Home » » Mengapa Roda Bentuknya Bulat??

Mengapa Roda Bentuknya Bulat??


Sejak pertama kali melihat dan mengenal roda, bentuknya sudah bulat dan saya tidak pernah melihat bentuk kotak, pentagon dan bahkan segitiga, :)


Dari sekian banyak bentuk geometri, kenapa para ahli pilih kasih hanya mengambil bentuk yang bundar saja ya?

Tidakkah mereka memikirkan perasaan kotak, segitiga dan jajargenjang?
Eh maaf, kok malah jadi ngelantur... :)

Baca juga :


Mengapa harus bundar?

Bundar ya, bukan bulat..

Saya sudah kadung menulis judulnya seperti itu dari awal dan sekarang akan tidak pernah saya hapus. Mengapa?

Mau tahu saja ya.. Itu rahasia..

Ok, balik lagi ke bentuk bundar dari roda. Mengapa ia dipilih dari sekian banyak pilihan dan apa alasan dibaliknya?

Mari kita lihat gambar dibawah ini. Disana sudah ada tiga contoh bangun yang lebih dari cukup untuk menunjukkan kalau roda itu harus bundar.






Bentuk bulat tidak mempunyai sudut


Bisa dilihat pada gambar di atas. 

Yang A adalah bentuk kotak. Sudutnya sangat tajam-tajam dan ini sangat menyusahkan bagi kotak untuk diputar. 

Sudut tajam ketika dicoba untuk diputar, ujungnya seperti menancap pada bidang gerak. 

Ini tentu memerlukan tenaga besar untuk memutarnya dan yang paling parah adalah jalan dari kotak tentu tidak mulus. 

Rasanya seperti berkendara dijalan yang penuh bebatuan. 
Parah banget...

Begitu juga dengan decagon (segi sepuluh) pada gambar B. 

Walaupun bentuknya yang menyerupai bundaran, tetap saja masih ada sudutnya dan masih memerlukan energy besar untuk memutarnya. 

Kalau bentuknya bundar, maka tidak ada sudut lagi yang menghalangi pergerakan roda. 

Roda berjalan lancar, wuuusssss…………….




Bidang gesek kecil


Apa itu bidang gesek?

Jawab : Bidang gesek adalah area atau daerah yang menyentuh tanah secara langsung.


Bidang gesek kotak terhadap tanah atau lantai sangatlah besar dan memerlukan energy lebih untuk memutarnya. 

Bahkan mungkin tidak akan bisa diputar, karena ketika di dorong atau ditarik bentuk kotak hanya akan terseret saja.

Jika bentuk roda kotak, bisa dibayangkan bagaimana kerja mesin motor anda untuk menggerakkannya.. 

Wuih…, 
Pasti capek banget itu mesin. 

Kemudian bentuk decagon juga mempunyai bentuk gesek yang besar walaupun lebih kecil dari kotak. 

Walaupun masih bisa diputar ketika digerakkan, tetap saja bidang gesek terhadap tanah itu masih besar.

Yang paling baik adalah bundar. 

Bidang geseknya sangat kecil sekali dan sangat memudahkan kerja mesin untuk memutarnya. Roda akan menggelinding dengan mulus tanpa perlu ada seret-seretan lagi.

Jelas ya..

Jadi para ahli tidak cuma memperhatikan perasaan bentuk bangun yang lain dari lingkaran (bundar).

Yang dipertimbangkan adalah keuntungan paling baik dan mampu memberikan kerja yang super efesien.

Hal itu diwujudkan oleh bentuk bundar.

Nah, itulah alasan yang bisa saya  berikan.

Semoga bisa memberikan penjelasan yang baik dan jika anda mempunyai ide lagi, silahkan tuliskan ide anda di kolom komentar agar kita semua mendapatkan ilmu yang lebih lagi…


Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments:

  1. Lah kalau roda bentuknya kotak kan kagak bisa menggelinding bang.... :P

    ReplyDelete
  2. @ jefry : ya betul sekali gan.. hahaha..

    ReplyDelete