Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan



Kegiatan belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh keadaan ketika proses tersebut berlangsung.

Yapp..

Suasananya sangat mempengaruhi.

Nah,

Saya yang juga sebagai guru harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan agar murid tetap belajar dengan ceria.

Ketika murid sudah senang..

Materi yang disampaikan bisa diresapi dengan lebih baik dan mudah dimengerti oleh anak-anak tercinta..


Faktor pembuat nyaman belajar

Dari pengalaman mengajar,

Saya menemukan beberapa hal yang membuat siswa itu menjadi tertarik dalam belajar. Berikut akan saya coba rangkum beberapa hal yang telah saya lakukan ketika mengajar.


1. Humoris

Murid sangat senang dengan hal-hal lucu dan bisa membuat mereka tertawa.

Ketika mereka tertawa..

Maka mereka menjadi semakin antusias dalam belajar. Kita bisa memberikan lelucon sederhana yang membuat mereka senang.


  • Bisa dengan menceritakan hal-hal lucu, 
  • film lucu dan menarik yang banyak disukai anak. 


Jurus ini dikeluarkan ketika anak sudah mulai bosan belajar, isilah dengan cerita lucu.

Anda bisa mencari bahan sendiri di internet dan ceritakanlah hal lucu tersebut.

Ajak mereka ketawa selama kurang lebih 5 menit. Setelah mereka terlihat senang, maka kita bisa kembali mengajar mereka.


2. Jadilah figur yang ramah dan menyenangkan

Anak paling senang jika ada guru yang pemarah dan suka membentak tidak mengajar mereka.

Ketika mereka dimarahi,

Maka anak akan takut dan bahkan mungkin mereka tidak mau belajar lagi karena sering dimarahi.

Murid sangat senang diperhatikan,

Jadi ketika mereka tidak bisa tuntunlah dengan baik dan buat mereka sadar bahwa mereka itu bisa mengerjakan dengan baik.

Marah tentu tidak baik bagi seorang guru.

Ketika saya marah, saya merasakan kepala saya sakit dan perasaan tidak tenang.

Ketika saya mencoba sabar, semuanya menjadi lebih baik. Perasaan saya senang dan muridpun lebih enak dalam menerima penjelasan kita.


3. Senyum

Senyum membuat kita sebagai guru semakin disukai oleh anak-anak.

Karena dari senyum kita, anak tahu bahwa kita itu ada untuk mereka.

Dan bahkan..
Tidak jarang anak-anak sering menceritakan hal-hal apa saja yang mereka sukai.

Karena..

Ketika mereka melihat senyum di bibir kita, mereka tahu bahwa kita adalah orang yang pas untuk diajak bercerita dan berbagi..

Nah..

Kira-kira seperti itulah hal-hal yang harus dilakukan jika ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bersama murid.

Mereka senang..
Hati riang..
Belajarpun menjadi lebih menarik..

Selamat mencoba..


Baca juga :

Post a Comment for "Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan"