Home » » Ciri Pecahan Biasa yang Bisa Diubah Menjadi Pecahan Campuran

Ciri Pecahan Biasa yang Bisa Diubah Menjadi Pecahan Campuran

Sebelum mengubah suatu pecahan biasa menjadi pecahan campuran, ada baiknya diperhatikan dulu pecahan biasa seperti apa yang bisa diubah. Syarat pecahan itu sangatlah mudah, coba perhatikan pecahan dibawah ini.

pecahan
pecahan
Pada gambar diatas ada dua jenis pecahan, yang pertama adalah pecahan biasa dan yang kedua adalah pecahan campuran. Pecahan biasa hanya terdiri dari dua komponen yaitu pembilang dan penyebut. Sedangkan pecahan campuran terdiri dari tiga komponen : pembilang, penyebut dan satu bilangan pengali. Bilangan pengalinya terletak di depan (lihat gambar pecahan campuran).

Terus kapan kita bisa mengubah suatu pecahan biasa menjadi pecahan campuran? Ok, perhatikan lagi contoh dibawah ini.

pecahan campuran
pecahan campuran
Pecahan biasa 8/5 diubah menjadi pecahan campuran. Untuk mendapatkan pecahan campuran, 8 dibagi dengan 5 dahulu. Hasilnya adalah bilangan desimal, tetapi yang kita pakai adalah bilangan bulatnya saja yaitu 1. Kemudian angka 1 ini kita letakkan paling depan. Untuk penyebut angkanya tetap seperti pecahan biasa yaitu 5. Kalikan 5 dengan 1 dan menghasilkan 5. Untuk menjadi 8, maka 5 harus ditambahkan dengan 3 dan 3 ini diletakkan sebagai pembilang. Sehingga dihasilkanlah pecahan campuran.

Untuk menentukan suatu pecahan biasa bisa diubah menjadi pecahan campuran, maka pembilang (bilangan paling atas, dalam contoh diatas adalah angka 8) haruslah lebih besar dari penyebutnya. Contoh pecahan yang bisa diubah menjadi pecahan campuran :

contoh pecahan
contoh pecahan 
Ok, itulah ciri pecahan biasa yang bisa diubah menjadi pecahan campuran. Semoga bermanfaat ya..

Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment