Home » , » Wow.. Harga Satu Ban Truk Tambang Rp.150 juta

Wow.. Harga Satu Ban Truk Tambang Rp.150 juta

Industri pertambangan memang merupakan industri yang sangat mahal. Bayangkan saja berbagai peralatan diperlukan untuk proses kegiatannya, sangat banyak dan rumit. Salah satu contoh saja yaitu haul truck, yaitu truk yang digunakan untuk mengangkut bebatuan tambang.

sumber : pixabay

Harga dari satu ban truk itu mencapai Rp. 150 juta, bahkan ada yang senilai $42.000. Wow, jumlah yang luar biasa kan? Harga satu ban itu jika dipakai untuk beli mobil baru tentu bisa dong..

Kemudian yang lebih menarik lagi adalah satu ban inipun umur pakainya hanya 3 bulan dan bisa juga hanya dipakai selama sebulan. Tergantung areal kerja dan beban yang harus diangkut.

Nah lho..



Ada satu pertanyaan lagi

Kalau satu ban saja harganya ratusan juta, apakah para pembaca tidak tertarik untuk melontarkan satu pertanyaan penting lagi? Berapa ya harga dari kendaraan raksasa ini?

Sebelum masuk ke sana, saya ingin memberikan detil mengapa kendaraan ini pantas disebut raksasa, tentu saja karena ukurannya yang besar. Nah, mari kita cek ukuran dari kendaraan ini,  pastinya luar biasa.
  • tinggi 7 meter-an
  • panjang 14 meter.
Sudah terjawab kan mengapa disebut raksasa?

Masih ada lagi lho kemampuan dahsyat dari truk ini, yaitu mampu mengangkut beban seberat 350 ton sekali jalan. Atau dalam kilogram sekitar 350.000 kilogram (sumber : widodogroho.com).

Ok, sekarang masuk ke pertanyaan yang tadi belum terjawab, yaitu harga satu unitnya. Masih dikutip dari sumber yang sama, per biji kendaraan ini dihargai sebesar Rp. 100 milyar.

Wuih....

Jadi terjawab sudah ya mengapa industri tambang ini sangat mahal biaya dan modalnya. Satu kendaraan operasionalnya saja mencapai 100 milyar, belum setiap tiga bulan harus mengganti satu ban yang harganya berkisar 150 juta sampai 400-an juta.

Lalu, satu haul truk ini menggunakan 6 buah ban. Coba hitung berapa ongkosnya!! Itu baru dari sebiji kendaraan, bagaimana dengan puluhan truk dan alat-alat pendukung lain.

Dan di Indonesia, hasil tambang adalah salah satu komoditas yang sangat mendukung ekspor, contohnya seperti batubara dan juga emas. Indonesia kaya banget lho..

Referensi :

  • http://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/2188101/satu-ban-truk-tambang-seharga-mobil-avanza?f9911023=
  • http://www.widodogroho.com/2016/08/mengenal-haul-truck-caterpillar-797.html


Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



3 comments: