Sehari Tanpa Motor dan Listrik


Bagaimana hidup tanpa motor dan listrik di jaman serba canggih seperti ini?
Bisakah?

Bisa kok..

Bisa pusing maksudnya..

Motor saya gunakan untuk pergi bekerja dan listrik merupakan sumber energi bagi handphone dan komputer.

Setiap hari saya harus iklas menyiksa benda-benda ini agar bisa bekerja dan tetap menebalkan isi dompet.

Ga tahu deh gimana kalau mereka tidak bisa saya akses..


Hari ini memang spesial

Dalam setahun..

Ada waktu sehari dimana penggunaan dari benda-benda semacam motor dan alat elektronik lainnya tidak boleh diaktifkan.

Hari ini adalah "Nyepi"..

Nyepi itu berarti sepi dan tidak boleh ada kegaduhan, kebisingan, keributan..
Mesti sepi..

Suara motor dan handphone yang berdengung dan berdering tidak akan terdengar sama sekali. Mereka benar-benar harus diistirahatkan seharian.


  • Semua warga Bali hanya tinggal didalam rumah dan tidak pergi kemana-mana. 
  • Saya sangat merasakan bagaimana khidmatnya suasana Nyepi dan rasanya memang benar-benar sepi
  • Udara sekitar terasa lembut seakan membisikkan terimakasih karena telah memberi bumi waktu untuk istirahat dari kegiatan manusia
  • Suasana spiritual dan damai merangsek ke dalam hati dan membuatnya bergetar. 
  • Nyayian alam berupa gesekan dedaunan yang tertiup angin dan kicau burung yang saling bersahutan terdengar jelas, menambah rasa syahdu hari Nyepi. 
  • Perasaan ini saya rasakan hanya satu hari dalam setahun. (benar lho, ini saya alami sendiri dan tidak ada hal yang dilebih-lebihkan).
Kemudian..

Bayangkan berapa Kilowatt listrik yang bisa dihemat dan berapa liter BBM yang tidak dipakai pada hari Nyepi ini.

Bumi Bali seperti bernafas lega..

Bebannya lebih ringan karena tidak ada hiruk pikuk kegiatan manusia. Udara Bali terasa sejuk karena tidak ada gas CO2 dari kendaraan yang membuat bumi semakin panas.

Bali hari itu benar-benar sepi, bersih, damai dan sangat tentram.

Nyepi membuat saya menerawang ke masa lalu..

Apakah seperti ini kegiatan orang jaman dulu, jaman dimana tidak ada listrik dan juga kendaraan. Jaman yang dipenuhi dengan kedamaian masyarakatnya yang sangat bersahabat dengan alam dan lingkungannya.

Jaman dimana orang beraktivitas dengan berjalan kaki dan umurnya mencapai seratus tahun lebih..

Terus terang..
Kalau tidak ada listrik dan motor saya galau..

Bagaimana tidak..

Setiap kegiatan saya selalu ada hubungannya dengan dua benda tadi. Saya akui saya tidak bisa hidup tanpa motor dan listrik.

Tapi..

Nyepi sudah memberikan pembelajaran yang luar biasa dalam kepada saya. Bahwa alam kita harus dijaga dan tidak terus menerus dirusak.

Seandainya seluruh dunia mau Nyepi sehari saja..

Kita semua akan tahu bagaimana damainya bumi dan tentramnya hati mendengar dan melihat nyanyian alam yang asli..


Baca juga :

Post a Comment for "Sehari Tanpa Motor dan Listrik"