Home » » Penyelesaian Soal Integral Trigonometri Dengan Metode Substitusi

Penyelesaian Soal Integral Trigonometri Dengan Metode Substitusi


Pada posting kali ini saya akan memberikan penjelasan penyelesaian integral trigonometri dengan substitusi. Caranya sama dengan metode substitusi sebelumnya. Dengan membuat permisalan “U”. Langsung saja ke contoh soalnya.

 
Untuk menentukan kapan memakai metode substitusi, variable dari sin atau cos harus sama. Dalam soal ini sin 3x dan cos 3x memiliki variabel yang sama yaitu “3x”. Jadi soal ini bisa diselesaikan dengan metode substitusi.

Sekarang kita misalkan “U”. Bisa dipilih sin atau cosnya. Dalam contoh ini saya pilih U = sin 3x. Kemudian U kita turunkan dan diperoleh seperti dibawah.


Sekarang kita masukkan “U” dan “dx” ke dalam soalnya.


Nah, sudah didapatkan integral dalam bentuk U dan sekarang tinggal kita integralkan.


Hampir selesai sekarang, tinggal mengganti U dengan sin 3x ( ingat U = sin 3x, permisalan kita di awal).


Nah, selesai sudah integral kita. Ingat, untuk substitusi variable sin atau cos nya harus sama. Post selanjutnya saya akan berikan cara untuk mengerjakan soal integral sin cos dengan variabel yang berbeda.

Sekian dari saya...




Dapatkan artikel menarik lain yang pastinya sangat bermanfaat untuk anda. Caranya mudah, cukup masukkan email anda di dalam kolom berikut ini.. Terima kasih:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia, disini saya bagikan beberapa artikel menarik tentang Negara kita tercinta. Yuk dibaca disini :


0 comments:

Post a Comment