Anak Saya Menangis Terus dan Susah Menenangkannya

Tiba-tiba anak kami yang bernama Satya menangis  keras dan sangat susah untuk ditenangkan. Dikasi susu tidak mau, mainan juga tidak mau dan dia tetap menangis dengan keras. Tidak mau digendong ataupun dirayu..

Kami pun kebingungan karena tumben Satya seperti itu, panik pun menyerang..


Biasanya kalau dia menangis trus dikasi susu, langsung tenang dan tertidur. Kali ini tidak bisa, cara tersebut tidak mempan. Otakpun berputar mencari cara bagaimana bisa meredakan kicauannya yang membuat pusing kepala.

Diajak naik motor

Di siang hari itu akhirnya istri mendapatkan ide, ia menyuruh saya menghidupkan motor dan mengajak Satya jalan-jalan. Si kecil sangat senang naik motor, memang belum bisa duduk sendiri dan harus digendong. Tapi kalau sudah tahu motor bergerak, ia sangat senang.

Dia tetap menangis ketika mau naik ke motor dan ketika motor sudah dijalankan benar saja Satya mulai tenang. Saya ajak berkeliling disekitar rumah dan tidak lama kemudian Satya tertidur. Yeee.. dia sudah bermimpi rupanya.

Mungkin saking ngantuknya dia nangis seperti itu dan kami pun langsung balik lagi ke rumah. Setelah dibaringkan, enak sekali tidurnya dan perlu waktu dua jam sampai ia berhasil membuka matanya lagi.

Ternyata Satya harus diajak jalan-jalan dulu sebelum mau tidur :) Mungkin dia bosan tinggal di rumah terus, sehingga minta diajak jalan-jalan sebelum tidur..

Namanya anak kecil, kalau mau minta sesuatu itu belum bisa, jadi harus diungkapkan dengan tangisan. Kalau keinginannya tidak terkabulkan, jeritannya semakin dikencangkan dan ini membuat saya sedikit paham bagaimana komunikasi dengan si kecil terbangun.

Setiap hari selalu bersama dan ini membuat saya dan istri mengerti tingkah polah seorang bayi. Biasanya kalau menangis palingan lapar dan ASI lah obatnya. Iapun langsung tenang dan sesaat kemudian langsung terlelap dengan lucunya.

Jika ASI tidak mempan untuk menenangkannya, harus dilakukan cara tambahan lain. Kalau saya tak gendong kesana kemari disekitar rumah atau diajak jalan-jalan bareng istri naik motor.

Ketika ingin mengajak si kecil naik motor, saya harus mengajak istri biar lebih aman. Dialah yang bertugas menjaga si kecil dan saya bertugas mengontrol laju motor. Dan sampai sekarang hobinya memang naik motor.. :)

Setiap anak pasti punya kesenangan masing-masing dan inilah yang bisa kita pelajari. Ketika mereka menangis tidak karu-karuan, bisa dicoba dengan kesenangan itu. Biasanya sih berhasil dan tawa lucunya langsung hadir lagi.


Baca juga :

Post a Comment for "Anak Saya Menangis Terus dan Susah Menenangkannya"