Home » , » Perbedaan Rambut dan Bulu yang Harus Kita Pahami

Perbedaan Rambut dan Bulu yang Harus Kita Pahami

Rambut vs bulu
Rambut vs bulu


Apakah anda senang menghilangkan bulu pada ketiak baik itu dengan mencabut ataupun mengurisnya?

Tapi sebelum lanjut, apakah yang anda cabut itu benar-benar namanya bulu? Atau jangan-jangan anda selama ini salah sebut?

#Tiga langkah memperbaiki tulisan yang salah

 Sering salah sebut 

Yang selama ini anda sebut bulu pada badan itu sebenarnya adalah rambut atau manusia itu tidak mempunyai bulu sama sekali.

Tidak ada bulu sama sekali kok

Yang ada adalah :

  • rambut kaki, 
  • rambut ketiak, 
  • rambut tangan dan lainnya. 

 <<Bukti sahih lainnya>> 

Kalau memang anda menganggap yang tumbuh pada ketiak dan kaki itu bulu, lantas mengapa yang tumbuh pada kepala itu disebut rambut? Kenapa tidak dikatakan sebagai bulu kepala?

Di kepala, kaki dan ketiak adalah rambut semua

Bentuk rambut yang tumbuh di kepala, kaki dan ketiak sama bukan? Warnanya hitam dan bodi-nya kurus-kurus.
#Kapan sih banyak orang suka warna merah?

 Bagaimana dengan bulu? 

Bulu itu ditemukan pada burung, ayam, angsa, bebek dan unggas lain. Itulah yang disebut dengan bulu.

Kalau kita perhatikan, bulu sangat berbeda sekali bukan dengan rambut manusia.

  • Bulu itu sangat rapat dan menutupi tubuh dari burung sehingga bagian kulitnya tidak kelihatan. 
  • Sedangkan kalau rambut itu tumbuhnya jarang-jarang dan kulit masih terlihat dan tidak penuh tertutupi.
 Kesimpulan 

Berikut bisa saya rangkum perbedaan antara bulu dan rambut.

Rambut itu :

  • Setiap helai akan tertanam pada kulit
  • Bentuknya kurus dan meruncing di ujung
  • Warnanya dominan hitam, walaupun ada coklat dan putih
  • Tumbuh pada mamalia seperti manusia
Bulu itu :
  • Bentuk mirip kipas
  • Tumbuh pada unggas
  • Warnanya bermacam-macam
Jadi sekarang sudah jelas ya pemahaman mengenai bulu dan rambut? Semoga membantu..

Oh ya, ada satu lagi. Bulu itu bisa digunakan untuk membuat shuttlecock yang digunakan untuk permainan bulutangkis. Biasanya yang digunakan adalah bulu ayam atau angsa.


 Baca juga : 


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


6 comments:

  1. Anjir, salah kaprah lagi ane mas -_-
    Setiap yg menuttpi kulit/tubuh mesti dibilang bulu :v
    mas eka ini jurusan biologi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai saja mas ridha... hehehehe..
      ga mas, saya malah jurusan teknik mesin ini,,, hahaha...
      sharing saja mas, untuk nambah2 ilmu..

      Delete
    2. wkwk kirain, panggil tan atau owi aja mas, teknik? wah kita serumpun

      Delete
    3. ok deh tan..
      wah, ternyata serumpun kita ya..

      Delete
  2. Wah nambah ilmu nih Mas Eka. Mungkin kita terbiasa menyebutnya bulu ya Mas, kayak bulu hidung, bulu kaki dlsb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas hendra..
      biar ga salah sebut lagi sekarang...

      Delete