Thursday, August 30, 2018

Trik Membuat Pekerjaan Berat Terasa Lebih Ringan

Jika kita disuruh menyapu halaman yang luasnya lebih kecil sejengkal dari lapangan bola, rasa enggan pasti sudah mencak-mencak.

Malas pun menggelora..



Yap..
Seperti itulah rasanya jika dibebankan tugas berat nan melelahkan.

Tapi kalau bayaran sekali menyapu fantastis, cukup untuk cicilan motor sebulan, semangat bisa berlipat.

Iya ngga?

Tapi, bagaimana jika itu memang tugas harian yang tidak membuat dompet mendapatkan anggota baru?

Coba ini

Karena sudah kewajiban atau tugas, mau tidak mau itu harus dikerjakan dan tuntas tepat waktu.
Karena jika tidak beres, ada akibat yang mesti diterima.

Disini akan diambil contoh yang berbeda dari tugas menyapu itu ya.

Contohlah anda diberi PR untuk mengetikkan tulisan sebanyak 100 kata oleh guru.
Bukan tugas rumit kan cuma mengetik 100 kata saja?

Tentu..

Tapi yang menjadi masalah adalah tulisannya harus terdiri dari 100 kata per paragraf dan harus sepanjang 10 atau 20 halaman.

Hmmm..
Otak sudah mulai berkunang-kunang ini..

Memang anda bisa menempuh cara curang, meng-copy paste dari internet. Tapi guru tahu kok mana tulisan yang benar-benar dibuat sendiri atau hasil jiplakan.

Kalau ketahuan nyontek, tugasnya bakal dilipat gandakan dan tulisannya harus dibuat dengan coretan tangan.

Tidakkk!!!!!

Karena itu, bisa dilakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuat tugas tidak terasa berat dan malah enak dijalaninya.


1. Ambil sedikit-sedikit

Inilah kunci pertama yang patut diterapkan, cicil dikit-dikit. Misalnya tugasnya dikumpul minggu depan, berarti ambil satu atau dua halaman per hari.

Seharipun tidak mesti harus dapat dua halaman langsung.

Bisa sejam di siang hari dan sejam lagi di malam hari.

Mengambil sedikit-sedikit membuat tugas tidak berasa berat, prosesnya berlangsung halus dan lancar.
Tidak ketemu jalan terjal..

Target yang sedikit membuat pikiran meresponnya dengan senang.

Karena itu beban tugas yang banyak tidak terasa jika dipecah menjadi bagian-bagian kecil.
Cicil sedikit demi sedikit, dikumpulkan menjadi satu sehingga semuanya selesai tepat waktu dan puas dengan hasil pekerjaan sendiri tanpa berbuat curang.


2. Semangat dan antusias

Semangat yang berkobar membuat energi mengalir dengan derasnya, sehingga pekerjaan bisa dihajar dengan cepat.

Begitu juga dengan antusias..

Ketika sangat tertarik dengan suatu tugas, datanglah semangat. Nah, terulanglah kejadian diatas, yaitu energi yang sangat besar.

Bagaimana cara menumbuhkan semangat dan antusias ini?

Mudah..
Tersenyum saja..

Senyum membuat semuanya menjadi lebih enakan, lebih mudah dilakukan. Senyum menghadirkan rasa nyaman, rasa nyaman menghadirkan semangat.

Semuanya beres..

Kalau sudah mukanya merengut masam semenjak start, dijamin hasilnya bakal berantakan.
Yang ada hanya uring-uringan.

Terus datanglah sahabat karib uring-uringan, rasa malas.

Kalau sudah malas, semangat enggan datang karena mereka musuhan, hasilnya tidak antusias dan energipun tidak ada yang mampir.

Pekerjaan yang sudah diberikan tidak bisa diselesaikan tepat waktu..
Sayang sekali kan?


3. Iringi dengan musik

Musik atau lagu bertindak sebagai pemicu rasa bahagia. Rasa ini akhirnya mengundang semangat..
Dendangan dan selentingannya membuat tubuh ikut bergoyang, sehingga pikiran tidak terlalu terbebani.

Pikiran yang lega membuat hati lebih senang dan antusias.

Nah, kalau sudah antusias, semangatpun mengalir dan pekerjaan bisa digarap dengan hasil yang mantap dan beres sesuai dengan waktu yang sudah dipatok.

Rasa senang memang menjadi faktor penting saat bekerja.

Jika rasa ini belum menampakkan dirinya, sangatlah sulit untuk bekerja dengan baik, apalagi harus berurusan dengan pekerjaan atau projek penting, hasilnya pasti kurang memuaskan.

Karena itulah musik hadir.

Letupan nada-nadanya sanggup menarik rasa bahagia hadir dalam hati, yang akhirnya membuat hati senang dan riang.


4. Ingat hasil akhir

Pekerjaan jika selesai pasti mendatangkan rasa puas dan bahagia. Kita senang karena berhasil menuntaskannya.

Betul tidak?

Jika rasa malas menerjang saat pertama kali memulai pekerjaan, cobalah ingat bahwa kita akan merasakan bahagia jika sukses membereskannya.

Semangat pun muncul..

Kita siap untuk bertarung dengan semua rintangan yang ada, sehingga tugas yang sudah dibebankan bisa beres dalam waktu yang lebih cepat.


Kesimpulan

Pekerjaan terasa berat jika rasa malas menggelayut. Rasa inilah yang harus segera dibasmi. Caranya dengan melakukan empat langkah diatas


Tips membuat pekerjaan terasa lebih ringan :

  • Kerjakan sedikit demi sedikit
  • Kembangkan senyum
  • Manfaatkan musik
  • Mengingat hasil akhir yang bahagia

Semangat datang, pekerjaan siap dibereskan dan yang mendapatkan manfaat adalah kita sendiri.

Jika berhasil menjungkalkan rasa malas, pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan cepat, mudah, enteng dan menyenangkan..

Semoga membantu..


Baca juga :

Thursday, August 23, 2018

Trik Berlibur Tanpa Menguras Bonus Tahunan

Booomm...
Segepok uang langsung mendarat dan tergeletak di rekening..

Ini adalah bonus tahunan dari tempat bekerja..



Pikiran langsung sibuk bergerilya menjelajah tempat mana yang disasar untuk menuntaskan keinginan yang belum tercapai.

  • Beli tas baru
  • Beli pakaian baru
  • Ambil kendaraan baru
  • Atau berlibur..

Semuanya seakan bisa dilakukan dengan guyuran bonus itu..

Apalagi jika memilih berlibur lintas negara, dana yang dihisap bakalan banyak.. Jika bonus tidak cukup, jangan dipaksakan untuk meminjam demi menjejakkan kaki di negara tujuan.



Coba kumpulkan dana setiap bulan

Nah, inilah trik yang bisa dilakukan agar bonus tidak langsung amblas, habis tak bersisa, yang akhirnya malah mendatangkan nestapa..

Ga mau kan?

Coba lakukan ini..
Mengumpulkan sedikit demi sedikit dulu lah..

Gaji disisihkan 10% setiap bulan..


Terus :
  • Tetapkan liburan misalnya setahun dari awal pengumpulan dana.
  • Tujuannya mau kemana
  • Pilih destinasi yang cukup dengan uang terkumpul
  • Jika mau ke luar negeri, cek biaya hidup disana


Cara ini membuat keuangan lebih enteng, kita tidak perlu menguras bonus demi menuntaskan hasrat jalan-jalan.

Mengapa?

Karena sudah mempunyai uang tersendiri untuk mengcover biaya hidup selama berkelana di daerah tujuan. Liburanpun tidak menghadirkan beban.

YES!!

Beban timbul biasanya setelah liburan, "Aduh, bonus dan tabunganku habis lagi"
Pernah mengalaminya?

Keluhan itu bahkan diperkuat lagi dengan penyesalan, mengapa harus berlibur jika sudah tahu tabungan akan habis.

Ga enak dong, maunya senang-senang malah menghadirkan penyesalan..

Inilah manfaat menabung setiap bulan, setelah setahun kita memiliki dana cukup tanpa merecoki tabungan ataupun bonus yang ada di rekening. Walaupun habis banyak, hati tetap senang mengingat rekening tetap gemuk.


Lakukan penghematan

Jika sudah punya tujuan berlibur, mulailah melakukan pengecekan terhadap biaya hidup bulanan. Adakah pengeluaran berlebih?

Jika ada, pangkas..

Misalnya :
  • Makan direstoran
  • Menonton di bioskop
  • Beli baju baru
  • Mengurangi nongkrong
  • Dan lainnya
Jika makan masih bisa dilakukan di tempat terjakau, mengapa harus melampiaskannya di tempat mahal?

Banyak kan yang bisa dihemat?



Hal-hal seperti inilah yang bisa dipangkas dan uang hasil penghematan dimasukkan ke dana liburan setiap bulan.

Nambah lagi kan?

Semakin banyak dana liburan, pastinya membuat hati semakin tenang, karena tidak takut beli ini dan itu.

Beli baju baru juga sama, jika yang lama masih awet, mengapa harus diganti?
Kasihan uangnya..

Menonton dibioskop atau nongkrong jangan sering-sering, mengingat rentetan biayanya banyak menguras kantong. Beli makanan, minuman, transport dan lainnya.

Semakin banyak keperluan berlebih yang sanggup dihemat, semakin banyak dana tabungan yang diparkir.


Bukan tidak mungkin jalan-jalan ke tempat yang lebih jauh akan terwujud.
Melancong ke luar negeri..

Dana yang dihisap pastinya banyak, mengingat banyak keperluan yang mesti diurus.
  • Pasport dan visa
  • Pakaian, seperti jaket tebal di negara dingin

Atau, jika sabar, menyimpanlah lebih lama.. Sehingga bisa mengumpulkan uang dalam jumlah yang lebih gemuk lagi..

Jika untuk liburan dalam negeri butuh waktu setahun, untuk ke luar negeri cobalah gandakan menjadi dua tahun.

Lama ya?
Memang..

Tapi uang yang dihasilkan jauh lebih banyak dan membuat kita puas jalan-jalan disana tanpa mengundang rasa khawatir, seperti ketakutan menghisap dana tabungan..

Itu tidak akan terjadi jika dana liburan sudah banyak, sehingga enak mau melakukan banyak hal.
Jadi jangan ragu untuk menyimpan uang lebih lama, mengingat dana yang dikumpulkan lebih banyak dan membuat acara jalan-jalan menjadi lebih menyenangkan dan meninggalkan kesan mendalam.


Baca juga :

Tuesday, August 21, 2018

Yuk Kenali Sisi Menarik Dari Pertanian

Bertani merupakan mata pencaharian dari sebagian besar masyarakat  Indonesia. Lahan luas yang merentang dari barat sampai timur negara kita menjadi berkah bagi para penduduk untuk menghasilkan tanaman terbaik.


Menanam padi
Menanam padi

Tempat paling mudah menemukan aktivitas ini adalah di pedesaan.

Jadi, jika melakukan perjalanan di daerah ini, sangatlah mudah menemukan hamparan sawah yang menghijau di samping jalan.

Sungguh pemandangan yang sangat indah.



Bukan untuk bertani saja

Pertanian ternyata tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi petani, kegiatan ini masih menyimpan potensi lain yang tidak kalah menggiurkannya.

Apa itu?
Mari kita simak dibawah ini :


1. Pariwisata

Sekarang "Ecotourism" sangat digemari oleh wisatawan.

Ecotourism ini bisa mengajak para wisatawan ikut terjun mengolah sawah secara langsung, menanam padi dan sebagainya.

Ini menjadi daya jual yang sungguh menarik..

Wisatawan dari mancanegara pastinya jarang mendapatkan kesempatan berkubang dilumpur sawah, membenamkan bibit padi ke dalamnya atau bahkan mencoba membajak menggunakan alat yang ditarik sapi.

Pastinya sangat berkesan..

Ditengah kesibukan pekerjaan dan kehidupan kota, rasanya tidak sempat mereka melihat sawah ataupun merasakan sensasi lumpur yang meraba kulit.



Pariwisata seperti ini tentu sangat ramah lingkungan, karena bisa menjaga kelestarian sawah dan ekosistemnya.

Peng-alih-fungsi-an sawah sebagai lahan perumahan bisa ditekan.

Dan petani yang memiliki sawah harusnya mendapatkan keuntungan yang baik, agar mereka tetap semangat bekerja dan merawat sawahnya sehingga bisa terus menarik wisatawan.


Disini peluang kerja semakin berlipat.
  • Petani tidak hanya mendapatkan hasil dari penjualan panen, tetapi mendapatkan keuntungan juga dari kedatangan wisatawan. 
  • Daerah sekitar bisa berkembang, peluang bisnis baru muncul seperti penjual makanan atau souvenir.

Wow, ternyata bila pertanian dikelola dengan baik, bisa memberikan keuntungan bagi banyak orang.
Keren...

Tidak berhenti sampai disana saja..

Wisatawan bisa digiring untuk menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan sensasi kehidupan pedesaan yang damai dan ramah.

Tentu saja dipilih tempat yang mampu memberi kenyamanan bagi mereka untuk istirahat, sehingga kesan mendalam semakin tertancap dihatinya..

Padi menguning
Padi menguning


2. Tempat pre-wedding

Jika ingin mencari tempat foto pre-wedding yang beda, anda bisa memilih pemandangan sawah dengan latar belakang padi menguning..

Kesan tradisional langsung terpancar..

Kemudian pakaian bisa disesuaikan dengan apa yang dipakai pak tani dan bu tani. Cowoknya membawa cangkul dan ceweknya membawa bakul tempat nasi.

So sweet....

Mungkin tempat khusus seperti ini bisa dirancang, sehingga orang yang mau melakukan pre-wedding bisa membooking tempat dengan biaya terjangkau.

Menjanjikan tentunya..

Kerjasama dengan petani pastinya sangat menguntungkan, mereka menjadi semakin semangat mengolah tanahnya karena pundi-pundi pemasukan tidak berasal dari satu lubang saja, tapi beberapa lubang..

Ibarat pepatah, mengolah tanah sekali, untungnya berkali-kali..


3. Pendidikan di luar kelas

Pertanian bisa menjadi sarana untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak didik. Mereka tentunya sangat senang jika di ajak kabur dari kelas.

Pembelajaran seperti ini tidak membosankan.

Selain berinteraksi dengan alam, mereka bisa bermain sekaligus belajar. Guru bisa mengemas kegiatan ini dengan menarik dan dipenuhi dengan wawasan baru. Pengetahuan yang diperoleh dengan jalan seperti ini biasanya membekas lama dipikiran.


Kesimpulan

Itulah sisi menarik pertanian yang tidak kalah menariknya dan juga tidak kalah menguntungkan mengingat banyak potensi ekonomi yang bisa digarap lebih dalam.

Dampaknya ke masyarakat pastinya luar biasa..

Jika petani didukung dan mendapatkan pemasukan lebih diluar menjual hasil pertanian, mereka tentunya tidak rela lahannya dijual untuk dijadikan pemukiman.

Berkat mengolah tanah miliknya, pariwisata atau bidang bisnis lain bisa diramu sehingga mendatangkan keuntungan yang berlipat. Tidak hanya petani saja yang diuntungkan, masyarakat sekitar juga kecipratan rejeki.


Baca juga :

Thursday, August 16, 2018

Jangan Dipandang Sebelah Mata, Rajin Menulis Sangat Memudahkan Kegiatan Kuliah Anda

Memasuki dunia perkuliahan memang sangat menyenangkan, banyak tantangan baru nan berbeda yang akan ditemui.

Salah satu yang paling menyenangkan adalah jam belajar di kampus yang tidak seharian penuh..




Jika hari ini hanya ada dua jam pelajaran saja, maka kita hanya perlu ada dua jam di kampus.
Sisanya?

Mau jalan-jalan
Boleh

Mau main game
Boleh

Mau belanja
Boleh

Mau tidur
Boleh banget...

Waktunya sangat leluasa, mengingat kita tidak perlu berada di kampus sepanjang hari, yang penting saat pelajaran ada di kelas dan mengikutinya dengan baik..

Nah, waktu yang leluasa ini memang harus disiasati dengan baik, jangan terlena dan malah keasyikan main..

Mesti dihindari!!

Waktu ini mesti digunakan untuk hal positif yang bisa menambah keahlian atau skill kita. Jadi gunakan untuk belajar dan belajar, salah satunya belajar menulis..



Mengapa sih harus bisa menulis?

Menulis satu dua kalimat itu gampang, mudah sekali.. Tapi bagaimana jika harus bergelut dengan tulisan berhalaman-halaman?

Itu perlu latihan..



Contohlah membuat :

  • Laporan praktikum
  • Essay
  • Proposal
  • Atau skripsi



Jika tidak terbiasa menulis, hasil karangan pasti tidak enak dibaca, susunan kalimatnya tidak nyambung, ada kata yang saling tabrakan dan sebagainya.

Jika dosen membacanya gimana?

Nilainya yang diperoleh kurang memuaskan..

Karena itulah rajinlah menulis dan menulis apapun yang anda senangi. Mengingat ini membantu mengasah kemampuan nalar dan logika dalam menyusun kalimat yang padu dan enak dibaca.


Dimana menulis??

Kalau mau menulis tangan boleh, siapkan corat-coret di kertas kosong dan tuangkan ide yang dimiliki.

Apapun itu..

Dan sekarang kan sudah ada komputer, gunakanlah alat ini untuk mengasah kemampuan menulis sehingga mampu membuat artikel yang enak dibaca dan padat informasi.



Gunakan blog


Sudah pada tahu apa itu blog?

Blog bisa dibilang website, tempat kita mempublish tulisan dan bisa dibaca oleh orang banyak dengan mengandalkan sentuhan internet.

Apalagi internet sangat gampang diakses, mesti dimanfaatkan dengan baik.

Berita bagusnya, membuat blog itu gratis lho..
Bisa menggunakan "blogger.com"



Blog merupakan tempat yang cocok untuk melampiaskan ide-ide yang selama ini berseliweran di otak. Salurkan ide tersebut dan terjemahkan dalam bentuk kalimat-kalimat menarik sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya.

Sering menulis di blog membuat kemampuan meramu artikel semakin ciamik dan ini sangat memudahkan ketika diberikan tugas menulis oleh dosen.

Dosen tahu lho mahasiswa mana yang menulis tugasnya sendiri, mana yang mencontek dan mana yang copy paste.

Daripada ketahuan curang, ada baiknya belajar menulis lewat blog..



Keuntungan lain menggunakan blog


Selain bisa melatih kemampuan menulis untuk keperluan kampus, blog ternyata menyimpan manfaat baik yang tidak kalah menggiurkan.

Mendatangkan uang..

Hmmm...
Senang kan dengar berita semacam ini??

Cobalah buat artikel yang bisa memecahkan masalah orang lain, semisal :

  • tutorial komputer
  • mengatasi masalah keuangan saat kos
  • tentang kehidupan kuliah dan sebagainya

Jika semakin ramai orang yang main ke blog, peluang menghasilkan duit semakin terbuka lebar. Tinggal pasang saja iklan di dalamnya dan gemerincing uang mulai terdengar nyelonong ke rekening.

Mau?

Sembari kuliah anda bisa menghasilkan uang mengandalkan bantuan blog. Apalagi kuota sekarang harganya murah banget..

Uang beberapa puluh ribu, kuotanya tumpah-tumpah..

Daripada dihabiskan untuk menonton video dan main game, sebaiknya gunakan ke hal yang mampu meningkatkan skill anda.

Salah satunya kemampuan menulis..



Tips nge-blog yang tidak mengganggu jadwal kuliah


Yap..
Tujuan utama kuliah adalah menuntut ilmu, mendapatkan nilai yang bagus dan lulus tepat waktu..

Kelulusan juga ditopang oleh skripsi, dimana mahasiswa harus membuat sebuah karya yang mengharuskan mereka menulis dalam jumlah banyak.

Jika tidak terbiasa, bisa susah menyusun kalimatnya.

Menulis diblog bisa menjadi batu loncatan, semacam latihan sebelum mahasiswa terjun ke ladang pertempuran sebenarnya, yaitu membuat skripsi.


Dua kali seminggu cukup banget..

Jika kebetulan ada waktu senggang dimana tugas sedang sepi, ujian belum nampak, daripada tidak ada kerjaan mending menulis di blog..

Tulislah sesuatu yang sesuai dengan kemampuan atau hobi..

Menulis yang berdasarkan hobi memang lebih mudah, karena kita sudah mengalami secara langsung sehingga urutan ceritanya sudah terbayang dipikiran.

Pada awal mulai menulis, artikelnya memang terlihat kacau..

Itu wajar..

Karena itu, setelah selesai menulis, lihat dan baca lagi dari awal.

  • Cek apakah kalimatnya sudah padu
  • Adakah kata yang menumpuk
  • Kesalahan ketik atau tanda baca.

Sering melakukan ini, kemampuan semakin berkembang dan menulis satu artikel menjadi sangat mudah. Ide-ide bermunculan terus-menerus dan tidak membutuhkan waktu lama demi menuntaskan satu tulisan..


Sangat membantu proses kuliah


Ketika mulai terbiasa menulis diblog dengan kelancaran diatas rata-rata, pastinya sangat membantu menuntaskan tugas kampus.

Membuat essay, laporan bahkan skripsi jauh lebih gampang..



Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan :
  • bagaimana cara memulai menulis, 
  • informasi apasaja yang harus disajikan
  • padanan kalimatnya bagaimana
  • tulisannya sudah enak dibaca atau belum
  • menghindari kata yang menumpuk
  • mengecek kesalahan kata dan sebagainya

Sehingga tugas yang diserahkan ke dosen sudah dalam kondisi maksimal, dengan harapan mendapatkan nilai yang bagus serta minim revisi.

Itu bisa diwujudkan jika anda mau mencoba belajar menulis..

Menulis apapun yang disenangi..

Karena dengan mulai menulis, anda sudah belajar cara menyusun kata menjadi kalimat yang baik, menyusun kalimat menjadi paragraf padu, yang akhirnya membuat tulisan enak dibaca, informasinya runut, tidak ada lompatan-lompatan yang bikin pusing..

Selamat mencoba..


Baca juga :

Monday, August 13, 2018

5 Aktivitas Ini Sangat Penting Dilakukan Ketika Sedang Kuliah

Kuliah adalah proses pembelajaran yang sangat menarik dan sangat jauh berbeda dengan jenjang pendidikan dasar sebelumnya.

Asyik banget pokoknya..



Menariknya dimana?
  • Masuk kalau hanya ada jadwal saja
  • Tidak perlu menunggu bel pelajaran untuk segera pulang.
Kalau memang sudah tidak ada jadwal lagi, kita bisa segera pulang atau melakukan kegiatan kampus lainnya.

Beda sekali kan dengan apa yang dialami saat masih SMP atau SMA? Intinya banyak keleluasaan yang bisa kita dapatkan.



Lakukan aktivitas ini

Keleluasaan seperti ini harus dimanfaatkan dengan baik agar kita bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dan tentunya dibarengi nilai yang memuaskan.

Berikut ada beberapa kegiatan baik yang bisa dilakukan untuk mempermulus proses belajar di kampus.


1. Sering mengulang pelajaran di hari ini

Jika hari ini anda mendapatkan kuliah dengan materi tertentu, coba deh untuk segera membaca dan memahaminya setelah sampai di rumah atau kos.

Resapi dan telusuri inti-inti dari pelajaran itu sampai anda paham apa maksudnya.

Belajar seperti ini sangatlah enak, karena anda bisa mengingat pelajaran lebih lama dan tidak perlu nge-gas kencang bergadang sampai pagi ketika ujian sudah menjelang.

Coba deh lakukan, mudah-mudahan mendapatkan pengalaman yang baru dan menyegarkan.


2. Rajin berdiskusi

Daripada waktu hanya dihabiskan di rumah tanpa arah yang jelas, sebaiknya sempatkan waktu untuk main ke rumah teman untuk membahas pelajaran yang sulit.




Ngobrolin pelajaran bareng teman




Pilihlah teman yang dirasa mampu dalam melakukan hal ini dan galilah ide-ide cerdas untuk memecahkan masalah yang ada.

Diskusi membuat masalah menjadi lebih cepat cair dan melegakan. Jika sering-sering dilakukan, anda akan mendapatkan kemudahan dalam belajar.


3. Mencari sumber tambahan di internet

Internet merupakan gudang ilmu yang luas sekali dan harus dimanfaatkan dengan cerdas. Gunakan kemampuannya untuk membuat anda lebih paham dan tahu lagi tentang materi yang sedang dipelajari.

Kalau tidak menemukan penjelasan dalam bahasa indonesia, gunakanlah bahasa inggris.


Keuntungan yang diperoleh jika menggunakan bahasa inggris dalam pencarian suatu materi di internet adalah :
  • Mendapatkan banyak pilihan bacaan. Karena biasanya jurnal atau paper lebih banyak ditulis dalam bahasa inggris.
  • Sekalian belajar memahami bahasa inggris lebih mendalam lagi. Anda akan banyak menemukan kata baru dan bisa menambah stok kosakata di pikiran.



Banyak solusi yang ada di internet, tinggal digali dan diubek dengan menembakkan berbagai kata kunci sehingga materi yang sesuai bisa diperoleh.

4. Ikut organisasi

Organisasi sangatlah penting keberadaanya bagi anda yang sedang kuliah.
Mengapa?
  • Bisa memperluas pergaulan
  • Bisa mempelajari karakteristik banyak orang
  • Belajar ngomong di depan orang banyak. Ini penting sekali untuk mempertebal rasa percaya diri ketika presentasi ujian skripsi ataupun ketika saat bekerja nanti.
  • Variasi kegiatan agar tidak monoton belajar dan belajar saja.
  • Belajar bekerja sama dengan banyak orang dan bisa menghadapi berbagai karakter yang berbeda.

Tapi ingat ya!!

Ikut organisasi jangan banyak-banyak, satu saya kira sudah cukup baik. Kalau banyak-banyak, takutnya kuliah terbengkalai.


5. Tidur siang

Mahasiswa memang identik dengan bergadang, baik itu untuk kepentingan tugas maupun ujian. Disini ada baiknya anda harus menyisihkan sedikit waktu untuk tidur siang.

Tidur siang membuat kondisi badan lebih baik setelah bergadang di malam sebelumnya.
Ataupun kalau anda tidak bergadang, tidur sebentar di siang hari mampu membuat badan terasa lebih fresh..


Pengalaman pribadi

Itu semua adalah pengalaman saya pribadi ketika masih kuliah. Saya sengaja bagikan agar anda bisa mendapatkan manfaat dari apa yang sudah saya alami.

Tapi sayang, saya dulu kurang melakoni bagian yang "sering-sering diskusi" dan melewatkan manfaat baiknya.

Manfaat diskusi baru saya pahami segera setelah lulus kuliah. Jadi saya membagikannya disini agar anda tidak mengalami apa yang saya rasakan.

Semoga membantu..


Baca juga :

Wednesday, August 8, 2018

Mengecek "Countdown" Tahun Baru

Kemeriahan tahun baru memang selalu dinanti banyak orang, menyenangkan sekali menyambut pergantian tahun ini..

Berbagai harapan dicatat..



Harapan atau resolusi itu dijadikan patokan untuk menjalani tahun yang baru, dengan harapan semuanya bisa terwujud.

Ok..
Ngomong-ngomong tahun baru, kira-kira mau tidak melakukan hitung mundurnya dari sekarang secara manual?

Malas melakukannya?

Ya, jika tahun baru masih jauh dari pelupuk mata, menghitung manual bukan aktivitas mendesak. Bahkan malah memusingkan..

Tapi jika sudah masuk bulan desember, menghitung mundur ke tanggal 1 mudah.

Itupun hanya bisa menghitung hari saja.
Bagaimana jika ingin mengetahui lebih detil seperti berapa jam, menit atau detik lagi?


Gunakan ini

Ada alat/tool yang bisa digunakan dan caranya sangat mudah. Kita hanya tinggal mampir ke tempat ini dan semuanya beres.

Mampir dimana?
Memang ada dimana tempat itu?

Di rumah anda ada kok..

Dengan menggunakan smartphone atau komputer, tempat ini, tempat untuk mengetahui countdown/hitung mundur ke tahun yang baru, mudah dijangkau.

Yang penting ada sengatan internet..



Silahkan kunjungi link berikut ini :
https://www.timeanddate.com/countdown/newyear



Klik link diatas dan kitapun langsung dihantar menuju tempat hitung mundurnya. Tampilannya seperti ini :



Karena waktu menulis artikel ini bulan agustus, maka sisa hari sampai menuju tahun baru masih sekitar 145.




Informasi apa saja yang bisa diperoleh dari countdown tersebut?

  • Sisa hari sampai tahun baru
  • Sisa jam, menit bahkan detiknya 
Tidak berhenti sampai disana :

  • Kita juga mendapatkan informasi mengenai hari dimana tanggal 1 januari berlabuh. Kalau pada gambar diatas, tanggal 1 akan muncul di hari selasa.


Nah, informasinya lengkap sekali kan?

Atau ingin mengganti tampilan countdown-nya?
Bisa kok..

Silahkan pilih menu yang terkurung bulatan-bulatan kecil pada bagian bawah gambar, pilih mana yang paling disukai.


Mudah sekali

Tidak ribet untuk mengecek tinggal berapa hari tahun baru akan datang. Tinggal mampir saja ke situs ini dan semuanya terungkap jelas.

Lewat smartphone juga bisa..

Setelah mengetahui tinggal beberapa hari, kitapun bisa bersiap-siap menyambutnya bersama orang-orang terdekat.

Pesta kecil di halaman rumah bisa dibuat dan rayakan tahun baru bersama, serta serap semangat anyar nan segar demi menggenggam tujuan yang sudah ditulis.


Silahkan baca juga :

Monday, August 6, 2018

Best Freekick Tricks Ever, Trik Tendangan Bebas Terbaik

Kalau ngomongin sepakbola memang tidak ada garing-garingnya, setiap hal yang berkaitan dengannya selalu renyah untuk dikupas.

Tidak terkeculai tendangan bebas.


Hadiah ini diberikan wasit ketika seorang pemain dilanggar oleh lawan.

Yang paling dihindari tentu saja posisi tendangan yang sangat dekat dengan mulut gawang, peluang merobek jala lawan semakin menganga lebar.

Ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan..



Dibuat atraktif nan menarik

Tentu saja gol sering lahir dari proses ini. Dengan tendangan terukuran dan terarah, bola meluncur menerjang gawang dan skorpun diperoleh.

Tapi kali ini, bukan tendangan bebas yang biasa lho..

Ini adalah tendangan bebas yang diracik dan terkonsep. Maksudnya disusun sedemikian rupa sehingga membingungkan lawan.

Untuk apa membuat mereka bingung?

Ketika biasanya bola langsung diarahkan menghujam gawang, mereka kali ini membuat gerakan mondar-mandir, bola dioper kesana kemari dan setelah puas main-main barulah diceploskan ke gawang lawan.

Keren banget sob..

Silahkan cek videonya dibawah dan nikmati sampai selesai ya!! Jangan setengah-setengah, karena banyak proses yang bakal membuat hati terbuai.

Terlihat indah

Proses yang diracik dengan matang ini, akhirnya menghasilkan suatu gol yang pastinya dikenang karena keindahannya.

Cantik sekali..

Pemain lawan pastinya tidak menduga bola bisa dialirkan kesana-kemari dengan cepat dan mereka hanya menjadi penonton..

Penonton gawangnya jebol.

Proses meliak-liuk bola terlihat menawan, mengagumkan, sehingga lahirlah gol yang super kerennya.
Indah sekali...


Latihan dan latihan

Tim yang mampu melakukan koordinasi matang seperti ini pasti sudah sangat sering berlatih dalam situasi seperti ini.

Mereka mencoba menyusun formasi yang pas.

Dan ketika mendapatkan hadiah tendangan bebas, mereka tidak ragu untuk menjajal latihannya hingga berujung gol.

Setiap situasi taktik yang dipakai tentu berbeda.

Tergantung kesempatan dan celah yang ada.
Jika bisa meng-eksplor celah ini, gol bisa diraih dan akhirnya kemenangan pun digenggam.


Penendang terbaik

Untuk urusan tendangan bebas langsung, ada satu maestro yang pastinya sudah dikenal kalangan bola lovers..




David Beckham..

Lesatannya sampai dijuluki tendangan pisang.

Karena pas ditendang, bola melengkung layaknya buah pisang dan seringnya kiper tidak bisa membujuk bola untuk mendekat ke tangannya.



Hanya jaring gawang yang mampu menenangkan amukan si kulit bundar..
Ya jelas saja gol..

Jika sudah Beckham mendapatkan kesempatan mengirim bola lewat tendangan bebas, kiper lawan detak jantungnya kacau.

Mereka kalut..

Reputasinya sebagai penendang jempolan jelas ditakuti kiper. Mereka berharap bolanya terbang jauh, atau paling tidak mencium mistar gawang..


Peluang gol lebih besar

Tendangan bebas, apalagi di depan gawang merupakan momen yang tidak bisa disepelekan, mengingat peluang menambah skor sangat terbuka.

Walau lawan membentuk tembok penghalang, tidak masalah.

Selama bisa mengirimkan bola ke tujuan, gol pasti tercipta dan seringan kemenangan suatu tim lahir dari proses ini.

Ketika menendang bola, si pemain tidak mendapatkan gangguan dari lawan.

Ia bisa berfokus pada bola dan memutuskan arah mana yang harus dipilih. Inilah yang membuat peluang tendangan bebas lebih besar demi merobek gawang lawan.

Dibekali kemampuan menendang jempolan, gol lahir dan bukan tidak mungkin membawa timnya meraih hasil maksimal.

Karena itu, tendangan bebas hanya diambil oleh pemain yang memang sudah jago dalam urusan ini. Mereka tahu bagaimana cara membuat kiper lawan murung.


Baca juga :

Wednesday, August 1, 2018

Tips Membuat Minuman Sachet Agar Rasanya Mantap

Jenis minuman bungkus atau kemasan sangat banyak sekarang, tinggal melipir ke warung, pilih dan bayar..

Mau beli satu sachet juga boleh..



Kemudahan apa yang ditawarkan?
  • Cepat dan tidak ribet
  • Murah
  • Tidak mesti beli banyak. Beli sebungkus untuk sekali seduh bisa.

Tidak heran jika minuman ini menjadi kegemaran baru bagi pecinta teh atau kopi. Yang jual juga banyak, sehingga gampang diborong.



Trik menyeduh

Ambilah contoh coklat bubuk kemasan. Terus anda ingin menyeduhnya untuk dijadikan coklat hangat.


Step by step :

  • Ambil air biasa satu gelas. 
  • Gelas ini kemudian dijadikan wadah untuk minuman coklat nantinya

Hangatkan atau didihkan airnya.

Jangan lupa :

  • Tuangkan sachet ke dalam gelas kosong tadi.
  • Tunggu air sampai mendidih
Selanjutnya :

  • Jika air sudah siap, mulailah menuangkannya sedikit demi sedikit, jangan langsung semuanya.
  • Kira-kira setengah volume air yang panas itu atau setengah isi gelas

Aduk sampai merata dan coba rasakan sedikit.


Tes dulu :
Jika rasa minuman masih pekat, tambahkan air sedikit, aduk dan rasakan lagi. Lakukan sampai pas dilidah.

Jika minuman sudah pas ketika menuang setengah volume air panas, stop tambahkan air dan anda bisa langsung menikmatinya.


Untuk apa sih melakukan itu?

Untuk mendapatkan rasa yang paling disukai. Ketika pas, hatipun senang menikmati sajian yang sudah diracik.



Jadi, kuncinya adalah :

  • menuangkan air sedikit dulu, 
  • kemudian rasakan dan cicipi.



Jika sudah pas, langsung disajikan, jika belum dan rasanya masih pekat, tambahkan air lagi.

Kesalahan yang sering terjadi yaitu terlalu banyak menuangkan air diawal. Tak jarang menghasilkan minuman berasa hambar.

Kecewa langsung muncul..

Inilah yang mesti dihindari.

Kemudian, kitapun merasa rugi akibat minuman yang tidak terasa mantap. Mau diminum malas, tidak diminum sayang..

Serba salah..


Ada solusi untuk minuman hambar

Jika hal itu terjadi, dimana rasa minuman tidak enak, ada trik ringan yang bisa dilakukan.
Yaitu menambahkan gula.

Yap, gula bisa membangkitkan rasa berkat manis yang tersembunyi dalam tiap butirannya. Sehingga minuman bisa lebih enak lagi.

Tapi rasa hambar tetap ada.


Minuman lain juga sama

Tidak hanya minuman coklat, minuman sachet lain seperti kopi, jeruk, juga bisa diseduh dengan cara diatas agar rasa yang tercipta mantap.

Jika sejak pertama kali menyeduh langsung tercipta rasa yang enak, akhirnya kita tidak perlu menambahkan gula lagi.

Airnya mesti ditakar dengan cermat.

Sehingga tidak ada rasa menyesal akibat terlalu bersemangat menuangkan air ke dalam gelas. Kitapun bahagia meminum minuman racikan sendiri.


Kesimpulan

Jadi, langkah penting demi menghasilkan minuman sachet yang pas dan enak adalah mengatur volume air yang dipakai.

Jangan asal tuang dan aduk..
Tapi ujungnya menyesal.



Ini langkahnya :

  • Gunakan air yang sedikit dulu
  • Aduk rata
  • Terus cicipi
  • Jika rasanya masih pekat, bisa ditambahkan air sedikit, aduk dan rasakan lagi sampai benar-benar pas.



Terus, jika saat pertama kali mengaduk rasanya sudah melegakan, tidak usah ditambahkan air.
Siap diminum..


Baca juga :