Home » » Fungsi Ekor Burung

Fungsi Ekor Burung

ekor burung


Burung adalah hewan yang cantik dan sangat piawai dalam terbang. Jenisnya sangat banyak sekali dan ada yang mempunyai bulu-bulu indah dan menawan, sehingga banyak orang yang suka memeliharanya.
(Baca juga : Hewan-hewan yang identik dengan keindahan)




Inilah fungsi ekor pada burung
Karena sebagian waktunya dihabiskan diudara, maka sudah tentu bagian-bagian tubuh burung dimanfaatkan untuk aktivitas ini. Misalnya saja sayap yang digunakan untuk memelihara ketinggian terbang dan juga ekor.

Ekor memiliki fungsi penting bagi burung ketika sedang terbang. Jika tidak ada ekor, mungkin burung akan kesulitan ketika terbang.
Ekor burung digunakan untuk mengatur pergerakan terbang. Dalam hal ini adalah pergerakan belok kiri dan kanan. Ekor inilah yang mengatur pergerakan belokan burung.

(Baca juga : Yuk simak gambar kadal dengan ekor sangat panjang)

Mirip ketika bermain kano
Pernahkan anda bermain kano di pantai yang landai dan ombaknya sangat tenang?? Jika pernah mungkin pergerakan kano ini sangat mirip dengan burung.

  • Jika kita ingin berbelok ke kiri, maka kano kita kayuh disebelah kanan dan kano pun akan bergerak ke arah kiri.
  • Sedangkan jika ingin berbelok ke kanan, maka kano kita kayuh disebelah kiri, sehingga kano pun akan begerak ke arah kanan.
Kano akan  bergerak ke arah berlawanan dengan arah mana ia dikayuh. Bisa digambarkan seperti itulah pergerakan burung ketika terbang diudara.


Itulah fungsi ekor pada burung dan hal serupa juga berlaku pada ikan yang menggunakan ekor untuk belok kiri dan kanan.



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment