Home » » Mengapa Jalanan di Pegunungan Berbelok-belok?

Mengapa Jalanan di Pegunungan Berbelok-belok?

Dulu sih dikasi tahu sama gurunya kalau jalan dipegunungan dibuat berbelok-belok dan tidak lurus menanjak. Itu memang betul setelah saya sering bepergian melewati jalan pegunungan. Mengapa ya jalannya harus dibuat berbelok? Jarak tempuh kan menjadi lebih panjang. Bagaimana kalau jalan dibuat lurus menanjak saja?

Ketika merasakan sendiri membawa kendaraan dijalan pegunungan, akhirnya saya tahu alasan jalanan berkelok ini.
  • Jalanan berbelok membuat jalanan menanjak agak lebih mendatar. Kalau jalanan agak mendatar kan membuat kendaraan lebih mudah bergerak walaupun dengan kecepatan terbatas.
  • Kerja mesin kendaraan tidak begitu berat. Jika jalanan lurus menanjak, maka mesin akan bekerja keras terus dan akan membuat mesin cepat panas dan bahkan tidak mungkin akan membuat kendaraan kita mogok.
  • Kita mendapatakan waktu lebih lama untuk menikmati indahnya pemandangan hijau pegunungan dan juga merasakan udara segarnya yang menyejukkan jiwa dan raga..
Yang penting dalam melakukan perjalanan di daerah pegunungan adalah mengendara dengan tenang dan tidak terburu-buru. Tidak menyalip kendaraan di depan sembarangan, harus perhatikan kondisi sekitarnya apakah aman atau tidak untuk menyalip dan yang paling penting adalah kenali medan yang kita lalui.


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



1 comments: