Monday, August 31, 2015

2 Cara Makan yang Bisa Membuat Anda Bahagia

2 cara makan


Makan merupakan kebutuhan penting bagi tubuh agar bisa mendapatkan energi kembali untuk menuntaskan aktivitas yang belum selesai. Biasanya kita disarankan makan 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan malam.

Namun jika dilakukan dengan cara yang kurang baik, acara makan bisa menjadi awal kedatangan musibah yang tentu tidak ingin kita undang.

Untuk membuat acara makan menjadi sesuatu yang berkesan dan membahagiakan, ada baiknya anda harus mencoba beberapa cara yang akan saya berikan dibawah ini.
#Bahagia itu pilihan, tidak percaya??

 2 cara makan yang baik 

Ini adalah pengalaman saya sendiri ketika makan dan pastinya saya sudah mendapatkan pengalaman buruk berkaitan dengan makan ini.

Karena pengalaman yang kurang enak inilah, saya ingin membagikannya kepada para pembaca semua agar tidak mengalami hal yang kurang menyenangkan ini.

Ok, berikut adalah 2 cara makan yang baik tersebut :

1. Makan pelan-pelan

Kenapa harus pelan?? Ada beberapa hal menguntungkan ketika kita makan pelan-pelan, tapi tidak pelan amat seperti jalannya keong.

  • Bisa merasa lebih cepat kenyang, jadi bisa membuat anda lebih langsing tentunya
  • Membantu kinerja lambung agar tidak terlalu capek menghancurkan makanan. 
  • Gigi yang terpasang pada mulut, digunakan untuk menghancurkan makanan lebih halus lagi sehingga lambung tidak bekerja terlalu keras.
Makan pelan-pelan itu ternyata lebih menguntungkan dan ada satu lagi yang saya lupakan :
  • Mencegah bibir kecium gigi tajam anda yang bisa mengakibatkan luka.
Kalau sudah luka, bisa menimbulkan sariawan yang sungguh tidak diharapkan kedatangannya. Sudah tahu kan bagaimana rasanya disapa oleh kehadiran sariawan??

2. Secukupnya dan tidak sekenyangnya

Saya terbiasa untuk memenuhi hasrat perut ketika lapar dengan memakan banyak makanan, tapi ternyata ini mendatangkan masalah juga.


Jangan terburu nafsu ya!!


Ternyata saya memasukkan makanan dengan takaran yang melebihi "request" perut, akibatnya perut menjadi terbentang kencang dan malah menimbulkan sensasi tidak nyaman. 

Apakah anda pernah mengalami hal seperti itu??

Dengan memasukkan makanan sesuai dengan yang diminta tubuh, badan itu rasanya enteng dan tidak ada sensasi tidak nyaman di perut. 
  • Mungkin anda bisa mencoba untuk tidak makan berlebihan dulu, 
  • Kenali kondisi perut ketika makan apakah sudah hilang laparnya, bukan sampai hilang situasi kalap makannya ya..

 Masih ada lagi tambahannya lho.. 

Belum puas dengan 2 cara diatas??? Ok, saya akan berikan lagi 2 cara tambahan yang bisa membuat acara makan anda bertambah bahagia.

3. Syukuri apa yang ada

Jangan remehkan nasihat orang tua kita yang super bijak ini lho, "syukuri apa yang ada". Makna yang terkandung di dalamnya sungguh luar biasa dan jika dipraktekkan dalam makan juga sangat bermanfaat.

Semuanya menjadi enak

Ketika anda melihat sajian di dalam piring, jangan pernah mencoba untuk menunjukkan rasa tidak suka atau kurang puas. Ketika rasa ini sudah muncul, makanan tersebut tidak akan terasa enak.

Coba deh lakukan, ucapkan syukur yang mendalam di hati ketika anda masih diberikan kesempatan untuk mencicipi makanan oleh Tuhan. Woowww rasanya luar biasa sekali, walaupun lauknya hanya ada tempe dan tahu...

Apakah penulis juga melakukan ini???

Tentu saja iya, karena apapun yang dimasakkan oleh istri saya selalu disyukuri dan rasanya sungguh nikmat. Lagian hampir setiap hari saya juga makan tempe sama tahu kok.. Mereka adalah makanan favorit saya..

4. Tidak mengobrol berlebihan

Biasanya kalau sudah makan bareng teman-teman, ga mungkin kan kalau kita hanya diam-diaman saja menyantap sajian di piring???

Ngobrol sih boleh saja, asal jangan berlebihan apalagi sampai tertawa ngakak sekeras-kerasnya. Musibah sudah mengintai tu..

Rasa tidak enak di kerongkongan

Anda bisa tersedak dan merasakan sensasi tidak nyaman pada kerongkongan. Makanan yang rasanya enak itupun buyar seketika.. Sayang bukan???

 Kesimpulan 

Bagaimana, apakah anda pernah juga mengalami 4 situasi diatas yang bisa menghancurkan kencan anda dengan makanan tersayang??

Kalau iya, berarti mulai sekarang anda harus belajar untuk :
  • Makan pelan-pelan, tapi pelannya tidak keterlaluan seperti keong
  • Porsi secukupnya dengan mengenal kapasitas perut
  • Lebih mensyukuri apa saja yang ada
  • dan jangan mengobrol berlebihan
Mudah-mudahan dengan apa yang sudah saya bagikan ini, anda bisa mendapatkan manfaatnya sehingga acara makan menjadi menyenangkan, puas dan disertai rasa bahagia...


 Baca juga ya : 

Saturday, August 29, 2015

Jangan Biarkan Ide Menguap Begitu Saja Tanpa Pamit



Pernahkan..

Anda tiba-tiba mendapatkan ide sebagai solusi atas masalah yang sedang dihadapi..

Tapi..
Sesaat kemudian anda memilih untuk memikirkan hal lain.

Apa yang terjadi??

Akhirnya..

Ide cemerlang itu hilang gara-gara teralihkan oleh pikiran lain itu.

Nah, jika mengalami hal seperti itu ada cara terbaik untuk menjaga ide agar tidak hilang tanpa mengatakan pamit atau permisi.


Caranya mudah sekali lho..

Caranya adalah..

Dengan mencatat ide yang tiba-tiba datang dan jangan biarkan sampai kita lupa akan ide tersebut.

Cara mencatatnya pun sangat beragam.
Bisa menggunakan buku catatan ataupun menggunakan handphone.


Bisa menggunakan buku ataupun smartphone anda


Yang paling mudah digunakan adalah menggunakan handphone.

Mengapa?

Handphone selalu kita bawa kemanapun kita pergi dan handphone adalah alat pencatat terdekat yang kita bawa.

Dibandingkan membawa buku catatan kemana-mana kan repot juga.
#Alasan penting diciptakannya buku tulis

  • Catatlah ide anda tersebut di handphone/smartphone yang ada memo atau aplikasi pencatat lainnya. 
  • Sekarang pada kebanyakan smartphone sudah tersedia memo seperti itu. 
  • Ketika ide tiba-tiba datang, segeralah catat ide itu agar tidak menguap.
  • Karena jika pikiran sudah teralihkan oleh pikiran lainnya, maka ide bisa segera hilang dan kita kehilangan kesempatan emas tersebut.


Manfaatnya untuk apa saja?

Mencatat berbagai ide yang muncul secara tiba-tiba dan sesuka hatinya, akan sangat bermanfaat bagi anda yang sedang mengerjakan beberapa hal berikut ini, seperti :

  • mengerjakan tugas akhir atau skripsi
  • bagi para penulis, seperti para blogger untuk mencatat ide tulisan
  • pengingat untuk mengerjakan sesuatu yang harus segera dibereskan, dan lain-lain


Dengan mencatatnya..

Maka andapun bisa melengkapi tugas yang sedang dikerjakan dengan ide-ide ini sehingga hasilnya lebih menarik dan memuaskan banyak pihak..

Selamat mencoba ya..


Baca juga :

Sepele : Happy Birthday yang Sering Salah Ucap

Saya menulis ini bukan berarti ahli bahasa inggris lho ya, saya cuma expert saja dalam hal ini, huahahahaha... (becanda bro, jangan kebawa serius dulu ya!! Peace..)



Mengingat setiap hari ada saja yang ulang tahun, kata ini pasti sering didengar.

Beberapa orang mengucapkan "happy birthday" dengan cara yang kurang tepat, alias keliru, alias tidak pas, alias kurang tepat pronunciation-nya.

Pronunciation itu maksudnya pengucapan yang pas, tepat dan sesuai dengan yang dilakukan si native speakernya.

Bingung lagi apa itu native speaker?

Baca disini untuk lebih lengkapnya : Apa itu native speaker?



Dimana salahnya


Ok, kesalahan sepelenya terletak disini.

  • Happy birthday diucapkan => hepi besde (pengucapannya saya tulis sesuai dengan apa yang saya dengar ya).

  • Hepi besde-nya diucapkan seperti membaca bahasa indonesia ya, jangan pakai pengucapan bahasa inggris lagi.

Pembaca : "Iya sudah tahu, bawel banget penulisnya ini".
Penulis : " Iya maaf ". Mukanya menunduk kemudian pergi untuk melanjutkan menulis cerita ini lagi.




Hepi besde => huruf "e" pertama pada kata besde diucapkan seperti mengatakan "resah". Sedangkan huruf "e" yang kedua diucapkan seperti huruf "e" pada kata "enak".

Coba praktekkan => " hepi b-e-s-d-e ".

Bagus!!

Sudah paham kan maksud saya dimana letak keanehan pengucapan "happy birthday"????



Trus yang benar gimana dong?


Pengucapan happy birthday yang mendekati native speaker adalah kira-kira seperti ini :
Happy birthday => hepi betde.

  • Pada kata "betde" huruf "e" pertama diucapkan seperti "e" pada kata "resah" dan huruf "e" kedua diucapkan seperti kata "enak".
Jelas dan clear ya!!

Untuk lebih lengkapnya, silahkan cek di google translate dan dengarkan pengucapan yang benar.


Resah mendengarnya

Perasaan saya ketika mendengar kata ini diucapkan dengan cara yang agak melenceng dari kebenaran adalah gelisah.

Apalagi kalau yang mengucapkan itu adalah orang yang saya anggap mengerti dan mengenal bahasa inggris.

Kalau anak-anak saya maklum lah, mereka kan tinggal diberitahu saja pengucapan yang benarnya.

Tapi kalau orangnya sudah gede, mungkin akan ada perasaan kurang terima gitu kalau dikritik,
😀😀

Nah bagi anda yang setuju dengan saya, mari kita ucapkan bahasa inggris dari "happy birthday" ini dengan baik ya. Sehingga terdengar lebih enak dan mantap.

Semoga bermanfaat dan membantu ya..


Baca juga :

Friday, August 28, 2015

Cara Konyol Mengetahui Nama Teman yang Sudah Lupa Ketika Bertemu Dengannya

BAB I : Pendahuluan

Hari ini adalah hari libur, saya jalan-jalan dulu untuk mencari suasana baru. Pergi ketempat perbelanjaan dengan pacar untuk mencari barang-barang kebutuhan sehari-hari dan tentunya menenangkan rontaan perut dengan makanan enak.



Di mall lihat-lihat sandal dulu. Sudah keliling-keliling, ternyata tidak ada yang cocok dan sesuai selera doi. Sandalnya putus, jadi harus segera dicari yang baru berhubung hari raya sudah semakin dekat, sandal juga mendesak untuk dibeli.


Lagi asyik-asyik melihat-lihat sandal, saya berjumpa teman kuliah di Jogja dulu.

Ya, sekarang saya sudah tinggal di Bali, pulang kampung. Tidak berani langsung menyapa, karena takut salah.

Maklum, sudah hampir lima tahun tidak pernah berjumpa semenjak selesai kuliah. Teman saya yang cewek ini sedang memilih sandal juga. Lama saya perhatikan, dan akhirnya dia melihat saya dan langsung menyapa.

Ternyata benar teman kuliah dulu, kami mengobrol sebentar dan kemudian melanjutkan perjalanan masing-masing. Tentunya saya ingat nama teman yang ini.


BAB II : Kekonyolan terjadi

Capek jalan-jalan, perut sudah semakin mengerang kelaparan karena sudah siang. Kami mencari warung makan, doi ingin makan steak. Saya juga setuju, karena steak yang ditempat ini merupakan favorit saya.

Berangkat...

Langsung meluncur ke warung tujuan dan memesan makanan. Sembari melahap makanan, kami mengobrol kesana kemari, tanpa arah dan yang paling pasti tidak jelas topiknya.

Akhirnya perut sudah tenang kembali dan steak yang ada dihadapan sudah menyisakan segilintir kuah di piringya. Ini berarti saya harus segera membayar dan pergi pulang.


Bertemu teman yang entah siapa namanya

Ketika mau ke tempat parkir, lagi-lagi saya melihat wajah yang tidak asing sedang menyantap steak pesanannya. Kebetulan jalur keluar melewati tempat duduknya, eh si dia malah langsung menyapa sambil menyebut nama saya.



Nah, disinilah saya bingung. Saya lupa namanya, padahal dulu di Jogja sering ketemu. Ya, karena sudah lama tidak berjumpa jadi lupa deh namanya.

Ga enak dong mengobrol dan tidak tahu nama teman kita dan yang dulunya sangat kenal?

Dia menyuruh duduk malah, berarti obrolan akan panjang, gawat ne… Mana namanya belum keingat lagi.

Saya berusaha keras mengingat namanya sambil mengobrol dan masih belum menyebut namanya, padahal dia kalau bertanya menyebut nama saya.
  • Eka dimana kerja sekarang, 
  • eka tinggal dimana, 
  • eka kapan lulus. Tidak pernah bilang kamu dimana kerja sekarang, kamu tinggal dimana, kamu kapan lulus. Hanya saya saja yang bilang kamu-kamu terus.

Ide brilian muncul

Akhirnya saya ada ide, setelah mengobrol cukup lama, lupa mengenalkan pacar ke teman. Saya perkenalkan doi. Doi bilang namanya dan giliran teman saya ini melakukan yang sebaliknya.

Kuping langsung siaga mendadak..

Jangan sampai melewatkan momen ini..

Yes, akhirnya tahu namanya. Hehehehehehe…….. Obrolan kami lanjutkan lagi dan saya tidak takut lagi menyebut namanya, ..😆😆😆

Ternyata memperkenalkan pacar jadi bisa tahu nama teman lama yang sudah saya lupakan...


Baca juga :

Sering Lupa Akan Sesuatu?? Lakukan Langkah Mudah Ini

Pernah kan tiba-tiba mengingat sesuatu yang super penting dan harus segera dilakukan, tapi kita malah mengesampingkannya dan memilih untuk dituntaskan belakangan?

Pasti sering mengalaminya..



Beberapa saat kemudian..
Ketika mau mengerjakannya, tiba-tiba lupa "apa sih hal penting tadi?"


"Apa ya yang tadi itu??
Kok jadi lupa..."


Setelah menyadari keteledoran itu, kitapun berusaha keras mengambil ingatan yang hilang tadi, sambil komat-kamit melontarkan mantra yang akan membuat ingatan itu "pop-up" lagi dalam otak.

Kadang usahanya berhasil dan tak jarang membentur tembok kegagalan...
Ouchh..


Jika hal itu sangat penting gimana?


Yang jelas pasti menimbulkan panik..

Ketika pikiran disentil sesuatu yang sifatnya sangat penting dan mesti kudu harus wajib dilakukan, janganlah coba-coba mengabaikannya!
Bisa menimbulkan masalah besar..

Kita harus segera mengamankan ingatan penting ini ke dalam bentuk lain, yang memudahkan  mengingatnya kembali ketika harus dilakukan belakangan.

Cara mudah menghindari kelimpungan ketika mengingat ingatan yang terlupakan itu adalah dengan mencatatnya.


Catat poin pentingnya saja!!
Lebih detil lebih bagus.


Catatlah poin pentingnya saja..
Dan ketika melirik tulisan itu lagi, kita sudah tahu apa yang harus segera dilakukan.

Kalaupun tidak mau dikerjakan sekarang, setidaknya kita aman karena sudah merekamnya dalam bentuk catatan.
Pas mau dikerjakan, contek catatannya dan pekerjaan bisa dilanjutkan tanpa masalah berarti..

Mudah kan?


Jadi ketika ada suatu ide atau ingatan yang sifatnya sensitif atau penting, cobalah untuk menuliskannya atau dibuatkan catatan agar mudah mengingatnya kembali.


Jika terlanjur tidak mencatatnya


Apabila sudah terlanjur tidak mencatat ide atau ingatan tersebut, tetapi anda ingin mengetahuinya kembali, saya ada tips.

  • Ingatlah topik atau tema dari ide yang dilupakan itu
  • Kemudian carilah kata-kata yang berhubungan dengan ingatan yang sudah anda lupakan itu.
  • Ulangilah langkah 1 dan 2 secara terus menerus sampai anda menemukan ingatan itu.
    "Oh ya, ini ingatan yang tadi saya lupakan".
  • Kalau tidak bisa sama sekali, janganlah dipaksa.
    Karena hanya menambah bingung dan stres.

Ada baiknya dilupakan dulu proses mengingat ini, lakukan kegiatan lain dan jangan dipikirkan.
Nanti ingatan yang terlupakan ini bisa muncul kembali secara tiba-tiba, nah itulah saat yang tepat untuk menangkapnya dan ikat dalam bentuk catatan.


Kesimpulan

Jadi jika mengingat sesuatu yang penting, lakukan beberapa hal ini :
  • Catat ingatan tersebut agar tidak menguap
  • Gunakan buku kecil atau yang lebih canggih, smartphone
  • Catatan ini bisa dibaca nanti ketika ingin mengetahui ingatan tersebut atau apa yang harus segera dilakukan.

Kita pun tidak menemui kesulitan tanpa harus berusaha setengah matang mengingat apa sih yang tadi dipikirkan itu.
Betul tidak??

Mudah-mudahan membantu ya...


Pilihan bacaan lainnya :

Thursday, August 27, 2015

5 Kegiatan Selingan Ini Akan Membuat Deadline Anda Hancur

Deadline dalam suatu pekerjaan adalah hal mutlak yang harus segera diselesaikan. Jika tidak, rencana kerja berikutnya bisa berantakan dan pastinya membuat pusing kepala.

Ga mau kan??



Capek dong kalau harus mengulang menyusun rencana lagi dan lagi gara-gara deadline tidak tercapai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan??
#Kegiatan-kegiatan produktif pengisi waktu luang anda


Mengetahui penyebabnya

Jika anda mempunyai rekor yang baik dalam urusan selalu terlambat menyelesaikan tugas sesuai target, ada baiknya anda harus memikirkan hal penting ini.




Apa sih penyebab dari keterlambatan itu??


Betul sekali..

Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan deadline tidak tuntas tepat waktu.

Dengan menganalisanya, beberapa rekomendasi tindakan bisa diperoleh sehingga kinerja tidak terganggu dan deadline yang sudah dipatok mampu digapai sesuai jadwal. Bahkan lebih cepat..
#Lalai cenderung merugikan lho.. Coba deh baca disini!!


Apakah penyebabnya mirip seperti ini??

Setelah merenungkan beberapa penyebab dari keterlambatan itu, apakah penyebab-penyebab dibawah ini masuk dalam kategori anda??

Nah coba deh untuk membacanya lagi!!

1. Mencoba chatting

Ketika sedang mengerjakan tugas yang sudah menyerempet deadline, tiba-tiba anda keingat dengan seseorang, entah itu teman lama ataupun mantan pacar.. Wuih, mau CLBK ceritanya??? :)

Kemudian andapun mencoba mengambil smartphone dan mengirim beberapa pesan kepada mereka. Singkat cerita pesanpun dibalas dan anda malah asyik dengan chatting ini sehingga konsentrasi kepada tugas buyar blas blas entah kemana.

Sudah tahu akhir ceritanya??

Tugaspun dicampakkan dan memilih asyik dengan obrolan yang sebenarnya bisa dilakukan ketika jam istirahat atau sesudah bekerja.

Pernah mengalami kejadian seperti ini kan?? Hayo ngaku lho... nanti dosa, :)
#Aplikasi chatting pada smartphone


2. Mencuri waktu untuk online

Mencoba curang dengan online di tengah pekerjaan bisa menghambat proses penyelesaian tugas itu sendiri lho. Online saat menuntaskan tugas bisa memakan waktu yang lumayan dan itu mempengaruhi kinerja.

Progres pekerjaan tersendat..



Online sering membuat kita tidak sadar sudah menghabiskan waktu yang lama



Apalagi jika anda mencoba untuk berbelanja online ketika sedang bekerja, milih barangnya saja bisa lama kan?

Itu baru milih barang, belum lagi kalau bingung milih belanjanya harus di situs mana..
Nah lho..

Jika larut dalam kegiatan ini, pekerjaan yang harus segera dituntaskan terlantar dan pastinya merugikan diri sendiri.


3. Bergosip

Ayo digosok-gosok biar tambah sip, tambah sip dan tambah siiiippppp lagi pokoknya...

Seperti itulah kegiatan bergosip, hal-hal yang tidak perlu dibahas akan secara sengaja dicarikan alasan biar pas untuk dibahas.



Obrolan mengalir kesana kemari


Karena berusaha mencari-cari bumbu pemanas gosip inilah waktu bekerja banyak terkuras dan akhirnya membuat deadline molor.

Apalagi jika  pas menemukan teman yang pandai menggosok gosip.. Bakalan tambah lama deh molornya..


4. Bosan

Bos tidak akan mau tahu kalau deadline anda itu molor, deadline ya deadline. Ga perduli walau alasannya anda bosan bekerja.

Rasa bosan memang bisa mempengaruhi mood untuk bekerja.



Bosan membuat semangat hancur, hati murung, tubuh lemas kehilangan tenaga.


Cobalah rehat sebentar, berkeliling disekitar kantor sambil menikmati pemandangan indah di hadapan. Atau beli kopi dulu deh biar tidak ngantuk, setelah itu tugas bisa ditamatkan lagi ceritanya..
#Kalau seperti ini, bekerja itu memang membosankan


5. Terlena nonton video

Menonton video bisa menyita waktu lama, apalagi videonya berdurasi diatas 10 menit bahkan lebih. Ini mesti dihindari.

10 menit itu sangat berharga bagi anda yang sedang dikepung tugas.

Misalnya teman anda datang ke kantor dan ia menunjukkan video keren dan andapun tergoda oleh bujuk rayunya.



Jika keasyikkan, menontonnya bisa sangat lama lho..


Maunya nonton cuma sebentar, eh malah menjadi sebentar pangkat sekian. Lama jadinya kan??? Bisa dipastikan kalau deadline pasti akan molor tuh, dan siap-siap kena semprotan sang atasan..
#Ini yang mungkin anda lakukan ketika menonton video youtube


Teguh hati dan pikiran

Nah kalau sudah deadline di ujung hidung, ada baiknya lebih teguh dan setia terhadap si deadline itu sendiri.

Anggap yang lain itu hanyalah sesuatu yang akan membuat anda mendapatkan  amarah dari  atasan. Dengan teguh dan setia maka deadline-pun tercapai bahkan bisa lebih cepat dari jadwal..

Bagaimana, mau kan kalau deadline tidak molor????

Mau banget pastinya..

Menuntaskan pekerjaan jauh lebih cepat dari waktu yang dipatok membuat anda memiliki reputasi bagus ditempat kerja. Bos pastinya sangat menyenangi karyawan yang rajin, teladan dan tahu mengatur waktu.

Imbasnya banyak..
  • Naik gaji
  • Naik jabatan
  • Naik derajat

Dan yang pasti, bekerja cepat dan sesuai jadwal membuat hati puas. Puas hadir karena berhasil menyelesaikan pekerjaan yang sudah ditargetkan..

Setelah puas apalagi?

Bahagia dong..

Rasa senang muncul setelah puas dengan hasil pekerjaan yang diperoleh.. Terus, rasa senang dan bahagia ini memunculkan semangat yang membantu diri bekerja lebih ngebut lagi..



Baca juga ya :

Wednesday, August 26, 2015

Aplikasi Android Dengan Total Download 1 Milyar


Smartphone dengan Sistem Operasi Android sangat mudah sekali ditemukan sekarang dan salah satu alasannya adalah karena banyak produsen smartphone yang menggunakan OS ini.

Terus, yang namanya smartphone itu pasti sangat lekat sekali dengan yang namanya aplikasi, betul kan? Karena berkat bantuan dari aplikasi inilah para penggunanya bisa melakukan apa yang mereka inginkan.

Aplikasi terbanyak di download

Pernahkah terbesit dalam benak anda untuk mengetahui aplikasi apa sih yang paling banyak dipakai atau digunakan oleh pengguna smartphone android?

Jika belum, maka anda sangat tepat sekali membaca artikel ini, karena disini saya akan memberikan bocoran aplikasi yang menduduki posisi puncak alias "top download".

Top download bro..


Bagaimana, sudah siap untuk mengetahui siapa juara downloadnya? Baiklah saudara-saudara, inilah jagoan kita kali ini, aplikasi yang berhasil mencatatkan jumlah download terbanyak di android.

1. Google chrome

Betul sekali, aplikasi yang sering digunakan untuk berselancar di dunia maya ini mencatatkan jumlah download yang super fantastis.

Jumlahnya sudah 1 milyar kali bro dan sekarang mungkin sudah lebih.

Selain digunakan pada smartphone, aplikasi browser yang satu ini juga sangat banyak digunakan oleh para pengguna komputer untuk berkeliling di dunia maya.

Apakah anda salah satu pengguna browser chrome ketika menggerayangi dunia maya???
#Browser hemat untuk smartphone anda

Mungkin ini wajar, karena disetiap perangkat android yang dilempar ke pasar, pasti secara default sudah dijejali dengan Chrome.

Kita tahu bahwa smartphone android sangat mendominasi penjualan gadget di dunia, jadi tidak heran jika aplikasi ini juga menangguk download yang besar.

Untuk aplikasi bawaan google lain yang berhasil mencatatkan download diatas 1 milyar adalah :

  • youtube
  • gmail
  • maps
  • google drive dan lainnya

2. Facebook

Tak mau kalah dengan google chrome, facebook juga mencatatkan rekor download yang mencengangkan.

Aplikasi ini juga telah diunduh sebanyak 1 milyar kali dan bahkan lebih.

Ini tidak mengherankan bukan, karena pemakai jejaring sosial ini sudah mencapai semilyar lebih di seluruh dunia.

Dan sayapun yakin kalau anda juga pasti memiliki akun facebook untuk digunakan berkomunikasi dengan teman-teman kan??
#Manfaat facebook yang perlu anda ketahui

Facebook menjadi penantang serius aplikasi bawaan google, dimana facebook adalah perusahaan yang berbeda dengan google.


3. WhatsApp Messengger

Aplikasi ketiga yang juga sudah bercokol diposisi download 1 milyar lebih adalah whatsapp. Penggunanya sangat banyak..

Dari sekian teman yang menggunakan smartphone, bisa dipastikan 90% pasti menggunakan aplikasi chatting ini.

Mereka aktif disana..

Bahkan sayapun sangat bergantung dengannya untuk berhubungan dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan dalam hal pekerjaan.

Keren ya..


Pembuktian
Nah, untuk membuktikan bahwa kedua aplikasi ini memang benar-benar sudah  tersedot sebanyak 1 milyar lebih, saya sertakan "screenshot-nya" disini.

aplikasi android dengan download 1 milyar
Coba deh lihat pada gambar diatas yang ada dalam kotak merah, coba perhatikan angka di dalamnya, 1 milyar kan???

Kalau uang segitu banyak kali ya?? 😁
 Mau banget tentunya, bisa buat beli mobil, bayar utang, beli tanah,,, eh eh, kok jadi ngelantur..
#Mengapa download lebih digemari dibandingkan streaming??



Untuk whatsapp, coba deh sendiri ya..

Sulit dikejar

Aplikasi lain mungkin akan sangat kesulitan mengejar catatan dari chrome dan facebook yang fenomenal ini.

Untuk bisa menghasilkan download yang banyak, aplikasinya mesti digilai banyak pengguna smartphone.

Jika anda ingin membandingkan dengan aplikasi lain, coba deh cek di play store dan lihat berapa total downloadnya.

Apakah ada lagi yang jumlahnya 1 milyar ???

Kalau ada silahkan komentar disini ya..


Baca juga :

Monday, August 24, 2015

Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Alamat Usaha Anda Di Internet

Alamat usaha internet

Internet merupakan salah satu alat yang sangat jitu untuk memperkenalkan suatu usaha kepada banyak orang dan dibarengi dengan biaya yang murah. Mulai dari perusahaan besar maupun kecil mempromosikan usahanya disini.

Perusahaan besar bisa mengenalkan usaha mereka dengan membuat website yang berisi segala sesuatu tentang usahanya. Usaha kecilpun juga bisa melakukan hal seperti itu.

[Untuk usaha kecil]

Usaha kecil bisa menggunakan blog untuk mengenalkan usahanya kepada banyak orang. Mengapa blog? Karena membuat blog tidak membutuhkan biaya untuk memilikinya, alias gratis.

Di blog ini, kita bisa meninggalkan alamat usaha lengkap dengan nomer telpunnya. Ini bertujuan agar ketika ada orang yang tertarik bisa segera langsung mengadakan komunikasi.

[Contoh kecil]

Waktu ini saya ingin mengajak adik sepupu makan di warung ikan bakar yang enak. Kebetulan adik sepupu bisanya hanya pagi untuk diajak kesana. Biasanya warung makan seperti itu bukanya agak siang, jadi saya takut kalau agak kepagian kesana dan warungnya ternyata masih tutup.

Kebetulan saya ingat nama warungnya tapi tidak tahu nomer telpunnya. Akhirnya saya mencoba mencari nomer  telpunnya di internet dan untung saja warung tersebut mempunyai akun facebook dan disana diterangkan nomer telpun yang bisa dihubungi plus nama warung yang saya cari.

Hasilnya sayapun bisa mendapatkan kepastian dengan cepat jam berapa warung ini akan buka setelah menghubungi nomer yang ada. Dan sayapun bisa mengajak adik sepupu untuk makan disana tanpa khawatir datang kepagian.

[Diuntungkan]

Bahkan hanya dengan memiliki akun facebook saja informasi tentang nomer telpun usaha anda bisa diakses orang lain dengan cepat. Ini membuat pelanggan kita tidak hilang.

Saya sendiri sangat sering menggunakan cara ini untuk mendapatkan informasi mengenai suatu produk ataupun jasa dari suatu usaha yang ingin saya gunakan. Tapi sering saya tidak mendapatkan informasi yang pas. Ini mungkin karena usaha tersebut belum mempublish informasinya diinternet.

[Tidak ada salahnya]

Menurut saya, sekecil apapun usaha kita, lebih baik disebarkan di internet sembari memberikan alamat lengkap beserta nomer telpun yang bisa dihubungi. Contoh kecilnya seperti tadi, membuat akun facebook.

Jika ingin lebih lagi, kita bisa mencoba membuat blog dan disana kita bisa membahas satu per satu produk yang dimiliki sehingga membuat orang lebih paham lagi tentang produk yang kita punya.

[Kesimpulan]

Jadi dengan memberikan informasi yang lengkap dan akurat di internet, kita bisa menjaring pelanggan yang lebih banyak lagi dan membuat mereka yang ingin mengetahui usaha kita mendapatkan informasi yang cukup.


Sunday, August 23, 2015

6 Alat Musik Dadakan Untuk Mengiringi Nyanyian Anda

Alat musik dadakan


Musik memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita dan setiap haripun kita selalu mendengarkan musik baik itu lewat radio, pemutar mp3, komputer dan sebagainya.

Iringi lagu dengan alat dadakan

Jika kebetulan anda sedang bernyanyi-nyanyi sendiri atau bersama teman dan tidak ada yang bisa bermain gitar atau alat musik lainnya, maka anda bisa mengiringi lagu tersebut dengan alat-alat musik dadakan.
#Alat-alat musik yang bisa dicoba di rumah anda

Gunakan alat musik ini
Alat musik ini sangatlah mudah ditemui, bahkan beberapa diantaranya sudah nempel dengan tubuh dan ikut kemanapun anda pergi. Apa saja alat musik tersebut? Mari kita lihat satu per satu.

(1) Siulan
Inilah alat musik yang mudah sekali digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Siulan bisa dengan mudah didendangkan untuk mengiringi lagu yang sedang dinyanyikan.

Kalau belum bisa bersiul, anda bisa belajar dahulu. Caranya adalah dengan bertanya teknik dan triknya kepada teman yang sudah ahli.

(2) Tepukan tangan
Tepukan tangan bisa membuat lagu lebih semarak dan membangkitkan energi ketika mendengarkan sebuah lagu.

Coba tepukannya dilakukan ramai-ramai, dijamin suasana bakal tambah meriah dan suasanapun tidak akan membosankan.

(3) Tepukan paha
Jika kebetulan sedang duduk, tepukan paha bisa menjadi alat musik seperti tepukan tangan. Tapi jangan sampai membuat paha sakit ya, hahaha...

Pelan-pelan saja, yang penting suaranya keluar. Kalau dilakukan bareng-bareng, maka suaranya akan menjadi tambah keras dan meriah.

(4) Snack atau makanan ringan
Kok bisa snack menjadi alat musik? Tentu bisa dong. Snack yang masih terbungkus utuh dan belum dimakan, bisa digoyang-goyangkan untuk menghasilkan suara musik. Jika kebetulan membawa snack, bisa dicoba cara ini..

Setelah bermain musik, cobalah buka bungkusnya dan lihat isi di dalamnya. Dijamin hancur isinya, hahaha...

(5) Berdehem
Suara dehem dari mulut bisa juga digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Misalnya dengan bunyi, heeemmm heeemmmm.. ya, seperti itulah.. hehe..

Bahkan suara dehem seperti ini sering digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang dinyanyikan oleh artis terkenal lho.. Ayo jangan mau ketinggalan dengan mereka!!

(6) Suara cetak
Suara ini bisa dihasilkan dengan memainkan lidah ke atas dan ke bawah dan menghasilkan suara cetak tak tak tak, dan ritmenya bisa diatur sesuai selera.
#Inilah cara bermain gitar tanpa menggunakan gitar

Semuanya hampir menggunakan bagian tubuh
Dari ke-6 alat musik dadakan tersebut, hampir semuanya bisa dihasilkan oleh bagian-bagian tubuh kita. Asalkan jangan sampai membuat bagian tubuh tersebut terasa sakit ya!!
#Bagian tubuh yang digunakan hewan ketika bertarung

Pelan-pelan alias slow saja deh, biar suasana meriah bisa dihasilkan sekaligus membuat hati senang. Kalau sudah begini, acara nyanyi bareng akan semakin seru dan rasanya ingin nambah lagi untuk menyanyikan lagu yang lain.

Betul tidak bro??


 Baca juga ya : 

  1. Bagaimana musik bisa membuat kita lebih sehat?
  2. Musik keren yang harus disukai orang Indonesia
  3. Apa sih musik unplugged itu??


Saturday, August 22, 2015

Jaman Sekarang Kalau Malu Bertanya Ga Bakalan Tersesat


Gunakan smartphone


Masih ingat kan ada pepatah "malu bertanya pasti tersesat dijalan"? Pepatah ini sangat betul sekali dan saya sudah mendapatkan banyak manfaat dari pepatah ini.

Ketika kita tidak tahu, maka kita harus berani bertanya dan kita akan mendapatkan sebuah petunjuk yang menuntun kita ke tujuan.
(Baca juga : Tujuan utama dari aktivitas nge-blog)

Bagaimana kalau orangnya sangat pemalu dan untuk bertanya saja masih mikir sejuta kali?
Kabar gembira bagi anda para pemalu yang susah untuk bertanya, karena sekarang saya akan membagikan cara super simpel dan elegan.

Gunakan smartphone anda
Kok bisa? Bisa banget lho... Anda tinggal mengetikkan apa saja yang ingin anda cari, karena sekarang sudah banyak orang yang berbagi berbagai pengalaman mereka lewat  internet.

Misalnya anda ingin mencari alamat jalan disuatu kota, tinggal ketikkan saja nama jalan tersebut pada mesin pencari "google", maka anda akan mendapatkan petunjuknya..
(Artikelnya bisa dibaca disini :mencari alamat jalan dengan google.)

Selain itu, jika ingin mencari tempat makan enak disuatu tempat, tinggal ketikkan saja apa yang ingin anda cari, google pun akan menjawab pertanyaan anda.

Malu bertanya di kelas??

Dan jika anda memang sangat pemalu dalam hal pelajaran dikelas dan tidak berani bertanya ketika tidak mengerti, maka anda bisa mencari jawaban atas kebingungan anda di google.

Tinggal ketik saja materi yang masih belum dimengerti dan google pun akan menjejali tampilan browser dengan website terkait. Tinggal dibaca saja mana yang mau dipilih..
(Baca juga : Jangan terburu-buru!! Bacalah artikel di internet dengan cermat)

Rasa malu jangan dibiarkan berkembang ya!!!
Tetapi, jangan rasa malu seperti ini terus dipupuk ya, harus dihilangkan sedikit demi sedikit. Jika anda bisa menghilangkan sedikit rasa malu, maka akan :

  • membuat anda terlihat supel dalam pergaulan dan memiliki banyak teman. 
  • Selain itu, banyak teman atau relasi akan sangat membantu anda dalam hal pekerjaan. 
  • Ini karena anda akan bertemu beragam orang dengan latar belakang berbeda dan 
  • anda dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan mereka..
  • ketika presentasi pelajaran di depan kelas, anda menjadi lebih pede dan tidak grogi.


Jangan malu-maluin

Malu sih boleh saja ya, asal tidak terlalu pemalu dan malu-maluin... hehehehehe.....
(Baca juga : Aktivitas tubuh yang bisa membuat pipi merah karena malu)

Digunakan secara tepat
Cara seperti ini tidak bisa berlaku disemua tempat lho. Coba kalau anda berada di daerah yang tidak ada sinyal, internetpun tidak akan bisa.

Jadi cara satu-satunya yaitu bertanya kepada penduduk setempat ketika bingung dengan suatu alamat yang sedang dituju.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung, karena ini sekaligus akan memupuk:

  • rasa berani, 
  • percaya diri dan 
  • kemampuan komunikasi anda.

(Baca juga : Jika mau bertanya pasti ada jalan lho..)

Dalam pelajaran
Begitupun dalam pelajaran, jangan hanya mengandalkan internet. Ada baiknya anda sering diskusi dengan teman sebangku atau sekelas.

Diskusi akan membuka pikiran anda dan melatih bagaimana caranya untuk membangun komunikasi yang baik dengan teman dan relasi.

Membuka pikiran dan memperbanyak teman

Ini akan sangat bermanfaat sekali ketika anda sudah bekerja, karena pekerjaan bisa datang dari teman-teman anda dan uangpun mengalir darinya.

Jadi jangan menjadi pribadi yang terlalu pemalu dan tertutup ya. Bagikan cerita anda kepada teman-teman dan juga saudara.

Karena ketika anda mendapat kesusahan, mereka akan bisa membantu dengan cepat dan meringankan beban anda.

##Contoh kasus

Coba misalnya anda lagi sakit dan tidak bisa bangun, apakah internet akan mengantarkan anda ke dokter?

Ga juga kan, malahan saudara atau teman-teman anda yang akan mengantarkan.

Jadi marilah kita bijak dalam menggunakan internet dan cobalah untuk membangun komunikasi secara langsung dengan orang lain demi anda sendiri juga..

 Baca juga ya : 

  1. Hal-hal yang bisa diperoleh gratis berkat internet
  2. Istilah-istilah dalam internet yang harus anda akrabi
  3. Peluang kerja berlimpah berkat internet


Inilah Waktu yang Tepat Untuk Bersih-bersih Rumah Anda

Bersih-bersih rumah merupakan salah satu kegiatan rutin yang kekal abadi dan tidak ada habis-habisnya. Sekarang dibersihkan, sebentar lagi sudah ada saja sampah yang tanpa tahu diri nongkrong di lantai.

Wah sebel ya lama-lama kalau begini terus??

Tapi memang begitulah tabiat sampah, akan selalu datang dan datang lagi. Jadi kita mesti siap untuk bersih-bersih kembali.
#Inilah pekerjaan-pekerjaan abadi di rumah tangga


Lingkaran keabadian sampah
Lingkaran keabadian sampah
Coba deh perhatikan gambar "Lingkaran keabadian dari sampah" diatas. Seperti itulah kehidupan sampah, diusir untuk datang kembali...😅😅


Kapan waktu yang tepat untuk bersih-bersih???


Membersihkan rumah dalam skala kecil, semisal :
  • Menyapu kamar
  • Menyapu halaman
  • dan yang memerlukan proses sebentar saja, bisa dilakukan kapanpun.
Sekali lagi, ketiganya bisa dilakukan kapanpun anda mau dan dirasa perlu..

Tapi ketika akan membersihkan rumah dalam skala besar dan menyita waktu lama, maka harus dipilih waktu yang pas dan tepat.


Bersih-bersih saja pilih-pilih waktu segala?

Iya, harus dipilih waktunya agar ketika selesai beraktivitas kitapun merasa plong dan lega. Hatipun senang dan siap untuk beristirahat.


Coba deh lakukan proses pembersihan total rumah anda di dua waktu ini, yaitu :
  • Pagi hari
  • Sore hari

Menurut saya, ketika melakukan pembersihan rumah total, kedua waktu inilah yang terbaik dan paling pas.

Ada beberapa alasan yang bisa menjadi faktor penguatnya :
  1. Setelah  membersihkan rumah selama satu jam atau dua jam, maka kita bisa segera mandi dan badan menjadi bersih.
  2. Mandi dipagi hari dan sore lebih enak kan rasanya??
  3. Siang hari udara akan panas dan pastinya tidak nyaman jika harus mengeluarkan keringat banyak-banyak.
  4. Anda akan cepat merasa gerah jika harus beraktivitas di siang hari
  5. Kalau dipagi atau sore hari, setelah selesai membersihkan rumah, anda bisa bersantai dan menyiapkan diri untuk segera istirahat. Betul tidak??
  6. Setelah mandi dan badan terasa segar, anda bisa mengisi perut yang sudah lapar sambil menikmati rumah indah/bersih disertai suasana syahdu dipagi atau sore hari.
Bagaimana, apakah anda setuju dengan beberapa alasan yang sudah saya kemukakan diatas itu???




Siang hari sebaiknya dihindari


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada siang hari suasana dan udara disekitar itu kurang bersahabat untuk bekerja menguras keringat seperti bersih-bersih rumah.

Siang hari itu memang paling pas digunakan untuk bersantai dan beristirahat. Sambil ditemani menonton acara kesukaan di televisi.

Dan..

Akan lebih mantap lagi jika anda bisa tidur siang sebentar melepas penat dan lelah setelah membersihkan rumah secara total di pagi harinya.

Bagian-bagian rumah yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk dibersihkan adalah :
  • Kaca jendela
  • Mengepel lantai
  • Membersihkan kamar mandi
  • Mencabut rumput liar di halaman dan menata kebun
  • Membersihkan tembok dari sarang laba-laba
  • Merapikan barang-barang bekas yang tidak terpakai
  • dan sebagainya
Jika semua kegiatan ini dilakukan dalam waktu bersamaan, waktu yang disedot pasti sangat lama.

Energi banyak terkuras dan keringat pun tidak mau ketinggalan untuk segera bercucuran dari kulit. Memang sangat melelahkan.

Kalau melakukan kegiatan keras seperti ini disiang hari, kebayang kan bagaimana ribet, rempong dan gerahnya???


Untuk itulah bersih-bersih rumah secara total harus dipilih waktunya dengan baik, agar kita :
  • merasa nyaman dalam beraktivitas
  • tidak terlalu cepat lelah
  • tidak merasakan panas yang berlebihan.
Jadi, apakah anda setuju dengan pemilihan waktu ini?????


Baca juga :

Friday, August 21, 2015

Semua Ayah Pasti Setuju, Kalau Inilah Makanan Terenak di Dunia


Ayah pasti setuju


Ngomongin soal makanan memang tidak bakal ada habisnya ya?? Sekarang makan menu ini, ntar menu itu, nanti menu sono dan ini itu lainnya..

Kalau anda, apakah punya kriteria makanan enak? Coba apakah list dibawah ini merupakan syarat agar makanan itu enak :

  • Mahal
  • Terbuat dari bahan berkualitas
  • Di restoran mewah
  • Buatan luar negeri
Ayo yang mana masuk kriteria enak bagi anda???


Pengalaman setelah menjadi seorang ayah

Menjadi seorang suami sekaligus ayah, membuat saya merasakan suatu pengalaman baru yang unik dan sangat menyenangkan.

Masih seputar makanan dan tidak jauh-jauh dari sana.

Entah mengapa saya merasa makanan yang dimakan setiap hari rasanya enak dan tidak ada bandingannya.

Kalau menuruti nafsu, perut bisa berkembang

Kalau mengikuti nafsu, bisa-bisa perut saya akan mengembang ke tahapan selanjutnya dan akhirnya akan melahirkan julukan baru.

Apalagi kalau bukan "ayah perut buncit"..

Tidak mau dong saya memiliki perut seperti itu dan selalu menghindarinya. Tapi godaan makanan super enak di dunia ini sungguh tak tertahankan.


Tidak perlu makanan dengan syarat seperti mahal, mewah, buatan luar negeri, terbuat dari bahan berkualitas dan lainnya. 

Cukup dibuat dari bahan-bahan sederhana namun dibaluri dengan bumbu spesial yang tidak diperoleh di tempat manapun.

Makanan super enak di dunia ini adalah makanan yang dibuatkan oleh sang istri tercinta. Makanan yang selalu ia hidangkan bagi saya dan anak-anak.

Pokok-e mantap bro...

Bumbu spesial yang dimaksud adalah cinta. Sang istri pasti akan membuatkan makanan terbaik bagi keluarganya dan dibaluri dengan cinta yang tulus dan mendalam. 

Dengan harapan agar suami dan anak terkasih tetap sehat dan mendapatkan energi maksimal untuk melakoni kegiatan sehari-harinya.

Bumbu rahasia ini akan sangat sulit diperoleh di tempat manapun dan ia hanya akan ada di rumah para ayah itu sendiri.

Makanan biasa menjadi RUARRRRR BIASA...

Makanan sederhana seperti :
  • Tempe manis
  • Mie rebus
  • Telur goreng
  • Sup sayur
  • Tahu goreng, akan terasa sangat menakjubkan bahkan mengalahkan rasa makanan yang lain.
Saya menjadi tidak begitu kepingin untuk membeli makan diluaran, karena sudah tahu bahwa di rumah ada makanan super enak yang sudah menanti.

Hasilnya uang jajan sehari-hari tetap aman dalam perlindungan dompet dan bisa digunakan untuk menambah digit tabungan dalam rekening.


Tetap terasa enak dalam keadaan apapun


Entah mengapa makanan yang dimasak istri selalu terasa enak walaupun dia merasa kurang perform atau kurang maksimal dalam memasak.

Enak terus pokoknya

Sering dia berkata : "Pak, maaf ya kalau kurang enak masakannya". Tapi setelah saya cicipi ternyata sangat enak. Saya heran mengapa dia merasa kurang yakin dengan masakannya namun rasanya luar biasa.

Mungkin itulah rahasia supernya jika dibuatkan makanan oleh istri, apalagi kalau bukan cinta. Rasa cinta itulah yang selalu membuat masakan terasa enak dalam keadaan apapun.

Saya tidak pernah terlalu menuntut istri untuk memasak ini dan itu setiap hari. Pokoknya saya bilang ke dia bahwa :"apapun makanan yang kamu masak pasti saya makan".

Mungkin inilah yang membuatnya tidak merasa beban dalam memasak dan berhasil mengeluarkan kemampuan terbaiknya ketika bergaya di dapur.

Para ayah, coba deh dengarkan!!

Istri anda di rumah memasak dengan berbagai alasan :
  • Menjaga agar anda tetap sehat dan bugar
  • Tidak mau anda sakit karena makan sembarangan
  • Menggunakan bahan alami yang tidak mengandung bahan berbahaya
  • Agar anda bisa bekerja dan memberikan nafkah bagi keluarga
Dan satu lagi alasan pentingnya adalah : Ia ingin melihat senyum anda setiap hari, karena jiwa raga terjaga kesehatannya berkat masakan penuh cinta darinya.

******************

Nah bagaimana, masih ingin makan sembarangan lagi diluaran sana? Istri anda adalah koki paling terbaik di dunia lho..

Mereka akan siap sedia membuatkan anda masakan terenak yang pernah anda cicipi. Jadi restoran terenak di dunia yang menggunakan bahan-bahan terbaik di racik di dapur rumah anda oleh sang istri tercinta...


Baca juga :

Thursday, August 20, 2015

Makanan Khas Jogja Yang Membuat Kangen

Ketika lamunan tiba-tiba melayang ke Jogja, entah mengapa rasanya sangat ingin berkunjung ke kota gudeg ini.
Ngebet banget pokoknya...



Ya...
Saya menetap kurang lebih lima tahun disini karena kuliah.

Sumpah, lima tahun kurang banget. 
Rasanya pengen lebih lama tinggal di sana, tapi karena sudah diterima kerja di Jawa Barat, sayapun harus berpisah dengan kota nyaman ini.

Makanan yang bikin kangen

Selain kotanya yang nyaman banget, satu hal yang membuat kangen adalah kuliner-nya. 
Nah, Jogja sangat kaya dengan makanan dan membayangkannya saja sudah bikin hati bahagia. Plus, harganya ramah di kantong.



1. Gudeg
 
Sajian ini diolah dari nangka dan saya merupakan penggemar berat. Tempat favorit saya ada di daerah Gejayan.
Jualannya malam-malam

Rame pisan...

Dan rasanya memang uenak banget.
Cocok dengan lidah saya.

Tidak tahu sekarang masih di sana, soalnya sudah lama sekali.

Lauknya bisa dipilih, pakai ayam, telor, tempe, tahu dan lainnya. Sepiring nasinya cukup untuk menenangkan rasa lapar yang meronta.

Kalau gudeg, di Jogja banyak banget. Sangat mudah mencari penjualnya. Namun yang paling saya suka ya di tempat tadi.
Rame banget.



2. Nasi kucing
 
Angkringan tempat menemukan nasi kucing. Bentuknya semacam gerobak dengan ukuran sedang, dan ada tempat bagi pelanggan untuk meletakkan santapannya sambil duduk santai di depan penjual.

Khas banget lah.

Kalau angkringan penjualnya sangat banyak.

Mudah sekali menemukannya.

Di tempat kos saya dulu, ada dua angkringan yang siap menjadi pelampiasan perut lapar. Biasanya buka dari sore sampai malam.
Sampai dini hari juga ada.

Kalau lapar tengah malam, angkringan siap membantu.

Dan yang paling khas tentu saja nasi kucingnya.
Nasi yang dibungkus kecil-kecil dengan harga bersahabat.

Dua bungkus sudah cukup untuk menenangkan perut.

Jangan lupa sajian lainnya.
  • ceker ayam
  • gorengan
  • telur
  • sate ati
  • ampela
  • susu
  • teh
  • jeruk dan masih banyak lagi.

Nasi kucing itu porsinya sedikit dan berisi oseng tempe, mi atau sambal. Kadang ada yang isinya teri.
Sudah ngiler saja dengarnya.. 
😁😁

Angkringan bukan sekedar pengganjal perut lapar, masyarakat atau mahasiswa senang nongkrong lama-lama.
Tempat ini menjadi spot menarik untuk ngobrol.

Berbagai masalah bisa didiskusikan sembari menikmati sajian.
Ga terasa waktu cepat berlalu.



3. Tempe/tahu bacem
 
Tempe ini rasanya enak dan sangat khas. 
Terasa lembut dilidah dan saya sangat menyukainya. Bisa dipake sebagai camilan dan mengenyangkan.

Tahu bacem juga memiliki rasa yang sama. Ini makanan wajib jika main ke Jogja.
Mudah-mudahan bisa segera kesana ya..
#Pengalaman unik di Jogja, berkenalan dengan "Bangjo"



4. Jadah tempe
 
Makanan ini sangat berkesan di hati. Saya tidak menyangka kalau dua bahan ini bisa dipadukan dengan enaknya.

Jadah tempe terdiri dari ketan dan tempe. Keduanya ditempelkan sehingga menjadi satu kesatuan.

Siipp.. 
Siap dimakan dan satu potong sudah cukup membuat kenyang.

Pas banget menjadi pengganjal perut lapar di waktu nanggung. Semisal jam empat atau lima sore.



5. Lemper
 
Lemper juga pertama kali saya temui di Jogja. Pas waktu istirahat ke kuliah selanjutnya, di kantin kampus ada sajian ini.
Saya cobalah.

Isinya seperti lontong namun di dalamnya disisipi tempe, ayam atau tahu.

Uenak lah...
Perutpun aman dari suara kerucuk-kerucuk. Fokus terjaga dan tidak terganggu rasa lapar ketika mengikuti kuliah selanjutnya.



6. Burjo
 
Burjo apaan ya?
Burjo itu singkatan dari Bubur Kacang Ijo.

Ya, burjo sangat terkenal di Jogja.

Langganan mahasiswa.
Buka 24 jam non-stop.

Nah, beragam sekali kan kuliner di kota ini.

Jualan utama di burjo ya bubur kacang ijo. Tapi yang menjadi idola dan paling sering dicari adalah mie rebus dan mie goreng.

Mie yang digunakan mie instan. 
Ada hiasan sayur hijau dan bisa ditambahkan telur. 

Mmmm....
Sudah lapar lagi ini.

Burjo sangat mudah ditemui. Hampir disetiap gang ada lho dan pasti ramai-ramai. 

Jualannya banyak :
  • Gorengan
  • Bubur
  • Mie
  • Susu
  • Teman = teh manis
  • Jerman = jeruk manis
  • Kopi

Sesaat saya mau tamat kuliah, burjo semakin berinovasi. Mereka mulai menjual nasi ditambahkan telur goreng.
Ini saja sudah sangat enak.

Mungkin sekarang sudah lebih beragam sajian yang ditawarkan.
Jangan lupa mampir ke burjo jika sedang di Jogja ya...

Main ke pasar tradisional

Jika ingin meng-eksplor lebih dalam lagi makanan khas Jogja, ada baiknya main ke pasar tradisional.
Pasti banyak temuan menarik disana.

Cobalah ke Pasar Beringharjo, di Malioboro bagian selatan.
Dekat benteng.

Penjual olahan tradisional banyak.

Tinggal pilih.

Mulai dari angkringan, lemper, jadah tempe, soto ayam, soto ceker ada disana. Mata dipastikan akan lapar berat.
Ayo dibeli!!

Baca juga ya :