Home » » Bekerja Dalam Tim Itu Lebih Baik

Bekerja Dalam Tim Itu Lebih Baik

Kita sering disuruh untuk mengerjakan tugas secara berkelompok oleh guru ketika masih sekolah dan ketika bekerja pun kita masih sering bekerja dalam tim. Kenapa harus dalam tim? Alasanya adalah sebagai berikut : 

(1) Beban lebih sedikit
Ketika mengerjakan suatu tugas dalam tim, tugas itu akan dibagi-bagikan ke setiap anggota sesusai dengan keahliannya. Ini tentu akan membuat tugas setiap anggota semakin mudah dan tidak terlalu berat. Bayangkan jika semua harus dikerjakan sendiri, repot sekali bukan?

(2) Waktunya lebih singkat
Ketika semua anggota tim bekerja dengan baik maka proses penyelesaian tugas menjadi semakin cepat.

(3) Ide kreatif banyak muncul
Misalnya ketika ada suatu masalah yang muncul, maka kita bisa mendapatkan banyak saran dan ide kreatif dari masing-masing anggota. Setelah itu barulah dipilih ide terbaik, efektif dan tidak memakan banyak biaya. Masalah menjadi cepat selesai dan tugas bisa dilanjutkan lagi.

(4) Penyebaran pengetahuan
Misalnya Si A ahli dalam komputer dan ketika bergabung dengannya dalam satu tim, anggota yang lain juga bisa mempelajari komputer sedikit-sedikit dari A. Kemudian Si B ahli dalam akuntansi, yang lain juga bisa mengenal akuntansi dari Si B. Disini juga ada proses pembelajaran bagi anggota yang lain. Kerja kelompok bagi anak sekolah juga sangat bagus sekali, dimana teman yang lebih pintar bisa mengajarkan teman yang lain untuk mengerti persoalan yang mereka hadapi.

Yang penting dalam kerja tim adalah setiap anggota harus mau bekerja sama dengan baik dan tidak ada yang berusaha untuk menonjol. Ini hanya akan menyebabkan anggota yang lain menjadi kurang simpati terhadapnya. Setiap anggota hendaknya mengerjakan tugasnya masing-masing dengan baik dan juga membantu anggota lain ketika sedang kesulitan dengan tugasnya. Kalau sudah begini, maka tugas tim bisa diselesaikan dengan baik.


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment