Home » , » Mengapa Motor Dengan Ban Kempes Lebih Berat di Dorong??

Mengapa Motor Dengan Ban Kempes Lebih Berat di Dorong??

Pernah kan mengalami suatu kejadian ban motor tiba-tiba kempes karena bocor? Kalau sudah begini terpaksa dah motor dituntun. Menuntun motor yang ban-nya kempes ternyata lebih berat dibandingkan dengan menuntun motor dengan kondisi ban normal. Kok bisa ya? Apa sih yang menyebabkannya?

Artikel ini akan mencoba memberikan alasan mengapa ban kempes membuat motor lebih berat di dorong. Langsung saja ya..

(1) Ban kempes memiliki gesekan lebih besar dengan jalan


Garis biru mendatar merupakan jalan dan diatasnya ada dua buah ban dengan kondisi berbeda. Untuk ban kempes, roda menjadi lebih lebar ketika bersentuhan dengan jalan. Sedangkan ban normal memiliki area sentuh yang jauh lebih sedikit dibanding ban kempes. Semakin besar permukaan ban yang menyentuh jalan maka akan membuat gaya gesek (antara ban dan jalan) menjadi lebih besar. Inilah yang membuat motor menjadi lebih berat ketika di dorong dengan kondisi ban kempes.

(2) Angin memberi gaya angkat

Coba lihat balon. Ketika balon tidak ditiup, balon ini tergeletak begitu saja dan tidak terbang. Kemudian tiuplah balon dan seketika balon menjadi lebih ringan dan ingin terbang. Massa jenis udara jauh lebih kecil dari massa jenis balon. Udara ini ingin selalu berada diatas dan tidak mau ada dibawah. Oleh karena itu, udara dalam balon selalu berusaha untuk ada diatas dan itulah yang membuat balon terbang dan lebih ringan.

Hal yang sama berlaku untuk ban yang penuh dengan udara (ban normal). Ban ini seakan memiliki daya angkat akibat adanya udara dalam ban tersebut, sehingga motor lebih mudah didorong karena lebih ringan. Kalau ban kempes, tidak ada angin di dalamnya yang membuat ban menjadi lebih ringan.


Itulah yang membuat motor dengan ban kempes menjadi lebih berat didorong dibandingkan motor dengan kondisi ban normal.

Kalau anda punya ide lain, silahkan tuliskan ide anda di kolom komentar dibawah. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan kita ya..


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment