Home » » Sering Lupa Akan Sesuatu?? Lakukan Langkah Mudah Ini

Sering Lupa Akan Sesuatu?? Lakukan Langkah Mudah Ini

aduh lupa


Pernah kan anda tiba-tiba mengingat sesuatu yang sangat penting dan harus segera dilakukan, tapi kemudian anda memilih untuk mengerjakannya belakangan. Beberapa saat kemudian ketika mau mengerjakannya, tiba-tiba anda lupa apa ya yang diingat sebelumnya itu.

"Apa ya yang tadi itu??? Kok jadi lupa..."

Andapun berusaha keras untuk mengingat hal itu sambil komat-kamit membaca mantra yang akan membuat ingatan itu "pop-up" kembali dalam otak. Kadang usaha anda berhasil dan tak jarang membentur tembok kegagalan.

 Jika sesuatu yang sangaaatttt... penting 

Ketika anda mengingat sesuatu yang sifatnya sangat penting dan mesti kudu harus wajib dilakukan, maka janganlah coba-coba untuk mengabaikannya.

Anda harus segera mengamankan ingatan penting ini ke dalam suatu bentuk lain, yang akan memudahkan anda mengingatnya kembali ketika harus dilakukan belakangan.

 Lakukan ini 

Cara mudah untuk mencegah anda tidak kelimpungan ketika mengingat ingatan yang terlupakan itu adalah dengan mencatatnya.

Poin-poin pentingnya saja

Catatlah poin pentingnya saja dan ketika membaca tulisan itu lagi, anda sudah mengerti maksudnya dengan jelas dan tahu apa yang harus segera dilakukan.

Kalaupun ingatan yang sudah dicatat ini tidak dikerjakan setelah dibaca, maka anda tidak akan pernah lupa apa inti pekerjaan ini berkat catatan yang sudah ditorehkan dalam sebidang kertas.

Mudah sekali bukan??

Jadi ketika ada suatu ide atau ingatan yang sifatnya sensitif atau penting, cobalah untuk menuliskannya atau dibuatkan catatan agar anda mudah mengingatnya kembali.

 Jika terlanjur tidak mencatatnya 

Apabila anda sudah terlanjur tidak mencatat ide atau ingatan tersebut, tetapi anda ingin mengetahuinya kembali, saya ada satu cara lagi yang bisa dicoba.

"Oh ya, ini ingatan yang tadi saya lupakan itu"
  • Ingatlah topik atau tema dari ide yang anda lupakan tadi
  • Kemudian carilah kata-kata yang berhubungan dengan ingatan yang sudah anda lupakan itu.
  • Ulangilah langkah 1 dan 2 tadi secara terus menerus sampai anda menemukan ingatan itu. "Oh ya, ini ingatan yang tadi saya lupakan itu".
  • Kalau tidak bisa sama sekali, janganlah dipaksa. Karena hanya akan membuat anda tambah bingung dan stres.
Ada baiknya dilupakan dulu proses mengingat ini, lakukan kegiatan lain dan jangan dipikirkan. Nanti ingatan yang terlupakan ini bisa muncul kembali secara tiba-tiba, nah itulah saat yang tepat bagi anda untuk mencatatnya.

 Kesimpulan 

Jadi jika mengingat sesuatu yang penting, lakukan beberapa hal ini :
  • Catat ingatan tersebut agar anda tidak melupakannya
  • Gunakan buku catatan kecil atau gunakan smartphone anda
  • Catatan ini bisa dibaca nanti ketika anda ingin mengetahui ingatan tersebut atau apa yang harus segera dilakukan.

Anda pun tidak akan menemui kesulitan tanpa harus berusaha setengah matang mengingat apa sih yang tadi dipikirkan itu. Betul tidak??

Mudah-mudahan membantu ya...


 Baca juga ya : 




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment