Cara Mengecek dan Mencocokkan Waktu yang Tepat Untuk Jam Anda

Pernah merasa bingung apakah jam yang nempel ditangan sudah menunjukkan waktu yang benar-benar tepat? Pastinya pernah merasa seperti itu kan? Terus dimana dong tempat yang pas untuk mengeceknya?



Tenang..

Ada tempat yang bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui apakah waktu yang ditunjukkan oleh jam kita itu sudah pas atau belum. Bahkan jika ingin mengetahui waktu disetiap pelosok duniapun bisa!!

Menarik ya?


Untuk di Indonesia

Karena tinggal di Indonesia, pastinya kita selalu berhubungan dengan waktu yang tepat disini kan? Nah mari kita baca lagi kelanjutan ceritanya..



Yang harus anda lakukan adalah berkunjung ke situs : https://www.timeanddate.com/worldclock/


Silahkan copy link diatas dan langsung meluncur ke situsnya. Disana kita akan menemukan tampilan gambar seperti dibawah ini.

waktu di dunia

Sasaran kita adalah Jakarta kemudian langsung scroll ke bawah dan cari kota yang haruf depannya "J". Kota-kotanya sudah diurutkan berdasarkan abjad, jadi sangat mudah mencarinya.

Ok, Jakarta sudah ketemu..
Sekarang apa lagi?

Pastikan anda sudah mengetahui zona waktu di daerah masing-masing!!

  • Jika berada di zona WIB, berarti waktu di tempat anda sama dengan di Jakarta, waktu yang ditunjukkan pada gambar diatas, yaitu 07.22
  • Jika berada di zona WITA, berarti tinggal tambahkan 1 jam. Jika pada gambar diatas waktunya di Jakarta menunjukkan 07.22, berarti untuk daerah WITA menunjukkan 08.22
  • Jika berada di zona WIT, berarti tinggal tambahkan 2 jam dari yang di Jakarta. Jika di Jakarta menunjukkan waktu 07.22, maka waktu di daerah anda adalah 09.22

Mudah sekali bukan?

Ingat ya!!

  • WIB = Waktu Indonesia Barat
  • WITA = Waktu Indonesia Tengah
  • WIT = Waktu Indonesia Timur

Jadi sekarang anda tidak akan pernah merasa ragu lagi bahwa waktu yang ada di jam tangan atau jam yang sedang bengong di dinding itu sudah pas atau belum. Tinggal melipir saja ke situs diatas dan cek.

Beres sudah!!

Bukan cuma itu saja

Disitus world clock tersebut, kita tidak hanya bisa melihat deretan waktu-waktu dari seluruh dunia dengan tampilan seperti gambar. Jika ingin melihat bentuk yang lain, ada kok waktu dengan bentuk jam bulat seperti gambar dibawah.

Tampilan jam bulat

Untuk bisa menikmati tampilan seperti itu, tinggal sisir saja area bagian atas, yaitu pada menu websitenya. Perhatikan yang di kelilingi kotak merah.

Terus pilihlah "personal world clock"

Tampilannya pun berubah seperti diatas. Kalau saya sih lebih senang melihat tampilan yang seperti ini, bagaimana dengan anda?

Masih belum puas?

Tenang, adalagi kok materi lain yang bisa di eksplor dalam website ini. Lihatlah pada deretan menu yang diberi background hitam.

Disana anda bisa mengakses beragam hal seperti kalender, cuaca, kalkulator dan sebagainya. Silahkan deh ubek-ubek sendiri dan temukan hal-hal baru yang bisa menambah wawasan.

****

Jadi seperti itulah cara untuk mengetahui waktu yang pas dan ini berlaku diseluruh dunia lho. Jika anda ingin melihat waktu di tempat dan sudut dunia yang lain, silahkan saja mengunjungi situs ini dan temukan informasinya disana.

Semoga membantu.


Baca juga :

Post a Comment for "Cara Mengecek dan Mencocokkan Waktu yang Tepat Untuk Jam Anda"