Home » , » Mengapa Kita Bisa Bergadang?

Mengapa Kita Bisa Bergadang?

Bergadang merupakan aktivitas yang tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat, apalagi para penikmat sepakbola yang bisa menonton pertandingan sampai pagi.

Tidur saat siang dan melek ketika malam sudah menjadi hal lumrah..

source : pixabay

Jika terus-terusan dilakukan maka itu merupakan kebiasaan yang tidak baik dan bisa membuat tubuh agak lemas di keesokan harinya.

Yakin deh..

Kok tahu?
Karena saya sudah mengalami penderitaan lemas dan kepala pening setiap kali mata terjaga lewat dari waktu tidurnya.

Sumpah..
Ga enak sekali rasanya..


Kok bisa bergadang?

Ada beberapa alasan orang untuk melakukan aktivitas bergadang ini, apa saja alasan dibalik bergadang?

Mari kita lihat di bawah ini.
  1. Menonton pertandingan sepakbola. Banyak orang rela tidak tidur sampai pagi untuk menyaksikan pertandingan yang paling digemari di dunia ini.
  2. Bermain game. Game merupakan hal yang membuat seseorang lupa akan waktu tidurnya dan terus menikmati permainan tersebut dan tak jarang sampai pagi mereka bermain lho..
  3. Memakai gadget. Dengan perkembangan teknologi yang canggih, banyak orang yang memiliki smartphone dan tablet. Mereka bisa asyik dengan mainannya ini dan bisa lupa waktu tidur di malam hari.
  4. Internetan. Nah, kalau yang ini pasti banyak yang setuju. Kalau  sedang online dan merasa tanggung untuk dihentikan, ujung-ujungnya bergadang deh..
  5. Ngobrol. Ada lho yang kuat ngobrol sampai pagi dan ada saja bahan cerita mereka. Cek cek cek...
  6. Nonton film. Kalau filmnya bagus, emang sayang ya dilewatkan begitu saja. Bergadang aja deh... hehehe...
  7. Siangnya tidur terlalu lama. Kalau pas siang tidur terlalu lama, maka pada malam hari susah banget tidurnya. Saya sering seperti itu.
  8. Minum kopi sebelum tidur. Kalau ingin tidur cepat, sebaiknya jangan minum kopi deh pada malah hari..
Dan ada satu lagi penyebab bergadang, yaitu mempersiapkan suatu acara besar.

Ketika akan menyelenggarakan acara, ada saja hal yang kurang.
  • Ga ada inilah, 
  • ga ada itulah, 
  • mejanya masih kurang 2, 
  • kursinya kurang setengah, setengah lusin 
  • dan lainnya.
Apalagi besok hari "H"-nya.

Hal-hal yang kurang seperti ini banyak ditemukan. Mau tak mau harus segera dilengkapi dan hasilnya adalah merelakan waktu tidur terenggut.

Ya, ini memang harus dilakukan demi acara yang sukses..

Ketika sudah bergadang mempersiapkan segala sesuatunya, esoknya kita harus bangun lebih awal lagi karena ada hal yang perlu dilakukan.

Capek banget ya?
Pastinya dong..

Kecapaian dan kekurangan tidur seperti ini biasanya ditemukan pada orang yang akan melangsungkan pesta pernikahan, apalagi jika pestanya diatur sendiri tanpa jasa EO.

Muantep poolll capeknya..

Jangan dibiasakan

Efek tidur telat dan lewat dari jam 11 atau 12 malam itu ga ngenakin..
  • badan lemas
  • kepala pening dan pusing
  • semangat drop
Bahkan saya bisa memerlukan waktu 2 hari untuk sekedar membuat tubuh menjadi bugar kembali. Caranya gimana? Istirahat yang banyak..

Ketika tadi malam bergadang dan badan lemas, cobalah untuk nanti malam tidur lebih cepat. Jam 9 atau jam 10.

Untuk apa?

Agar tubuh mendapatkan istirahat yang lebih lama sehingga besok pagi kebugarannya sudah kembali merangsek ke level tertinggi.

Kemudian minumlah susu sebelum tidur.

Ini cakep banget untuk memulihkan tenaga. Minum segelas susu dan kemudian segera tidur. Bangun pagi lebih enakan..

Kalau tidak terpaksa sebaiknya  bergadang jangan dilakukan. Banyak ruginya..

Sayapun dulu adalah penggemar bola yang fanatiknya kebangetan. Nonton bola bisa dari sore jam 7 sampai pagi jam 7 lagi.

Ga tidur?
Tidak..

Wow kuat banget..

Tapi itu adalah sebuah kesalahan. Jangan biarkan tubuh terlalu sibuk terjaga ketika ia sudah seharusnya tidur.

Dan sekarang saya tidak akan pernah mengulangi hal itu lagi..

Pertandingan yang ditonton adalah yang jam tayangnya masih seputaran jam 8 atau 9 malam. Cukup satu pertandingan saja kemudian kabur ke tempat tidur.

Ketika sudah bekerja dan harus bangun pagi-pagi, bergadang adalah musuh utama yang harus di lawan.

Karena tidak mau merasakan tubuh yang lemas dan kurang semangat, nanti rejekinya seret... 
Betul tidak?

Apalagi ada istri yang selalu rajin menagih hak-nya untuk uang dapur.
Saya ga boleh leha-leha.

Harus semangat kerja, kerja dan kerja.. Secantik apapun godaan untuk bergadang, ia selalu gagal dalam merayu..

Tidur dipeluk selimut lebih enak lho..
Salam sehat...

Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment