Home » , » Yuk Kita Intip Sifat Unik Air

Yuk Kita Intip Sifat Unik Air

Air
Air
Air adalah salah satu benda yang sangat kita butuhkan sehari-hari. Mulai dari minum, mandi, mencuci, masak, menyiram dan lainnya. Kalau tidak ada air, bisa dibayangkan bagaimana hidup ini, pasti susah sekali ya..

Sering kan kita lihat bagaimana perjuangan orang-orang untuk mendapatkan air bersih, ada yang rela menunggu antrean sangat panjang dan bahkan berjalan berkilo-kilo demi air. Begitu pentingnya manfaat air bagi manusia.

[Sifat uniknya]

Setelah mengetahui beberapa manfaat air bagi kehidupan kita, sekarang coba kita ulik lagi bagaimana sifat-sifat air yang tidak akan bisa ditemukan pada zat lainnya. Yuk, mari kita lihat :

#1. Permukaannya tetap datar

Seberapa keras apapun usaha anda untuk membuat permukaan air miring, tidak akan pernah terjadi. Air ternyata sangat keras pendiriannya, sekali datar ya harus tetap datar, tidak akan mau miring dia, hehe..

Coba deh taruh air dan langung di buang lagi. Eh jangan dituruti, bukan seperti itu.. Taruh air dalam gelas kemudian coba miringkan gelasnya, apakah air akan mengikuti gelas yang miring. Ga mungkin. Air tetap akan datar.

#2. Tidak bisa digenggam

Air tidak akan pernah bisa anda genggam seberapa rapatpun tangan anda. Ia hanya akan mengalir keluar dari sela-sela jari dan jatuh begitu saja. Mau mencoba untuk menggenggam air? Anda bisa melakukannya jika benar-benar punya waktu luang yang banyak..

#3. Tidak bisa dimampatkan

Mampatkan disini maksudnya dipaksakan untuk diisi dan diisi lagi walaupun wadahnya sudah penuh. Anda tidak bisa melakukan ini seperti menginjak sampah pada keranjang sampah agar ada tempat kosong lagi di atasnya untuk menaruh sampah berikutnya.

#4. Melarutkan benda lain

Air bisa melarutkan beberapa jenis benda seperti gula dan garam. Gula atau garam akan hilang ketika di aduk dalam air dan tidak bisa kita lihat lagi butir-butirnya. Gula dan garam menyatu/larut dalam air.

***********************

[Sering dilihat dan tidak disadari]

Beberapa sifat air di atas mungkin sering kita lihat tapi tidak disadari. Mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini, anda semua semakin mengenal air dan sifat-sifatnya. Dan mari kita gunakan air secara bijak agar bisa terus tersedia selama-lamanya dan memudahkan hidup kita..



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment