Belajar Lebih Menyenangkan Jika Mengerti

Pekerjaan sebagai guru les bagi murid-murid memberikan kesan menarik dan menyenangkan bagi saya. Berbagai jenis murid dengan berbagai jenis kemampuan dan kepintaran saya temukan, ada yang cepat belajar dan ada juga yang agak lambat dalam menyerap materi.



Ternyata, ketika saya berhasil membuat seorang murid mengerti akan konsep suatu pelajaran, misalnya matematika, ia malah akan semakin bersemangat dalam belajar dan selalu minta soal lebih dan lebih.

Keren...


Ia menjadi semakin tertantang dalam belajar matematika, semangatnya sangat berbeda ketika ia belum mengerti dengan konsepnya. Jadi menurut saya belajar akan semakin menyenangkan ketika murid mengerti dengan konsep materinya.

Untuk membuat murid mengerti dengan konsep suatu materi, ada beberapa hal yang perlu saya lakukan, antara lain :

(1) Kreatif

Dalam mengajar tidak hanya menyajikan satu cara dalam pemecahan soal, saya berikan beberapa alternatif penyelesaian, dengan contoh yang berbeda tetapi menghasilkan jawaban yang sama. Ini akan semakin memperkaya pengetahuan murid dalam menjawab soal.

(2) Humoris

Mengajar juga perlu dengan hal-hal lucu dan yang membuat tertawa, tidak hanya berkutat dengan pelajaran dan soal. Kalau sudah begini takutnya murid menjadi bosan dan kehilangan keinginan belajar.

Menyelipkan lelucon ringan atau dengan menanyakan film yang mereka sukai, alihkan sebentar dari materi pelajaran agar pikiran murid tersegarkan.

(3) Penuh senyum

Tersenyum membuat saya menjadi lebih senang dalam mengajar dan muridpun akan menjadi lebih bersemangat belajar. Coba kalau kita diajar sama guru yang tidak pernah tersenyum dan terlihat galak, apakah anda bersemangat? hehehehe...

(4) Belajar dan terus belajar

Guru juga harus belajar dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan. Ini akan sangat bermanfaat bagi guru karena dalam memberikan materi pelajaran menjadi lebih variatif, tidak itu-itu saja. Kaitkan dengan hal sehari-hari, maka belajar menjadi lebih menarik.

Cocok untuk orang tua

Model pembelajaran seperti ini juga cocok diterapkan untuk para orang tua yang berkomitmen untuk mengajar sendiri anaknya di rumah. Cara-cara yang lebih kreatif dan diluar pakem yang kaku sangat menyenangkan bagi anak.

Ketika anak dihadapkan dengan cara atau metode baru yang lebih mudah dan singkat, ketertarikan mereka akan pelajaran tiba-tiba menjadi lebih besar.

Silahkan deh dicoba..



Baca juga :

Post a Comment for "Belajar Lebih Menyenangkan Jika Mengerti"