Yes!! Akhirnya Bisa Merasa Berada Jepang Secara Langsung Walau Tidak Nyata

Nah, maksudnya gimana ini? Bisa merasakan Jepang secara langsung tapi tidak nyata?
Sabar..

Nanti akan saya jelaskan dengan terang benderang.



Awal cerita

Waktu itu saya sedang keluyuran kabur dari rumah bersama istri dan anak. Cari udara segar ceritanya.
Terus tiba-tiba istri pengen main ke rumah teman waktu kuliah dulu.
Meluncurlah kami kesana.

Teman kami ini sedang berada di Jepang.
Ia lagi menghambur-hamburkan waktunya disana dengan cara belajar demi menuntaskan gelar S3-nya.

Terus saya mencari siapa di rumahnya?
Ibu dan adiknya.

Kami saling kenal dan sangat akrab, kalau sudah main kesini, waktu seharian itu pasti cukup. Cukup untuk saling ngobrol kanan kiri, senggol sana senggol sini.


Menelpun teman yang di Jepang

Mengingat jaman sudah canggih, menelpun ke luar negeri bukan perkara menakutkan lagi. Tidak ada yang namanya dompet jebol karena harus membayar tagihan mencengangkan.

Gunakan internet dan beres..
Biayanya murah.

Akhirnya obrolan di mulai dan sayapun mulai melemparkan pertanyaan-pertanyaan seputar studinya.
Beberapa saat kemudian, ia ingin mengajak saya "tour" ke sekeliling tempat tinggalnya.


Saya diajak "tour online"
Inilah yang dimaksud jalan-jalan secara langsung tapi tidak nyata. Jadi, jalan-jalannya lewat video call.


Saya diantar ke beberapa tempat yang bisa memuaskan dahaga akan Jepang.
Maklum, sudah dari dulu ngebet menjejakkan kaki disini, dan syukur sampai sekarang mimpinya masih terpelihara.
Belum ada kesempatan untuk secara langsung merasakan udara disana.


Jalan-jalan pemanasan

Nah, tour online ini saya jadikan sebagai ajang pemanasan untuk mengenal Jepang secara sekilas.
Memang sih banyak video youtube yang menawarkan kemolekan Jepang.

Tapi jika dipandu secara langsung oleh teman yang sedang berada disana, rasanya beda saja gitu.


Ada yang menarik


Pertama saya diajak berkeliling sepeda menyusuri lokasi di dekat tempat tinggalnya. Jalannya bagus amat, mulus..

Dan yang tidak kalah kerennya lagi, sepi banget.
Mobil kok jarang melintas ya?

Mungkin karena teman saya tinggal di daerah yang agak jauh dari kota. Tapi kok jalannya kaya dikota besar, lebar dan mulus.

Bertemu lampu merah dan berhenti.
Ia harus menunggu sampai mata hijau lampu lalu lintas melek lagi.

Saat sedang menunggu, beberapa orang langsung menyebrang lewat zebra cross.

Yang stop di lampu tersebut hanya teman saya saja lho, yang menggunakan sepeda itu.
Lalu lintasnya sepi banget.

Yang lebih menarik lagi..
Orang yang mau menyebrang sangat patuh dengan tanda, mereka akan tetap menunggu giliran. Walaupun jalanan sepi pakai banget, mereka tidak serampangan.

Setelah tanda hijau menyala bagi pejalan kaki, barulah mereka menyebrang..
Wow..
Cakep buanget dah..


Banyak persawahan


Setelah mendapatkan tanda sepeda boleh jalan, perjalanan dilanjutkan dan langsung bertemu dengan bentang sawah yang luas sekali.

Lho, kok mirip dikampung ya?

Itulah celetuk saya ketika diajak menyusuri persawahan, lengkap dengan pematangnya.

Kondisi pertaniannya mirip sekali dengan yang ada disini. Mungkin yang membedakan adalah teknologi yang digunakan.

Mereka mengolah sawah sudah pakai mesin semua, tenaga manusia sudah sangat sedikit dipakai.
Setelah diajak berkeliling, tidak terasa sudah sore saja disana, matahari sudah mau istirahat.
Akhirnya perjalanan terhenti sampai disini.

Memberikan kesan mendalam

Ya, walaupun lewat video call, tapi berasa sudah ada di Jepang saja. Kaki-kaki ikut sibuk seperti ikut mengayuh sepeda yang digunakan teman tadi.
Enak banget..

Walaupun singkat, setidaknya saya mendapatkan beberapa kesan keseharian penduduk disana.

Yang paling terasa adalah sikap disiplinnya.
Walau tidak ada kendaraan yang lewat, mereka tetap menunggu lampu tanda pejalan kaki menyala hijau.

Tidak asal serobot saja..
Keren..

Jalanannya itu lho, bersih dan kondisinya bagus sekali. Pastinya memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Next..

Jika saya sudah berada disana, akan diceritakan lebih puanjang lagi pengalamannya.
Mengingat tour online ini sangat singkat, sementara hanya itu dulu yang bisa saya bagikan kepada para pembaca semua.

Mudah-mudahan saya bisa segera ada di Jepang.


Baca juga :

19 comments for "Yes!! Akhirnya Bisa Merasa Berada Jepang Secara Langsung Walau Tidak Nyata"

  1. Awalnya tadi sudah ada protes di kepala saya; merasakan berada di Jepang tapi tidak perlu ke Jepang.

    Pertama: merasakan ... ya benar donk itu merasakan hahaha.

    Kedua: kemudian pikiran protes itu hilang LOL!

    Semoga bisa ke Jepang ya, Dek Eka ... didoakan agar rejeki dan waktu sama-sama mendukung untuk bisa berada di sana. Jepang adalah negara impian saya untuk tinggal ... hahaha. Impian ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tuteh..
      mari kita bekerja lebih giat lagi agar bisa segera memiliki tabungan segunung agar bisa melanglang buana di negeri sakura.
      Jangan-jangan nanti kita ketemu disana mbak..
      hehe

      Delete
    2. Kalau kita ketemu di sana (Jepang) ... sungguh Tuhan sangat baik huwahahahahah :D

      Delete
  2. Jadi keingetan mantanku orang Jepaaaang ...
    *sedih*

    Laah, apaan sih aku ini tau-tau curhat disini, wkkkkwkk ..


    Wah asik tuh bli diajak video call-an sama temen yang ada du Jepang, jadi berasa nyampai disana betulan ..

    Kapaaan yaa aku menyusul si man .. eerh curhat lagi
    *tabok pipi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo mas hima..
      cari sampai ke negeri jepang..
      wkwkwkwk..
      berarti bisa bahasa jepang dong?
      nihon go dekiru ka?
      wkwkwk

      Delete
    2. Wwwkkkkk ..
      Muahaaal di ongkos buat nyusul ke Jepang, bli ...
      Palingan dia udah berabhagia dengan yang lain.

      Dulu waktu aku kuliah diajarin bahasa Jepang, jadi dikit2 ngerti.
      Kebetulan si mantan fasih bahas Indonesia, jadi komunikasi kami gunain bahasa Indonesia.
      Sesekali bahasa Inggris.
      Bukan buat gegayaan loh ya, hahaha ..., tapi buat practice saja biar lidah ngga belibet :D

      Sepertinya bli Eka ini fasih komunikasi dengan bahasa Jepang ya ?.
      Wuaah ... Mantul kuy, bli ...

      教えて...あなたは喜んでいますか?

      Delete
    3. Berarti disuruh cari orang lokal saja mas hima..
      hehehe...

      nanti ke jepang buat jalan-jalan saja, menikmati pemandangan indah disana.. :)

      Ga juga mas, bahasa jepang saya masih pemula..
      Kanji saja ga ada yang hafal..
      wkwkwkwk...

      Delete
  3. Semoga bisa kesampaian beneran ke Jepangnya mas Eka. Aamiiin. Kalo udah disana nanti saya vidcall yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bang day duluan deh.
      besok pasti ada tugas ke jepang..
      :)
      sudah gratis, bisa jalan-jalan, dapat duit lagi..
      jadi pengen saya bang..
      wkwkwk

      Delete
    2. saling bilang aamiiin aja deh hehee

      Delete
  4. Wah liat lewat video call aja udah senang ya, apalagi ada teman di sana. Semoga bisa merasakan ke Jepang beneran ya Mas. Saya juga pengen banget pergi halan-halan ke Jepang kayak rang orang, hehehe...

    Saya juga ngiri sama orang Jepang yang sangat sangat disiplin, coba seandainya masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta bisa disiplin kayak di Jepang, pasti gak ada yang namanya macet dan ribut adu mulut, saling mengalah satu sama lain.... Tapi harapan tinggallah harapan aje

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hendra.
      Jepang memang disiplin banget. Sdh dari kecil diajarin gt, besarnya jadi kebawa deh..
      Mudah2an kita bisa bersikap seperti mereka ya..

      Delete
  5. semoga kesampaian dek ke Jeoang salam dari Kyoto Jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap bang..
      Wah, saya mendapat tamu dari kyoto ini..
      hehe..

      Delete
  6. Mantap sambil S3-nya beasiswa ya, semoga cepat lulus & bisa mengaplikasikan ilmunya, lewat blog juga bisa hehe.. Senang juga di sana sepertinya jauh dari hedonisme & hidup berdisiplin. Terkadang disiplin itu menular, kalau ada yang ga disiplin akan malu sendiri. Kalau di Indonesia maaf2 aj, yang disiplin itu minoritas, misal dalam berlalu lintas.. Salam kenal, saya follower baru blog ini. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu teman saya yang s3 bang..
      saya masih di indonesia saja..
      haha..
      iya betul, memang harus dibudayakan disiplin. harus lebih kental lagi pelajarannya disekolah biar menjadi budaya..

      Delete
  7. sini bang kita ketemu di jepang ayo ngeblog dengan rajin bisa ngumpulin duit

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap bang..
      ini ngebut nge-blog dulu bang..
      hehe

      Delete