Alternatif Menyenangkan Mengisi Liburan Panjang

Liburan mungkin artinya identik dengan hari bersantai dan berleha-leha di rumah. Atau mungkin juga bisa diisi dengan bepergian ke tempat wisata dan menghabiskan beberapa hari disana. Kalau liburan semacam ini, tentu anda harus menyiapkan dana untuk membiayai berbagai aktivitas di tempat tujuan.

Betul tak?


Jika anda tidak ingin menghabiskan banyak uang dalam liburan serta tidak ingin waktunya hanya dihabiskan untuk bersantai, cara mengisi liburan yang satu ini bisa anda coba.

Tentunya ada beberapa manfaat  positif yang bisa diraih.

Apa itu?

Anda bisa mencoba "berkebun" di halaman rumah yang masing nganggur. Atau jika kebetulan ada tanah saudara atau teman yang tidak dipakai, anda bisa meminta ijin terlebih dahulu untuk menggunakan tanah tersebut. Kemudian jika ijin sudah keluar, barulan anda bisa memulai untuk mengolah tanah itu.

Saatnya beraksi..

Tanaman yang bisa ditanam antara lain seperti pepaya, cabai, singkong, pisang dan tanaman yang bisa berbuah dengan jangka waktu yang tidak lama. Lain halnya jikan menanam mangga atau rambutan, maka menunggu hasil panen bakal membosankan.

Bumbu-bumbu dapur seperti kunyit, jahe, lengkuas dan lainnya pun bisa untuk ditanam.

Jika sudah panen, maka bisa digunakan sendiri untuk memasak. Hemat pengeluaran tentunya. Dan jika hasilnya berlebih, anda bisa menjualnya dan mendapatkan uang hasil dari jerih payah.

Nah lho, keren kan?

Berikut bisa disimpulkan beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari menghabiskan liburan dengan berkebun.

(1) Hasilnya bisa dinikmati sendiri dan mengurangi pengeluaran

Jika tanaman sudah menghasilkan, buah atau umbinya bisa anda gunakan sendiri untuk memasak. Pengeluaran dapur pun bisa dipangkas dan tabungan anda bisa bertambah.

(2) Bisa berolahraga

Ketika anda menanam tanaman tersebut, maka anda juga sedang berolahraga. Tubuh banyak bergerak dan keringatpun keluar. Mulai dari mencangkul, membersihkan lahan dari rumput, membuat lubang untuk tanaman adalah aktivitas fisik yang membuat badan bersimbah peluh.

(3) Mendatangkan penghasilan tambahan

Jika apa yang anda tanam dalam jumlah banyak dan menghasilkan lebih, maka sisanya bisa dijual dan akan mendatangkan uang.

Asyik...

Lumayan kan daripada liburan hanya dihabiskan untuk bengong dan tiduran. Ketika yang lain menghabiskan uang untuk liburan, maka anda mendatangkan uang ketika liburan.

Mantap..

Tapi tentunya jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga tanaman agar tetap sehat dan bisa menghasilkan dengan banyak. Jika sudah agak kering, anda bisa menyiramnya dan memberi pupuk agar semakin subur. Pupuk pun bisa menggunakan pupuk organik yang harganya murah atau anda buat sendiri.

Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba berkebun untuk mengisi liburan panjang yang akan datang. Liburan menjadi tambah berkesan dan andapun tidak akan merasa bosan dengan waktu luang yang lama ini.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk berkebun?

Post a Comment for "Alternatif Menyenangkan Mengisi Liburan Panjang"