Menjadi Pintar Karena Semangat Belajar

Pintar..
Bukanlah sesuatu yang diperoleh berdasarkan keturunan, tapi diperoleh dengan usaha dan juga kerja keras.




Dan satu-satunya cara untuk menjadi pintar adalah dengan bermain-main, dengan bacaan tentunya..

Belajar tidak mesti harus duduk di bangku dan buku diatas meja, belajar bisa dilakukan dimanapun yang anda suka.

Apalagi sekarang sudah ada smartphone dan tablet yang memudahkan kita mengakses berbagai informasi dengan cepat dan mudah.

Super gampang..

Belajar saja belum cukup untuk menjadi pintar, belajar dengan semangat dan pantang menyerah akan membuat kita semakin cepat mengerti dengan apa yang sedang dipelajari.

Yes..,
Semangat dan menyukai proses belajar akan membuat kita cepat mengerti dan bisa menjadi pintar.
Ini terjadi pada satu murid saya.
Ia kelas 10 SMA ketika pertama kali saya jumpai. Dan ia ingin belajar fokus dengan matematika.

Mengapa??

Karena ia sangat berbakat dalam hal membaca soalnya saja tanpa pernah tahu langkah apa yang dilakukan untuk menjawabnya.

Betul..
Saya kasihan melihat si anak yang beruntung ini.. Beruntung karena bertemu dengan saya..
😁

Dia bingung dengan apa yang dipelajari dan terlihat sangat tertekan. Saya mencoba membantunya memahami pelajaran tersebut pelan-pelan.

Tujuannya agar ia sedikit mengerti dengan apa yang dipelajari.

Pelan-pelan..

Saya jelaskan konsep materi dan sedikit demi sedikit ia mulai paham. Dan yang paling saya kagum adalah semangatnya belajar.

Ia tidak menyerah sama sekali walaupun sedang dilanda kebingungan dan tekanan.

Inilah yang coba saya jelaskan kepadanya, bahwa semangatnya akan membawanya kepada keberhasilan.

Disetiap pertemuan berikutnya, ia datang ke kelas dengan senyum dan semangat besar.

Setiap kali saya menjelaskan, perhatiannya tajam dengan apa yang disampaikan. Jika tidak mengerti ia pun akan langsung bertanya.

Soal-soal yang ada dikerjakannya dengan semangat dan perlahan saya mulai merasakan peningkatan dalam penguasaan matematika dalam diri murid ini.

Begitulah setiap hari,

Ia terus semangat dalam belajar dan tak kenal lelah. Bahkan di rumah ia tidak mau pergi kemanapun sebelum apa yang dipelajarinya selesai.


Puncaknya terjadi ketika ia menghadapi Ujian Nasional SMA 


Semenjak 6 bulan sebelum UN, ia terus belajar dengan saya dan tanggung jawabnya sebagai siswa sangatlah besar.

Ia sama sekali tidak mau membuang-buang waktu yang tersedia dan hanya dimanfaatkan untuk belajar dan belajar.

Keren abis dah..
Hasilnyapun membuat saya bangga, karena ia berhasil mendapatkan nilai yang bagus dan akhirnya lulus UN.

Iapun senang atas pencapaiannya itu dan tidak menyangka hanya dengan menjadi lebih semangat bisa meraih hasil yang memuaskan.


Andapun bisa!!

Itulah pengalaman saya sendiri dalam melihat bagaimana semangat besar bisa menjadi senjata mematikan yang meluluhlantahkan ketidaktahuan dan kebingungan.

Jadi..
Jika para pembaca sekalian sekarang masih dalam tahapan belajar dan menempuh pendidikan di sekolah ataupun kampus, tetaplah semangat belajar agar bisa mendapatkan hasil yang luar biasa.

Tidak ada sesuatu yang besar bisa diperoleh tanpa kerja keras dan usaha pantang menyerah...

Salam semangat...

Baca juga ya :

Post a Comment for "Menjadi Pintar Karena Semangat Belajar"