Home » » Mengapa Piring dan Perabotan Harus Cepat Dicuci?

Mengapa Piring dan Perabotan Harus Cepat Dicuci?

Piring, gelas, sendok, penggorengan, panci dan lainnya adalah perabotan dapur yang selalu digunakan setiap hari. Perabotan ini harus disimpan dengan baik dan bersih agar tahan lama dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.


Bau menohok hidung adalah hal paling sering terjadi jika kita tidak sigap dalam mengelola perabotan ini. Kalau sudah bau, datanglah kerumunan makhluk-makhluk kecil nan menyebalkan seperti lalat dan tidak ketinggalan tikus.

Hiii...

Untuk itulah setiap selesai memakai barang-barang tersebut, harus cepat dimandikan dengan sabun dan disimpan pada tempatnya.


Alasan lain mengapa piring dan perabotan lainnya harus cepat dicuci adalah :

1. Tidak lengket

Misalnya sehabis makan dan piring dibiarkan atau tidak langsung dicuci. Ini akan membuat sisa-sisa nasi menjadi keras serta sangat lengket dipiring, ketika dicuci pun susah dibersihkan. Makanya setiap habis memakai piring langsung dicuci biar mudah dibersihkan.

2. Mengundang hewan

Sehabis minum teh atau kopi, gelas tetap dibiarkan dimeja dan dalam waktu singkat gelas akan diserang oleh segerombolan semut yang datangnya entah dari mana. Mencuci gelas segera sehabis dipakai bisa mengurangi serbuan hewan.

Kalau piring sisa makanan biasanya yang datang adalah lalat yang juga membawa kuman penyakit.

Gara-gara teledor sedikit saja, kita sudah mengundang penyakit untuk datang. Penyakit ini datang dari lalat yang membawa kuman-kuman kotor perusak kesehatan tubuh. Perabotan yang bersih tidak akan dihiraukan lalat dan inilah yang harus tetap dijaga.

3. Pemandangan indah

Tumpukan piring kotor dan perabotan lainnya sangatlah mengganggu pemandangan. Maka segeralah cuci perabotan tersebut agar tidak menimbulkan kesan tidak baik bagi orang yang melihatnya.

Ketika semuanya sudah bersih dan dipajang dengan rapi pada rak, kesan dapur yang indah pun melintas dipikiran. Siapa yang tidak senang dengan dapur rapi dan kece? Orang lain yang berkunjung pun akan senang melihat kebersihan di rumah kita.


4. Selalu memakai perabotan yang kering dan bersih

Perabotan yang sudah dipakai dan langsung dicuci dengan bersih akan kering setelah beberapa saat. Kemudian ketika kita akan memakainya lagi, piring atau gelasnya sudah siap melayani. Rasa nyaman pun ada dihati.

Bayangkan kalau setelah memakai piring dan gelas tidak dicuci, kemudian ketika akan makan baru mencucinya. Perabotan ini masih basah dan langsung digunakan untuk makan lagi, rasanya gimana gitu melihat perabotan seperti ini.

Perasaan kurang "sreg" dihati muncul, jadi kurang niat makan ketika melihat perabotan yang baru dicuci langsung digunakan untuk bersantap, walaupun sudah dikeringkan dengan serbet. Ia kalau serbetnya bersih, hii..

Kesimpulan

Mencuci perabotan yang habis dipakai juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dirumah. Dan bagi para anak-anak atau suami, kalau ibu sedang sibuk memasak dan perabotan banyak yang harus dicuci, bantulah ibu mencucinya.

Ibu pun akan senang melihat anak atau suaminya yang rajin, serta telah membuat beban pekerjaannya menjadi lebih ringan.


Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete