Home » » Ayo, Mengenal Gelombang Dalam Fisika

Ayo, Mengenal Gelombang Dalam Fisika

Materi Gelombang kita bisa temukan pada mata pelajaran fisika, baik itu pada tingkat SMP maupun   SMA. Pada kesempatan ini saya akan coba mejelaskan gelombang dengan topik panjang gelombang, frekuensi, periode dan cepat rambat gelombang. Ok, langsung saja kita bahas.



Coba perhatikan gambar di atas. Itu adalah gambar gelombang transversal yaitu gelombang yang mempunyai arah rambat tegak lurus dan dicirikan dengan adanya gunung dan lembah. Gunung merupakan bagian yang menjulang ke atas dan lembah adalah bagian yang menjulang ke bawah.


Satu gelombang terdiri dari satu gunung dan satu lembah dan disebut dengan λ. Satu gelombang pertama dimulai dari o-a-b-c-d. Dimulai dari titik o dan berakhir di titik d. Satu gelombang melewati 5 titik. Kalau gelombang dimulai dari titik a, maka satu gelombang adalah a-b-c-d-e. Jika gelombang dimulai dari puncak, maka satu gelombang akan berakhir pada puncak berikutnya. Kalau gelombang dimulai dari titik b, maka satu gelombang adalah b-c-d-e-f. Bagaimana, sudah paham kan dengan pengertian satu gelombang? Pastinya dong, sangat mudah untuk mengertinya.



Nah, setelah paham dengan pengertian panjang satu gelombang kita lanjutkan dengan frekuensi, periode dan cepat rambat gelombang.


  • Frekuensi (f) merupakan banyaknya gelombang yang terjadi dalam satu detik, satuannya adalah Hertz (Hz)
  • Periode (T) merupakan waktu yang diperlukan untuk terjadinya satu gelombang, satuannya adalah detik (sekon/s)
  • v merupakan cepat rambat gelombang, satuannya adalah meter per sekon (m/s).
Sebagai contoh :

  1. Suatu gelombang memiliki frekuensi 5 hz, berapakah periodenya ?   Jawab : Periode (T) adalah 1/f maka T = 1/5 sekon.
  2. Suatu gelombang memiliki panjang gelombang 5 cm dan frekuensi 2 hz. Berapakah cepat rambat gelombang tersebut? Jawab : f = 2 hz dan  λ = 5 cm. Cepat rambat gelombang adalah v = f.  λ = 2 hz . 5 cm = 10 cm/s. Jadi cepat rambat gelombangnya adalah 10 cm/s.
Semoga bermanfaat....











Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment