini kita sebagai pemilik smartphone yang sudah merespon lambat, harus bisa merelakan diri dulu. Merelakan diri untuk menghapus beberapa aplikasi yang dirasa kurang begitu penting dan tetap menggunakan aplikasi yang paling sering dipakai.

Jika keong yang sudah berjalan lambat ini kembali diberi beban yang lebih lagi maka iapun akan semakin berjalan lambat dan lebih lambat lagi. Bukan tidak mungkin ia akan tidak bisa bergerak sama sekali alias "hang/eror".

Jadi segeralah tentukan aplikasi mana yang harus segera diberi ucapan selamat tinggal dan aplikasi mana yang masih harus disayang. Dengan begitu, smartphone kitapun akan bisa lebih ringan sehingga loadingnya bisa berjalan cepat.

[Ini pengalaman saya]

Saya memiliki smartphone yang sudah agak lama dan dijamannya merupakan smartphone yang keren dan oke. Tapi sekarang saya harus bijak mengelola aplikasi yang ada di dalamnya dan tidak boleh sesuka hati mendownload-download saja.

Apalagi jika aplikasi tersebut sering diupdate, maka ukurannya akan semakin bertambah dan membuat RAM smartphone bekerja lebih berat lagi. Hal ini juga sangat mempengaruhi cepat tidaknya smartphone membuka aplikasi.

Berikut adalah beberapa hal yang saya lakukan sehingga performa smartphone menjadi lebih oke dan ringan lagi :

1. Menginstal satu aplikasi chatting

Sebelumnya saya mengintasl 3 aplikasi chatting sekaligus dan semuanya berjalan baik dan lancar. Proses membuka masih dalam batas toleransi dan nyaman dipakai pokoknya. Tapi ketika saya sering update aplikasinya, masalah mulai muncul.

Ketika mengupdate aplikasi, ukurannya bertambah dan ini hasilnya membebani RAM. Ketika ada pesan masuk dan akan dibuka, wuihhh.. lama sekali sampai muncul. Hati menjadi riang bukan kepalang melihat situasi seperti ini.

Akhirnya sayapun memutuskan untuk segera menghapus dua aplikasi chatting dan hanya memakai satu saja. Dan hasilnya sangat lumayan, smartphone merespon dengan baik lagi sekarang.

2. Jangan sering update aplikasi

Ketika sudah tahu bahwa aplikasi yang diupdate akan membuat smartphone bertambah berat, maka saya tidak pernah mengupdate aplikasi baik yang sudah didapat ketika pertama kali membeli smartphone ataupun aplikasi yang diinstal sendiri.

Cara ini lumayan juga untuk membuat performa smartphone tetap memuaskan dan tidak membuat hati gundah gelisah akibat aplikasi yang lama proses membukanya.

3. Aplikasi lain jangan banyak-banyak

Aplikasi chatting sudah cukup satu dan aplikasi lainpun jangan banyak-banyak. Contoh kasusnya adalah diri saya sendiri yang dulu bisa menginstal banyak aplikasi di smartphone dan sekarang tidak bisa lagi.

Kurangi aplikasi game atau yang lainnya, cukup aplikasi yang penting dan sering dipakai. Tahan diri untuk menginstal banyak aplikasi.

Sekarang aplikasi yang saya instal sendiri cuma ada tiga saja, satu aplikasi chatting, satu browser operamini yang hemat dan aplikasi blogger karena saya senang menulis dimanapun dan kapapun tanpa perlu membawa laptop kemana-mana.

4. Jangan bebani memori dengan data yang banyak

Data yang sudah tidak dibutuhkan lagi sebaiknya dihapus saja, misalnya foto, lagu dan video. Ini akan membantu kinerja smartphone tetap prima dan moncer.

[Akan terus berulang]

Keadaan smartphone yang lambat seperti keong ini akan terus kita alami sepanjang masih memakai smartphone. Mengapa?

1. Aplikasi bertambah besar ukurannya

Aplikasi terus diupdate setiap hari oleh para pengembang dan ini membuat ukurannya semakin besar dan jika tidak menggunakan spek yang lebih besar lagi, maka smartphone akan merespon dengan sangat lambat.

2. Spek smartphone yang digunakan tetap

Aplikasi bertambah ukurannya terus sedangkan spek smartphone kita tetap, maka pasti kita akan mengalami kejadian smartphone lambat. Jadi bijaklah menginstal aplikasi kalau smartphone sudah agak lama.

[Solusinya]

Diatas sudah ada beberapa solusi untuk tetap membuat smartphone kencang, yaitu dengan membatasi jumlah aplikasi dan data yang ada pada smartphone. Untuk solusi yang lainnya adalah dengan membeli smartphone baru dengan spek lebih gahar lagi.

Itu asalkan kita punya bugdet yang cukup dulu ya. Tapi sekarang smartphone harganya sudah agak murah dibandingkan dulu. Dengan harga miring bisa mendapatkan smartphone dengan spek oke dan mantap. Jadi pilihan ditangan anda sekarang.



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment